Developer Aplikasi VPN Harus Punya Izin di Indonesia

| | ,

Masih ingat kan bulan lalu pemerintah memblokir sosial media selama kurang lebih tiga hari? Pada saat tersebut pemerintah mencoba meredam hoax yang beredar pasca pemilihan presiden. Alih-alih tidak dapat mengakses beberapa sosial media yang di blok, tapi nampaknya netizen semakin pintar karena memanfaatkan aplikasi VPN yang memang dapat diunduh dan digunakan secara gratis.

Nah kabar terbarunya, Kominfo akan membuat peraturan untuk mengatur peredaran aplikasi VPN di Indonesia. Tentu saja penyedia layanan VPN nantinya harus melakukan registrasi agar terdaftar di Indonesia guna dapat digunakan oleh masyarakat.

Dilansir dari laman kompas.com (7/5/2019), “Aturannya ya harus izin. VPN itu masuk ke dalam ISP (internet service provider), dia kan ngasih koneksi internet, makanya pengguna bisa tersambung ke server-nya (VPN). Dengan siapa pun, tinggal diblok kalau tidak ada izin,” kata Dirjen Aptika Kominfo, Semuel Pangerapan.

Bahkan pihak Kominfo juga akan mengatur peredaran dari VPN gratis yang sudah ada sekarang ini. Jika tidak mengikuti peraturan akan ditindak tegas dengan cara diblok dari tanah air.

Selain itu dikatakan, bahwa peraturan terkait VPN ini sudah ada hanya tinggal direalisasikan saja. Selain itu pihak Kominfo akan melakukan pembicaraan terkait VPN dengan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dalam waktu dekat.

Aplikasi VPN Harus Punya Izin di Indonesia
Image by Stefan Coders from Pixabay

Apa itu VPN?

Jika sobat belum mengetahui apa itu VPN, ini adalah singkatan dari Virtual Private Network yang sudah digunakan diseluruh dunia guna mendapatkan akses internet yang cepat, aman, Private dan dapat digunakan untuk mengakses suatu jaringan secara remote.

Secara detailnya VPN (Virtual Private Network) itu adalah layanan koneksi yang memberikan Sobat akses ke website secara aman (secure) dan pribadi (private) dengan mengubah jalur koneksi melalui server dan menyembunyikan pertukaran data yang terjadi.

Cara kerja VPN

Ketika Sobat menggunakan VPN (biasanya menggunakan aplikasi pada smartphone), data Sobat dienkripsi oleh aplikasi dan baru dikirimkan melalui ISP kemudian ke server VPN. Server VPN menjadi perangkat ketiga untuk menghubungkan Anda dengan situs atau layanan online. Ini akan dapat memecahkan masalah privasi dan keamanan data saat melakukan pertukaran data.

Manfaat VPN

VPN juga memiliki beberapa manfaat diantaranya adalah sebagai remote access yang mengijinkan kita  untuk mengakses suatu jaringan seperti jaringan kantor dimana saja ketika ada koneksi internet. Selain itu beberapa manfaat dari menggunakan VPN antaralain;

  • Mengakses Situs yang diblokir pemerintah
    Sobat dapat dengan mudah membuka situs yang sudah diblokir oleh pemerintah, bahkan situs yang berbahaya sekalipun. Tapi tentu saja kalau sudah diblokir sudah tentu situs tersebut tidak dianjurkan untuk diakses, jadi hargailah aturan pemerintah ya.
  • Pengamanan Data di Jaringan Publik
    VPN dapat melindungi pertukaran data yang Sobat lakukan dari WiFi atau jaringan yang tidak dapat dipercaya.
  • Mengamankan Informasi Pribadi Secara Anonim
    VPN dapat menyembunyikan lokasi secara realtime, jadi tidak sembarang orang dapat mengetahui lokasi Sobat ketika mengakses.
  • Data Dienkripsi
    Ketika menggunakan VPN pertukaran data antara Anda dan web aplikasi online, data Anda dienkripsi. Sehingga meskipun seseorang melihat apa yang komputer kirimkan, mereka hanya melihat informasi yang sudah terenkripsi. Bahkan seseorang tidak dapat mengidentifikasi perangkat yang Anda gunakan.

Bagaimana Keamanan VPN?

Sebenarnya pertanyaan keamanan dari VPN ini masih menjadi perdebatan, sementara beberapa waktu lalu banyak media yang memberitakan bahwa menggunakan VPN tidak aman dan dapat mencuri data pribadi pengguanya. Tapi beberapa ahli menjelaskan penggunaan VPN tersebut tergantung dari protokol (jalan) yang Sobat gunakan untuk melakukan koneksi.. Menggunakan VPN bisa dibilang tidak sepenuhnya itu aman. Namun, paling tidak menggunakan VPN akan lebih aman dibandingkan menggunakan koneksi biasa.

 

Baca juga: 

Tags
Previous

Hp Infinix S4 Hadir dengan Mediatek P22 dan Triple Kamera

6 Fitur Baru Siap Hadir di Google Photos

Next

Tinggalkan komentar di sini