15 Tips aman belanja online di marketplace Bukalapak dan sejenisnya

| |


Halo sobat Android. Jaman sekarang ini belanja online sudah menjadi aktivitas yang bukan hanya sekedar trend lagi, karena memang kita sudah harus mengikuti perkembangan teknologi yang semakin mempermudah melakukan berbagai kegiatan termasuk belanja.

Tips Belanja Aman di Marketplace

Sekarang ini semakin banyak website toko online hadir baik menjual produk secara langsung atau menjadi media tempat dimana para pemilik usaha menjual produknya atau yang disebut marketplace (ibarat kata pasar online).

Di Indonesia sendiri ada beberapa marketplace besar diantaranya Bukalapak, Tokopedia, Lazada dan Shopee.

Memang masing-masing marketplace sudah memberi jaminan keamanan berbelanja, dengan menyediakan alat pembayaran bersama sehingga setiap pembeli tidak langsung melakukan pembayaran kepada penjual, melainkan membayarkan terlebih dahulu kepada pihak marketplace baru setelah barang diterima uang baru masuk ke penjual.

Tapi tentunya kita tidak boleh lengah, kita tetap harus waspada karena yang namanya penipu akan menggunakan segala cara untuk mengelabui targetnya. Untuk itu AndroidPonsel akan memberikan tips belanja online secara aman di marketplace lebih khusus di Bukalapak.

Lihat rating yang ada pada produk

Reting bukalapak

Ketika berbelanja Sobat harus lebih teliti sebelum membeli, berbeda dengan membeli secara offline, belanja secara online Sobat harus melihat lebih detail tentang produknya. Pertama cek dulu reting (bintang) produk apakah memiliki reting yang baik atau tidak.

Reting ini adalah feedback dari tingkat kepuasan konsumen yang sudah membeli produk tersebut, biasanya jika pembeli merasa puas dengan barang yang dibeli, mereka akan memberikan bintang yang tinggi, (dalam marketplace bintang tertinggi adalah 5 bintang).

Cari lah produk yang mendapatkan bitang paling sedikit 4, kalau bisa sih bintang 5 ya.

Lihat feedback/komentar produk

feedback

Setelah Sobat sudah mendapatkan poduk dengan reting tertinggi dengan harga yang bersaing, langkah selanjutnya adalah melihat feedback dari barang yang dibeli.

Feedback/komentar ini biasanya berisi tingkat kepuasan pembeli terhadap toko, apakah sang penjual cepat menanggapi pembeli, apakah pengirimannya cepat atau pelayanan yang memuaskan. Dari feedback ini Sobat dapat mengetahui kepuasan pelanggan yang sudah membeli produk tersebut.

Feedback pada Bukalapak bisa Sobat lihat dibagian produk, klik tab “feedback” untuk melihatnya. Kalau banyak yang kecewa sebaiknya skip toko tersebut dan cari toko lain yang menjual barang serupa.

Baca terlebih dahulu deskripsi produk

Tips Belanja Online

Setelah mendapatkan produk dan sudah yakin produk tersebut mendapatkan reting dan feedback yang baik, cek kembali deskripsi produk tersebut. Untuk mengeceknya masih dihalaman yang sama ada pada bagian bawah deretan mennu dengan feedback.

Pelapak yang baik tentunya akan memberikan deskripsi yang cukup detail apalagi jika sobat ingin membeli handphone tentu saja sobat pastikan kembali apakah produk tersebut sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan. Jangan sampai ingin membeli HP dengan RAM 4GB ternyata produk tersebut adalah versi 3GB.

Baca catatan pelapak

Sudah yakin dengan produknya, Sobat harus cek catatan pelapak, karena biasanya para pelapak memberikan informasi syarat dan ketentuan di catatan tersebut.

Catatan pelapak di bukalapak ada pada bagian bawah setelah deskripsi produk. Baca secara teliti ya! Tapi tidak semua pelapak membuat catatan ya Sob, jadi kalau tidak ada catatanya skip ketahap selanjutnya.

Cek reputasi penjual/pelapak

Tips belanja aman di toko online

Sobat bisa mengetahui reputasi pelapak mulai dari jumlah pelanggan sampai jumlah penolakan pesanan.

Caranya Sobat bisa melihat profile pelapak pada bagian kanan produk yang kalian pilih. Atau di handphone ada pada bagian bawah produk. Tentunya cari reputasi pelapak yang baik dengan jumlah pelanggan yang banyak dan jumlah penolakan pembelian yang sedikit.

Selain itu Bukalapak juga membagi pelapak dalam berbagai kategori, pelapak biasa, pelapak premium (biasanya yang sudah mendapatkan penjualan tinggi dan beriklan di bukalapak) atau pelapak diamond (biasanya penjual dari brand resmi).

Jangan lupa juga cek lokasi penjual berada di mana. Pastikan lokasi penjual tidak terlalu jauh untuk memudahkan return barang jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan atau klaim garansi toko.

Kalau reputasi pelapak jelek. Sebaiknya cari penjual lain.

Cek waktu online penjual/pelapak

Nah ini salah satu yang juga penting. Sobat bisa cek kapan terakhir pelapak online, untuk melihatnya masih pada bagian produk yang ada pada produk yang sobat pilih, pada bagian itu akan terlihat kapan terakhir penjual login di bukalapak.

Jangan sampai sudah seminggu pelapak tidak pernah login ya.

Cari tau reputasi pelapak dengan cara browsing

Luangkan sedikit waktu untuk bertanya kepada google terkait pejual produk tersebut. Ketik saja dengan keyword “Review ‘nama pelapak’ Bukalapak (atau marketplace lainnya)“.

