Cara Mengatasi Game Pokemon Go "not working" Tidak Berfungsi

Pokemon Go adalah salah satu game yang pernah membuming di Indonesia, bahkan tidak hanya di Indonesia saja bahkan sampai dunia. Game ini sempat membuat heboh netizen karena game playnya mengharuskan kita untuk melakukan petualangan berkeliling untuk mendapatkan pokemon terkuat. Jika sobat masih bermain Pokemon Go, terkadang game ini tidak berfungsi atau "not working". Terkait hal ini bisa disebabkan berbagai macam hal.

Dilansir dari androidauthority.com, berikut adalah daftar masalah yang terjadi pada Pokemon Go dan bagaimana cara mengatasinya.

Daftar isi:



Pokemon Go Stuck/Macet 


Ada beberapa kasus membuat Pokemon Go Stuck/diam ditempat. Biasanya hal ini terjadi ketika pertama kali membuka game dan ketika menangkap Pokemon.

Dalam masalah ini, salah satu cara adalah menutup dan membuka game. Untuk pengguna Android Pie, sobat bisa mengikuti langkah sederhana satu ini, jika Sobat menggunakan OS lain bisa jadi langkahnya akan sedikit berbeda ya.

Cara memperbaiki Pokemon Go dengan memulai ulang aplikasi

  • Ketuk ikon kotak di bagian kanan bawah layar.
  • Geser aplikasi Pokémon Go ke atas untuk menghilangkannya.
  • Kembali ke layar beranda dan buka kembali Pokemon Go.

Perbaharui ke versi terbaru Pokemon Go


Jika stuck/macet secara berulang, sebaiknya Sobat cek apakah Game tersebut menjalankan versi paling baru. Tentunya jika ada masalah yang terus berulang pihak developer akan memperbaiki masalah tersebut dan mluncurkan versi terbarunya.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memperbarui Pokemon Go ke versi terbaru.

Cara memperbarui Pokemon Go

  • Buka Google Play Store .
  • Buka menu dengan mengetuk ikon garis tiga bertumpuk seperti hamburger di kiri atas.
  • Ketuk Aplikasi & game saya .
  • Jika pembaharuan tersedia, Game Pokemon Go bisa sobat klik Perbarui.
Cara Mengatasi Game Pokemon Go "not working" Tidak Berfungsi
Foto copywrite by echtgut flicklr


Sinyal GPS Tidak Berfungsi/Tidak Ditemukan di Pokemon Go


Pernah mengalami ketika game dapat dibuka secara normal, akan tetapi tidak dapat melakukan aktivitas apapun di dalamnya karena ada notifikasi GPS Signal Not Found. Tentu saja ini sangat menggagu aktivitas bermain ketika memutar Pokéstops atau berinteraksi dengan gimnasium.

Jika Sobat mengalami masalah GPS ini, ada kemungkinan ada izin aplikasi yang belum diaktifkan agar GPS kembali aktif dan berfungsi dengan baik.

Cara mengaktifkan pengaturan Lokasi di Pokemon Go
  • Buka Pengaturan .
  • Ketuk Aplikasi & Pemberitahuan .
  • Temukan dan pilih Pokemon Go .
  • Ketuk Izin .
  • Alihkan Lokasi .


Tidak ada Pokemon yang Ditemukan


Bagaimana jadinya ketika bermain Pokemon Go tapi tidak ada Pokemon yang ditemukan, tentunya kita tidak bisa menangkap monster lucu tersebut, dan permainan akan sangat membosankan karena game ini memang tujuannya menangkap Pokemon.

Biasanya masalah ini terjadi karena lokasi. Jika Sobat berada di daerah pedesaan tentu Pokemon akan semakin jarang dibandingkan di daerah perkotaan. Jadi jangan terlalu berharap ada Pokemon liat yang jarang ditemukan di perkotaan ya sob! Kalaupun ada itu berarti bonus untuk Anda.

Namun jika Sobat sudah didaerah perkotaan, namun Pokemon tidak ada satupun. Ada kemungkinan ini adalah masalah server.

Cara Mengatasi Game Pokemon Go "not working" Tidak Berfungsi
Foto copywrite: MichaelMcLean Flicklr

Periksa apakah Sever Pokemon Go sedang down


Jika terjadi Server Down, hal ini akan mengakibatkan seluruh layanan Pokemon Go tidak berfungsi. Solusi untuk melakukan pengecekan server adalah dengan Down Detector. 

Jika terjadi masalah karena server offline, tentunya Sobat hanya perlu menunggu masalah tersebut dapat teratasi oleh pihak developer.

Cek Daftar Masalah Teknis Game di Website Niantic


Jika Sobat memiliki masalah yang terus terjadi dalam bermain Pokemon Go.Kemungkinan Sobat tidak sendiri mengalaminya, ini bisa menjadi masalah yang diketahui oleh pihak Niantic sebagai developer dan mereka pasti sedang menanganinya. 


Baca Artikel Lain: 5 Game Android ini Cocok Dimainkan Tanpa Menggunakan Internet!

Untuk itu sobat bisa melakukan pengecekan daftar masalah melalui website resmi Niantic, dari laman tersebut Sobat dapat mengetahui berbagai masalah dalam permainan dan menampilkan status teselesaikan atau masih dalam tahap penelusuran.

Dan akhir kata, semoga informasi cara mengatasi masalah Game Pokemon Go tidak berfungsi ini bisa membantu Sobat dalam mengatasinya. Atau jika sobat memiliki masalah lain dalam game ini bisa langsung sampaikan dikomentar ya! 


Cara Mengatasi Game Pokemon Go "not working" Tidak Berfungsi