7 Keunggulan HP Realme C1 Beserta Kekurangannya

| | , ,

Sebelum Membeli Handphone Realme C1 sebaiknya Sobat cek dulu kelebihan dan kekurangannya!

Realme sub-brand dari Oppo, hadir meramaikan pasar ponsel tanah air. Tentu saja vendor ini hadir siap menandingi brand lain yang sudah eksis di Indonesia seperti Xiaomi dan lainnya. Selain menawarkan beberapa fitur andalan Realme hadir dengan harga yang sangat terjangkau, salah satunya adalah HP Realme C1.

Handphone C1 ini bukan barang baru, melainkan sudah diluncurkan pada akhir 2018 lalu, tentu saja harganya sangat murah untuk ponsel dikelasnya! Lantas apa saja kelebihan dan kekurangan dari ponsel ini? Mari kita simak bersama!

Harganya Hanya 1 jutaan

Realme C1 Pertama kali dijual dengan harga Rp.1.499.000 secara flash sale, untuk update harga terbaru kemungkinan sudah mengalami penurunan tapi tidak terlalu besar. Berdasarkan pantauan AndroidPonsel.com, harga Realme C1 di beberapa market place, kisarannya berada di 1,3 jutaan sampai 1,4 jutaan. Tentu saja harga ini akan berbeda dari pasaran online.

Hadir dengan desain yang Trendi

Realme C1
Relame C1 (www.tokopedia.com/aguskk)

Di tahun 2018, desain dengan takik sebagai “rumah” kamera depan menjadi desain yang banyak digunakan oleh vendor smartphone, Realme C1 hadir dengan desain tersebut. Walaupun di tahun 2019 desain kekiniannya mulai beralih ke waterdrop notch. Tapi tentu saja urusan desain akan kembali ke selera masing-masing. Tapi jika dilihat  desain C1  ini tidak terlalu ketinggalan jaman.

Layar Luas dan Dilindungi dengan Corning Gorilla Glass

Rata-rata handphone yang ada dikelasnya memiliki ukuran 5,7 inci. Tapi Realme C1 hadir dengan layar yang luas yaitu 6,2 inci tentu saja ini menjadi nilai plus yang bisa Sobat pertimbangkan. Selain itu layar dari handphone ini hadir dengan panel IPS LCD bersesolusi 720 x 1520 pixels dengan rasio 19:9 yang sudah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 3.

Dukungan Snapdragon 450 14nm

Urusan performa, Realme C1 dibekali dengan chipset Snapdragon 450 dengan fabrikasi 14nm, chip ini memiliki konfigurasi CPU Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53 yang disandingkan dengan GPU Adreno 506 dan varian RAM 2GB beserta penyimpanan internal 16 GB.

Salah satu ponsel dikelasnya yang menjadi lawan cukup berat datang di induk brandnya sendiri yaitu Oppo A3S yang juga hadir dnegan prosesor yang sama. Untuk perbandingannya kita akan ulas pada artikel selanjutnya ya.

Handphone Realme C1 ini dibekali dengan OS Android 8.1 Oreo yang sudah dibalut dengan UI ColorOS 5.2 dan dibekali dengan slot micro SD sampai dengan 256 GB.

Bicara soal microSD, pada C1 ini slot dihadirkan secara terpisah dengan SIM Card ( 2 SIM CArd, 1 Slot microSD), dengan kata lain Sobat bisa menggunakan microSD tanpa harus mengorbankan salah satu SIM.

Hasil kamera yang berkualitas

Kamera Realme C1
Kamera Realme C1 (www.tokopedia.com/aguskk)

Realme C1 sudah dibekali dengan dual kamera belakang dengan konfigurasi 13MP f/2.2 dan kamera sekunder 2 MP sensor kedalaman untuk menghasilkan foto bokeh secara mudah. Penasaran dengan hasil kamera belakang Realme C1? Sobat bisa melihatnya dalam video di bawah ini. Pada video ini adalah perbandingan dari hasil kamera Realme C1 VS Realme 2 Pro yang bersumber dari channel youtube/Camera Therapy

Kemampuan kamera utama Realme C1 ini dapat merekam video 1080p. Hasil rekaman cukup jernih meski terasa sekali kameranya bergoyang, tentu saja untuk harga 1 jutaan ini masih terbilang cukup bagus.