Jaman sekarang jika seseorang mendapatkan pengalaman yang baik/ buruk belanja online pasti mereka akan share pengalamannya di forum atau media konsumen (walaupun tidak semuanya). Tentu saja ini akan sangat membantu mencari tau reputasi pelapak tersebut.

Sudah yakin dengan produk yang dijual pelapak tersebut? Waktunya Sobat melakukan pembayaran. Ingat jangan langsung bayar kepada penjual ya, karena marketplace sudah menyediakan alat pembayaran bersama yang memberikan keamanan bertransaksi.


Tips aman melakukan pembayaran secara online

belanja online aman
Image by Jan Vašek from Pixabay

Setelah sobat mendapatkan produk dan ingin membelinya, AP juga akan share tips melakukan pembayaran online yang aman terlebih jika Sobat menggunakan kartu kredit atau debit online. Berikut adalah tipsnya;

Lakukan pembayaran dilokasi yang aman

Sebaiknya ketika menginput data kartu kredit/debit pilihlah tempat yang relatif sepi dan situasi yang aman. Tentu saja ini untuk menghindari pencurian data apa yang Sobat ketik kedalam Laptop/handphone. Tak ada salahnya kita selalu waspada bukan?

Pastikan Perangkat sudah menggunakan antivirus atau anti malware terupdate.

Jika sobat melakukan pembayaran melalui laptop/PC atau menggunakan handphone, pastinya perangkat tersebut sudah aman dari virus dan malware, sebaiknya gunakan antivirus yang selalu di update agar terhindar dari program jahat. Untuk pengguna Android pastikan Sobat tidak menginstal aplikasi yang mencurigakan apalagi menginstal apk bajakan yang diunduh secara gratis diluar Google Play.

Pastikan Laptop/Handphone tidak menginstal aplikasi bajakan

Nah ini, untuk sebagian orang, menginstal aplikasi bajakan adalah keuntungan karena tidak mengeluarkan uang sepeserpun untuk menggunakan aplikasi/software tersebut. Tapi tahukah siapa orang yang membajak aplikasi tersebut? Tentu kita tidak mengetahuinya, dan pastinya yang melakukan hal tersebut sudah menyisipkan program jahat yang bisa mencuri data pribadi kita. Jadi harap berhati-hati ya.

Sebaiknya melakukan pembayaran online di Perangkat Pribadi

Ada baiknya kita bertransaksi online di handphone atau komputer milik pribadi, karena dengan menggunakan hp atau laptop pribadi kita lebih mengetahui aplikasi apa saja yang terinstal di dalam perangkat. Tentunya perangkat tersebut juga sudah terinstal antivirus dan selalu di update.

Jangan mudah membagi data kartu kredit/debit

Ini sangat penting jika sobat menggunakan kartu kredit atau debit secara online. Pastikan sobat tidak memberitahu informasi kartu meliputi nomer kartu dan lainnya kepada siapapun terlebih jika pihak penjual atau ada pesan masuk yang menanyakan informasi tersebut.

Karena pihak marketplace tidak akan meminta informasi baik nomer atau data lain melainkan semua sudah ada form inputnya yang sudah di enkripsi dan dilindungi.

Kalau ada yang meminta informsi kartu kredit sobat, sebaiknya jangan ditanggapi dan pilih pelapak lainnya.

Jangan beritahukan nomer OTP pada siapapun

Selain informasi kartu kredit, tentunya Sobat juga jangan memberikan informasi nomer OTP untuk melakukan pembayaran kepada siapapun. Biasanya nomer OTP ini masuk melalui sms untuk memverifikasi pembayaran.

Jika sobat menerima nomer OTP namun merasa tidak melakukan pembelian sebaiknya hubungi pihak bank agar dilakukan pelacakan dan pemblokiran.

Pastikan url marketplace/toko online sudah dilindungi

Belanja aman di toko online
Image by skylarvision from Pixabay

Market place besar pastinya sudah melindungi sistemnya dari serangan hacker ataupun pencurian data. Salah satu mengetahuinya marketplace tersebut sudah menggunakan url ssl “https://”.

Selain itu ketika melakukan pembayaran dengan kartu kredit/debit pada bagian sudut kanan bawah terdapat icon gembok bertuliskan VeriSign, yang menginformasikan bahwa situs sudah menggunakan enkripsi data dengan aman.

Cetak Bukti Pembayaran

Jika Sobat sudah melakukan pembayaran, ada baiknya bukti pembayaran tersebut dicetak dan disimpan. Tentu saja ini akan berguna sebagai pembanding antara angka yang tertera pada invoice dengan tagihan yang ditagihkan di kartu kredit. Selain itu ini akan menjadi bukti jika ada masalah pada transaksi.

Sebaiknya jangan simpan Kartu Kredit/Debit di Marketplace

Ada baiknya Sobat tidak menyimpan kartu kredit di dalam marketplace. Memang menyimpan data pembayaran di toko online akan mempermudah kita ketika berbelanja kembali. Akan tetapi kadang kita akan lupa melakukan log out di website toko online, biasa saja ada seseorang yang menggunakan HP/laptop melihat ada pembayaran yang tersimpan. Jadi kita tetap harus waspada ya.

Baca juga: Fitur Baru Instagram Belanja Online Langsung Di Dalam Aplikasi

Akhir kata

Ada baiknya kita selalu waspada ketika melakukan pembayaran online baik itu menggunakan kartu kredit ataupun debit. Karena kita tidak pernah tau apakah perangkat, situs atau bahkan jaringan yang kita gunakan itu aman. Waspada boleh tapi jangan terlalu takut berlebihan ya Sob.

Previous

Smartwatch Murah Tapi Gak Murahan 2019

iPhone 11 Akan Hadir dengan 3 Kamera Utama

Next

Tinggalkan komentar di sini

%d bloggers like this: