Kelebihan Samsung Galaxy A60 Beserta Kekurangannya

| | , ,


Samsung Galaxy A60 Dengan Desain yang berbeda dari Galaxy Seri A lainnya

Pada bulan April 2019, Samsung merilis Galaxy Seri A yakni A60 di negara China. Pada Galaxy A60 hadir dengan desain yang berbeda dari seri A lainnya, yaitu hadir dengan punch hole atau lubang yang ada pada layar bagian atas yang berfungsi sebagai “rumah” kamera. Desain ini sama dengan yang digunakan pada Samsung Galaxy M40. Lantas bagaimana spesifikasi lengkap dari Galaxy A60 ini? Mari kita simak!

Hadir dengan Punch Hole

Samsung galaxy A60
Samsung galaxy A60 (www.gsmarena.com)

Galaxy A60 hadir dengan desain punch hole atau disebut dengan desain Infinnity-O, ini menjadi pembeda dari galaxy seri A lain yang menggunakan takit tetesan air. Selain itu  A60 hadir dengan dimensi 155.3 x 73.9 x 7.9 mm dengan berat 168 gr layarnya menggunakan panel PLS TFT dengan ukuran 6.3 inci dengan screen to body sebesar 84.9% dan resolusi sebesar 1080 x 2340 piksel serta kerapatan layar ~409 ppi.

Kerennya pada A60 ini sudah dibekali dengan teknologi audio Screen Cast, yakni teknologi speaker tertanam di layar seperti yang digunakan pada LG G8 ThinQ.

Hadir dengan Prosesor Snapdragon 675

Tidak jauh berbeda dengan Samsung Galaxy A70 yang sudah hadir di Indonesia, ponsel ini juga mendapatkan dukungan dari chipset terbaru kelas menengah yaitu Snapdragon 675 dengan fabrikasi 11nm. Tentunya chipset ini sangat mendukung untuk kegiatan multimeda dan bermain game.

Berdasarkan uji Bachmark melalui AnTuTu, Chipset SD 675 mendapatkan skor yang cukup tinggi yaitu 174ribuan. Tentu saja ini membuat HP A60 memiliki performa yang mumpuni yang dapat dengan lancar melibas game epic dengan lancar.

Chipset dengan CPU Octa-core (2×2.0 GHz Kryo 460 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 460 Silver) ini juga disandingkan dengan GPU Adreno 612 dan RAM sebesar 6 GB serta penyimpanan internal sebesar 128 GB. A60 juga dilengkapi dengan slot microSD dengan sistem sharing dengan SIM Card yang kompetibel sampai dengan 1 TB.

Samsung Galaxy A60 hadir dengan OS Android 9.0 Pie yang sudah dibalut dengan antaramuka ONE UI.

Dibekali dengan 3 Kamera Utama

Samsung Galaxy A60
Samsung Galaxy (www.fonearena.com)

Bicara smartphone tentu saja kita harus tahu spesifikasi dari kameranya, karena bagian ini juga cukup penting untuk mempertimbangkan apakah HP ini hadir dengan spesifikasi yang mumpuni atau tidak.

Pada Samsung Galaxy A60 kurang lebih memiliki spesifikasi kamera yang sama dengan A70, HP ini juga dibekali dengan 3 (tiga) kamera utama dengan susunan sensor 32 MP, f/1.7, 0.8µm, PDAF + 8 MP, f/2.2, 12mm (ultrawide), 1.12µm, PDAF dan 5 MP, f/2.2, depth sensor. Kamera tersebut memiliki fitur LED flash, panorama dan HDR serta memilki kemampuan merekam video pada [email protected] dan [email protected]

Sementara itu kamera depannya hadir dengan sensor sebesar 16MP dengan fitur HDR dan kemampuan merekam video [email protected]

Sensor dan kapasitas baterai

Handphone Galaxy A60 masih dibekali dengan sensor pemindai sidik jari yang ada pada bagian belakang, sensor lain yang hadir pada perangkat ini diantaranya accelerometer, gyro, proximity dan compass, serta mendapatkan dukungan sensor ANT+. Galaxy A60 hadir dengan kapasitas baterai sebesar 3500 mAh yang sudah mendapatkan dukungan pengisian cepat berdaya 15W.

Fitur Lainnya

Fitur yang ada di A60 dianyaranya sudah dibekali dengan Dlolby Atmos Sound seperti yang ada pada M40, Active noise cancellation with dedicated mic, Bluetooth 5.0, A2DP, LW, USB Type-C 1.0 dan Konekfivitas Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot. Ponsel ini sudah dibekali dengan fitur NFC seperti kebanyakan handphone Seri A lainnya.

 


Kekurangan Samsung Galaxy A60

Selain spesifikasinya yang sudah cukup mumpuni, Galaxy A60 masih memiliki beberapa kekurangan yang terbilang cukup wajar. Nah Sobat harus ketahui terlebih dahulu kekurangan tersebut untuk memastikan bahwa kekurangan tidak menjadi masalah ketika sudah membeli perangkat handset ini. Berikut adalah beberapa kekurangannya;

Layar belum menggunakan panel AMOLED

HP ini berbeda dengan seri Galaxy A lainnya yang sudah hadir dengan panel AMOLED, karena A60 hanya menggunakan panel PLS TFT. Walaupun demikian layar yang dihasilkan tidak kalah dengan type AMOLED.

Pemindai sidik jari masih di bagian belakang

Selain layar yang masih menggunakan PLS TFT, handphone ini juga masih meletakan pemindai sidik jari pada bagian belakang. Sementara A70 sudah  mendapatkan pemindai sidik jari dibagian layar.

Tidak dilengkapi dengan Jack 3.5mm

Handphone ini tidak dilengkapi dengan jack 3.5mm, tentu saja sobat tidak bisa menggunakan headphone yang masih menggunakan jack tersebut. Jadi pengguna harus menyiapkan perangkat bluetooth untuk dapat terhubung dengan smartphone.

Tidak dilengkapi dengan pelindung layar

Pada sumber GSMArena Galaxy A60 ini tidak memiliki perlindungan layar. Biasanya smartphone akan hadir dengan perlindungan layar seperti Corning Goriila Glass.

Baca juga : Perbandingan Samsung Galaxy A70 dan Galaxy M40, dengan Snapdragon 657

Harga dan Ketersediaan

Samsung Galaxy A60 baru secara resmi hadir di Tiongkok, di negara tersebut ponsel ini dijual dikisaran harga CNY 1.999 atau setara dengan Rp 4,1 juta. Namun belum ada informasi apakah smartphone ini akan hadir di Indonesia atau tidak.

Previous

iPhone 11 Akan Hadir dengan 3 Kamera Utama

LG UltraGear Nano IPS Monitor Gaming Tercepat Di Dunia

Next

Tinggalkan komentar di sini