Sementara untuk kamera depannya hanya dibekali dengan sensor 5MP f/2.2 dilengkapi dengan fitur HDR dan tentunya sudah mendukung AI Face Beauty.

Sudah Mendukung Face Unlock

Realme C1 sudah mendapatkan sensor face unlock, yang tentu saja jarang tersedia dihandphone dikelasnya. Ini menjadi nilai lebih dari handset. Selain itu fitur ini tergolong memiliki kecepatan yang cukup baik.

Dilengkapi dengan Sensor yang Lengkap

Ponsel C1 ini hadir dengan sensor yang cukup lengkap, tentu saja untuk HP dikelasnya ini menjadi yang paling lengkap dari pada lawan-lawannya. Sensor yang tersedia diantaranya adalah Accelerometer, proximity, compass dan gyroscope yang akan berguna untuk memainkan atau menggunakan augmented reality.

Kapasitas Baterai Cukup Besar

Smarpthone ini sudah dibekali dengan kapasitas baterai yang cukup besar, yakni 4230 mAh. Tentu saja ini menjadi nilai lebih untuk menyaingi handphone dikelasnya. Dengan kapasitas baterai yang besar ini akan mampu menunjang aktivitas harian secara penuh.

Kekurangan Realme C1

Selain membahas kelebihan dari HP Realme C1, tentu saja kita harus mengetahui kekurangannya. berikut adalah kekurangan dari handphone harga 1 jutaan ini ya;

  1. Body terbuat dari plastik
    Material body bukan termasuk kekurangan yang fatal, karena memang menyesuaikan dengan harga jual itu sendiri, jadi gak heran kalau Realme C1 menggunakan bahan plastik untuk bodynya.
  2. Belum dilengkapi dengan fitur pengisian cepat
    Hp dengan kapasitas baterai yang besar tentu saja harus memiliki fitur pengisian cepat, jika tidak. Sobat harus sabat menunggu kapasitas baterai full ya.
  3. Tidak ada fitur finger print
    Fitur pemindai sidik jari memang tidak ada pada Realme C1, tapi sobat akan mendapatkan fitur lebih canggih yaitu face unlock.

Nah itu adalah beberapa kekurangan yang AndroidPonsel dapat jabarkan. Jika merasa sobat mengetahui kekurangan lainnya bisa disampaikan dilaman komentar di bawah ini ya.

Baca juga: 4 Kelebihan HP Realme 3 Pro Beserta Kekurangannya

Kesimpulan

Realme C1 hadir dengan harga yang relatif sangat murah, dengan spesifikasi diatas rata-rata handphone dikelasnya. Tidak ada salahnya jika sobat jatuh hati pada HP ini, karena memang cukup ok dikelasnya. Tapi sebelum sobat membelinya pertimbangkan dulu kekurangan yang sudah dijabarkan diatas.

Spesifikasi lengkap Realme C1 

  • Dimensi 156.2 x 75.6 x 8.2 mm
  • Berat 168 g (5.93 oz)
  • Meterial Plastic body
  • Layar 6,2 inci IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Resolution 720 x 1520 pixels, 19:9 ratio (~271 ppi density)
  • Dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 3
  • OS Android 8.1 (Oreo); ColorOS 5.2
  • Chipset Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 (14 nm)
  • GPU Adreno 506
  • slot microSD, up to 256 GB (dedicated slot)
  • Internal 16 GB, 2 GB RAM
  • Kamera utama 13 MP, f/2.2, AF + 2 MP, f/2.4, depth sensor
  • Kamera depan 5 MP, f/2.2
  • 3.5mm jack Yes
  • Active noise cancellation with dedicated mic
  • COMMS WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, WiFi Direct, hotspot
  • Bluetooth 4.2, A2DP, LE
  • GPS Yes, with A-GPS
  • Radio FM radio
  • USB microUSB 2.0, USB On-The-Go
  • Baterai Li-Ion 4230 mAh battery
  • Warna Black, Blue
Previous

6 Kelebihan HP Nokia 2.2 Beserta Kekurangannya

10 Kelebihan Samsung Galaxy M40 Beserta Kekurangannya

Next

Leave a Comment