6 Kelebihan HP Nokia 2.2 Beserta Kekurangannya

| | , ,


Nokia 2.2 hadir dengan Sistem Oprasi Android One dengan Harga cukup Murah

HMD Global kembali meluncurkan produk terbarunya bernama Nokia 2.2. Smartphone ini hadir dengan mengusung OS Android One berbasiskan Android Pie 9.0, tentu saja HP ini akan hadir dengan dukungan update OS lebih cepat dari yang lainnya yang artinya smartphone ini siap mendapatkan upgrade ke Android Q. Bagaimana dengan spesifikasinya? Mari kita ulas secara lengkap berserta kelebihan dan kekurangannya.

Hadir dengan Harga yang Murah

Yang pertama harus Sobat ketahui Nokia 2.2 hadir dengan harga yang murah, yaitu hanya berkisar di 1,4 jutaan. Tentu saja harga akan sangat berpengaruh dengan spesifikasi yang disajikannya. Yuk kita simak spek lengkapnya ya!

Desain dan Layar Kekinian

HP Nokia 2.2
Nokia 2.2 Android One (www.gsmarena.com)

Walaupun hanya dibekali dengan ukuran layar 5,7 inci, namun Hp Nokia 2.2 sudah memiliki desain layar yang kekinian, yaitu dengan takik seperti tetesan air namun tetap saja ada bezel yang cukup tebal pada bagian atas dan bawah namun tetap memiliki nilai estetika yang cukup baik.

Spesifikasi layar dari Nokia 2.2 ini hadir dengan dimensi 146 x 70.6 x 9.3 mm yang memiliki rasio 19:9 dengan resolusi layar HD+ 720 x 1520 piksel dengan dukungan Always-on Display yang akan berfungsi untuk menghemat daya penggunaan baterai.  HP ini hadir dengan panel layar IPS LCD dan memiliki berat 153 gram.

Soal warna Nokia 2.2 hadir dengan dua pilihan yaitu Steel dan Tungsten Black yang akan memberikan kesan simpel dan elegant, ditambah lagi kover body terbuat dari bahan polycarbonat yang memperkuatnya.

Performa yang Cukup Mumpuni

Kinerja handphone menjadi faktor penting ketika kita sedang memilih handset mana yang layak kita miliki. Nokia 2.2 mendapatkan performa dari chipset MediaTek Helio A22 dengan fabrikasi 12nm. Tentu saja ini menjadi nilai plus karena chipset hadir dengan konfigurasi CPU Quad-core 2.0 GHz Cortex-A53, selain itu ponsel ini mendapatkan dukungan GPU PowerVR GE8320 dan pilihan RAM 2 GB, Internal 16 GB atau RAM 3 GB dengan internal 32 GB, serta berjalan dengan OS Android One yang menambahkan kinerja yang cukup kencang.

Jika masih kurang dengan kapasitas penyimpanannya, Ponsel ini sudah dibekali dengan slotmicro SD sampai dengan 400GB.

Kamera Utama dan Selfie Tunggal

Bagian kamera juga masuk dalam bagian penting dalam pemilihan smartpohone, namun Nokia 2.2 hanya dibekali dengan kamera belakang tunggal dengan sensor 18 MP dengan aperture 2.2 AF. Kamera ini mendaptkan fitur LED Flash, HDR dan Panorama serta memiliki kemampuan merekam video pada [email protected]

Sementara kamera depannya hanya dibekali dengan sensor sebesar 5MP. Untuk hasil dari kameranya Sobat dapat melihat video hasil perbandingan kamera antara Nokia 2.2 dan Redmi Note 7 Pro di negara India. Video tersebut diembed dari channel youtube.com/TECH BUKHAR.

 

Mendapatkan kapasitas baterai yang cukup

Nokia 2.2 hadir dengan kapasitas baterais sebesar 3000 mAh, jika dibilang kapasitas ini besar tentu saja tidak ya. Tapi untuk kapasitas 3000 mAh dengan dukungan Sistem Oprasi terbaru dan fitur penghemat daya, tentunya kapasitas ini terbilang cukup untuk memberikan daya aktifasi sehari-hari.

Baca juga: Handphone Android One Nokia 4.2 Resmi Masuk Indonesia Harga 2,4 jutaan

Kekurangan Nokia 2.2

Setelah kita membahas ulasan spesifikasi dari Nokia 2.2, kini Sobat harus mengetahui beberapa kekurangan dari smartphone ini. berikut adalah beberapa kekurangan Nokia 2.2;

  1. Hadir dengan layar tidak terlalu luas
    Ukuran 5,7 inci sebenarnya adalah ukuran pas untuk digenggam, namun jika melihat smartphone jaman sekarang ini tentu ukuran tersebut lebih kecil terlebih kebanyakan orang menggunakan HP untuk keperluan hiburan seperti nonton video atau bermain game.
  2. Hadir dengan Bezel yang cukup tebal
    Nokia 2.2 sudah menggunakan desain yang cukup kekinian, namun masih terdapat kekurangan yaitu masih adanya bezel dibagian atas dan bawah yang cukup tebal.
  3. Kamera Tunggal
    Ponsel ini hanya mendapatkan kamera single sementara beberapa pesaing sudah mulai memproduksi dual kamera pada smartphone entry-level miliknya
  4. Kapasitas baterai yang terbilang tidak terlalu besar
    Sebenarnya kapasitas baterai tidak terlalu masalah jika ditunjang dengan teknologi penghemat daya. Namun kekurangan pada Nokia 2.2 ini belum dilengkapi dengan fitur pengisian cepat yang tentu menjadi sangat penting.

Kesimpulan

handphone Nokia 2.2
Handphone Nokia 2.2 (www.gsmarena.com)

Spesifikasi Nokia 2.2 sudah dapat sobat lihat secara keseluruhan, tentunya Sobat sudah dapat mempertimbangkan apakah Hp ini layak beli atau masih mencari kompetitor lainnya. Yang perlu diingat adalah tidak ada perangkat yang sempurna, tentu beberapa kelebihan akan disertai dengan kekurangannya. Selain itu harga juga dapat berpengaruh dengan spesifikasi yang disuguhkan.

Spesifikasi Lengkap Nokia 2.2

  • Dimensi: 146 x 70.6 x 9.3 mm
  • Berat: 153 g
  • Warna: Steel, Tungsten Black
  • OS: Android 9.0 (Pie)
  • Chipset: Mediatek MT6761 Helio A22
  • CPU: Quad-core 2.0 GHz Cortex-A53
  • GPU: PowerVR GE8320
  • RAM: 2 GB dan 3 GB
  • Internal Memori: 16 GB dan 32 GB
  • Eksternal Memori: microSD 400 GB
  • Layar: 5,71 inci, 720 x 1520 piksel, 19:9 ratio
  • Kamera utama: 13 MP, f/2.2
  • Kamera depan: 5 MP
  • Baterai: 3.000 mAh
  • Konektivitas: microUSB 2.0, Wi-Fi 802.11, Bluetooth 4.2, FM Radio, Jack Audio 3.5 mm
  • Jaringan: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

 

Update 24 Juni 2019

Pihak HMD Global, telah menyebarkan undangan peluncuran pada tanggal 27 Juni 2019, namun belum diketahui apakah ketika peluncuran handphone sudah dapat dibeli atau harus melakukan pre-order. Untuk detailnya kita nantikan diacara peluncuran Nokia 2.2

Previous

Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo A3S

7 Keunggulan HP Realme C1 Beserta Kekurangannya

Next

Tinggalkan komentar di sini