5 Cara Cek Tagihan Listrik Melalui HP Dengan Mudah

| |


Untuk mengatasi tagihan listrik yang menguras keuangan, sebaiknya Sobat lebih sering melakukan cek tagihan listrik secara berkala.

Di jaman yang sudah sangat modern ini, listrik menjadi salah satu sumber kehidupan selain dari air. Tentu saja listrik sangat dibutuhkan mengingat banyak perangkat yang memerlukan tenaga listrik untuk dapat beroprasi/menyala salah satunya contoh kecil untuk mencharger hp dan untuk menjalankan mesin air tentu harus menggunakan listrik.

Tapi tentu saja kita sebagai pengguna listrik harus lebih bijak menggunakannya, jangan terlalu boros apalagi sekarang listrik sudah mahal ya :D. Nah untuk melakukan pengecekan tagihan listrik, sobat dapat melakukannya dengan beberapa cara menggunakan HP, tentu saja cara-cara ini sangat mudah.

Cek Penggunaan Listrik Pascabayar

Tapi sebelumnya, artikel ini dibuat untuk pengguna listrik pascabayar ya bukan prabayar. perbedaan keduanya untuk pascabayar dibayar setiap satu bulan sekali tentu tipe ini dapat memungkinkan terjadi pembengkakan penggunaan listrik, sedangkan jika sobat menggunakan prabayar akan bisa lebih berhemat karena kita harus membeli pulsa listrik sebelum menggunakannya.

Jadi pada tahapan selanjutnya untuk pengguna pascabayar silahkan melanjutkan ya! Tapi bukan berarti yang lain tidak boleh membaca, silahkan ikut baca gpp kok 😀

Cek Tagihan Listrik via Telpon

Cara paling simpel adalah dengan melakukan panggilan kepadan call center PLN di nomor 123. Ketika menelpon jangan lupa masukan kode area Sobat ya. Sebagai contoh wilayah Jakarta (021)-123 . Kelemahan dari cara ini Sobat akan dikenakan tarif biaya normal Tapi call center PLN menerima pengaduan selama 24 Jam lho, tidak hanya untuk pembayaran saja tapi juga kendala teknis lainnya.

Cek Biaya Listrik Via SMS

Jika tidak sempat melakukan panggilan telpon, Sobat bisa melakukannya dengan SMS. Oh ia Sob, jika menggunakan SMS, kalian bisa memilih untuk sms informasi berlangganan tagihan secara bulanan atau pengecekan hanya sekali saja.

Untuk Informasi sekali kirim Sobat bisa menggunakan format SMS sbb; REK (spasi) No ID Pelanggan, kirim ke 8123. Contoh : REK 1113332229900998 Kirim ke 8123

Untuk informasi pengecekan secara berlangganan bisa menggunakan format  PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit ID pelanggan, kirim ke 8123. Contoh, PLN ON 1113332229900998 kirim ke 8123.

Tentunya cara ini dikenakan biaya SMS sebesar Rp.500 belum termasuk PPN! Jika Sobat ingin berhenti berlangganan Sobat bisa menggunakan format ini;

PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit ID pelanggan, kirim ke 8123. Contoh, PLN OFF 1113332229900998 kirim ke 8123.

Cek Tagihan pembayaran PLN Melalui Aplikasi Android

5 Cara Cek Tagihan Listrik Melalui HP Dengan Mudah

Untuk pengguna Android bisa menggunakan cara yang lebih modern, Sobat dapat mengunduh Aplikasi PLN resmi bernama PLN Mobile.  Dengan Aplikasi ini Sobat tidak hanya akan mendapatkan informasi tagihan tapi juga informasi lainnya bahkan untuk pengaduan. Cara untuk melakukan pengecekan tagihan pembayaran bisa ikuti cara ini;

  1. Sebelumnya Unduh PLN Mobile dan install aplikasi tersebut. (Google Play)
  2. Buka aplikasi dan pilih Informasi pada tab menu.
  3. Selanjutnya pilih Informasi Tagihan dan Token Listrik.
  4. Kemudian masukkan ID pelanggan atau nomor meteran.
  5. Pilih Cari dan aplikasi akan menyajikan status tagihan listrik Anda beserta besaran nominal.

Cek Tagihan Listrik PLN melalui iOS

5 Cara Cek Tagihan Listrik Melalui HP Dengan Mudah

Selain melalui aplikasi Android, Sobat pengguna iOS juga bisa menggunakan aplikasi yang sudah disediakan. Aplikasi PLN iOS tersebut bernama PLN Mobile. Fungsi dari aplikasi ini sama seperti yang ada pada tipe Android. Untuk caranya ;

  1. Terlebih dahulu download PLN Mobile di App Store.
  2. Masuk ke aplikasi dan cari menu Informasi.
  3. Setelah itu tap Informasi Tagihan dan Token Listrik.
  4. Isikan ID pelanggan atau nomor meteran.
  5. Terakhir pilih Cari dan aplikasi akan menampilkan info tagihan listrik bersamaan dengan besaran nominal.

Lihat Tagihan Listrik PLN via Website

5 Cara Cek Tagihan Listrik Melalui HP Dengan Mudah

Cara selanjutnya via website cekbill.com, cara satu ini sangat mudah cukup masuk ke website tersebut, dan klik menu Cek Tagihan Listrik PLN.  Setelah itu Sobat masukan ID Pelanggan dan masukan cek Anti Spam Klik Cek Tagihan. Dan jumlah tagihan akan muncul secara otomatis.

 

Baca juga:

 

Previous

Fitur Edit Foto Di WhatsApp Mungkin Aja Kok

Infinix Note 6 Hadir dengan Stylus Pen Berteknologi AI dan AR

Next

Tinggalkan komentar di sini