Cara Mematikan Google Assistant Diberbagai Jenis Handphone Android

| | ,

Pengguna smartphone Android pasti mengetahui salah satu fitur Google Assistant, karena handphone yang berjalan dengan OS Android sudah dilengkapi dengan asistent suara dari Google tersebut. Dengan adanya fitur ini tentu saja mempermudah kita melakukan beberapa aktivitas.

Cara Mematikan Google Assistant Diberbagai Jenis Smartphone
Foto by Siriproxy Flickr

Google Assistant layaknya asisten pribadi yang siap 24 jam ketika kita panggil “Oke Google” atau menekan tombol “Home”. Selain itu fitur ini adalah salah satu yang terbaik dengan kecanggihannya membuat kita menjadi manja, karena dengan kemudahannya saat ingin menelpon seseorang kita tidah harus melakukan banyak gerakan jari, melainkan dengan panggilan suara.

Tapi ada kalanya fitur Google Assistant justru menyebalkan karena nongol tanpa sengaja dipanggil, misalnya ketika tombol home atau tombol khusus Google Assistant tertekan.

Dengan menggunakan Google Assistant kita akan banyak terbantu, namun jika sobat sudah merasa kesal dan ingin menonaktifkannya. Caranya mudah untuk dilakukan. Yuk Simak!

Baca juga:

Cara Mematikan/Menonaktifkan Google Assistant

Ket: Pada contoh gambar disini menggunakan settingan bahasa Indonesia, jadi sobat harus menyesuaikan dengan bahasa yang sobat gunakan.

1. Pertama, panggil Google Assistant dengan menekan tombol navigasi “home” di bawah layar ponsel atau tombol pintasan khusus Google Assistant untuk ponsel yang memilikinya.

2. Setelah itu, pilih ikon menyerupai “inbox” yang berada di pojok kiri bawah tampilan Google Assistant.

Cara Mematikan Google Assistant Diberbagai Jenis Smartphone

3. Kemudian, klik avatar pengguna pada pojok kanan atas dan pilih menu “Settings” atau “Setelan”.

Cara Mematikan Google Assistant Diberbagai Jenis Smartphone

4. Di tampilan “Settings”, pilih tab “Assistant” atau “Asisten” dan scroll ke bawah hingga pengguna melihat menu “Phone” atau “Telepon” yang berada di bawah sub-judul “Assistant Devices”. Klik menu tersebut.

Cara Mematikan Google Assistant Diberbagai Jenis Smartphone Cara Mematikan Google Assistant Diberbagai Jenis Smartphone

5. Beberapa saat setelah pengguna meng-klik menu “Phone” atau “Telepon”, pengguna akan disodori serangkaian pengaturan Google Assistant. Di sini, pengguna cukup matikan toggle pengaturan Google Assistant yang terletak di urutan paling awal.

Cara Mematikan Google Assistant Diberbagai Jenis Smartphone
Jika sobat ingin kembali menghidupkan Google Assistant, bisa langsung mengaktifkan toggle pengaturan, caranya sama seperti langkah diatas.

Cara Menghapus Aktivitas Google Assistant

Selain dapat dinonaktifkan, Kita juga bisa menghapus aktivitas yang sudah dilakukan, selain itu dengan cara ini pengguna dapat mengetahui aktivitas apa saja yang sudah pengguna lakukan. Cara menghapus aktivitas Google Assistant:

Dari Smartphone :

Jika Sobat menggunakan Asisten Google di ponsel, Sobat dapat menghapus aktivitas sebelumnya langsung di percakapan Asisten. Anda dapat melihat hingga satu bulan dari aktivitas sebelumnya di percakapan tersebut.
  • Di ponsel, tap lama tombol layar Utama atau ucapkan “Ok Google.”
  • Dalam percakapan Asisten Google, cari item yang ingin dihapus.
  • Tap lama item. Item terkait akan disorot and then Hapus grup.
  • Untuk perangkat Asisten lainnya, seperti Google Home atau Android Wear, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menghapus aktivitas di Akun Google Anda.

Dari Komputer/Laptop

  • Buka halaman Aktivitas Asisten pada Akun Google Anda. login ke Akun Google.
  • Cari aktivitas yang ingin dihapus. Tips: Pada bagian atas halaman, filter menurut tanggal.
  • Ketuk tanda titik tiga vertikal dan Hapus.
Previous

Perbedaan Spek Pixel 3a dan Pixel 3a XL – Kelebihan dan Kekurangan

Huawei Y9 Prime 2019 Handphone Kamera Pop-up dengan Chip Prosesor Kirin 710

Next

Tinggalkan komentar di sini