6 Fitur Baru Siap Hadir di Google Photos

| | ,


Halo Sobat AP, jika kalian adalah pengguna aplikasi Google Photos, ada kabar terbaru terkait aplikasi Google Photos, yakni aplikasi ini akan mendapatkan fitur-fitur baru yang tentunya akan menambahkan pengalaman dan kemudahan dari aplikasi foto ini.

Google Photos fitur
Google Photos via google.com/photos/about/

Fitur yang Akan datang pada Google Photos

Hal ini langsung dikonfirmasi oleh Google Photos Product Lead, David Leib dilansir dari laman detik.com (7/5/2019). Setidaknya ada 6 fitur/fungsi yang sedang dalam pengembangan dan siap dihadirkan pada update yang akan datang. Fitur tersebur antaralain;

Manual Face Tag

Saat ini Google Photo sedang mengembangkan Manual Face Tag, karena pada saat ini aplikasi hanya memiliki opsi utag atau membatalkan tag jika terjadi kesalahan. Dengan begitu kedepannya pengguna bisa melakukan tag foto orang lain secara manual.

Akses Mudah ke Foto yang Baru Ditambahkan

Fungsi yang satu ini akan hadir dalam waktu dekat, karena fitur ini sudah hadir pada versi website.

Bisa Edit Timestap untuk Android

Fungsi edit timestap sudah hadir pada versi web dan iOS, nantinya fitur ini juga akan hadir pada Google Photos Android. So Sabar menanti kedatangan fitur ini ya!

Berbagi Foto Hewan Peliharaan

Bagi para pecinta hewan peliharaan dan gemar melakukan foto terhadap hewan kesayangannya, nantinya Google Photos akan menghadirkan berbagi foto hewan peliharaan. Pengguna nantinya bisa memberitahukan Google Photos agar secara otomatis mengirimkan semua foto hewan peliharaan mereka ke album yang bisa diakses pasangan, teman atau anggota keluarga lain yang juga menyayangi si hewan peliharaan.

Menghapus Foto dari Album di Android

Ketika pengguna Google Photos di Android protes karena tidak bisa menghapus album foto sambil menelusuri foto-foto lainnya, David menenangkan dengan mengatakan akan ada solusi untuk itu. Nantinya pengguna dapat menghapus foto sambil melakukan browsing album dan item favorite di Google Photos.

Fitur Tersembunyi pada Aplikasi Google Photos

Sebelum mendapatkan beberapa fitur baru tersebut, Sobat juga harus mengetahui beberapa fitur yang memang sudah ada pada aplikasi ini! Bahkan beberapa fitur belum diketahui oleh sebagian pengguanya lho. Berikut adalah 8 Fitur tersembunyi yang ada pada Google Photos. So simak ya!

Cara Mengetahui Perintah Short cut

Ini adalah bagaimana Sobat mengetahui berbagai macam perintah shortcut. Ketika masuk ke halaman web http://photos.google.com Sobat bisa menekan Shift kemudian idikuti dengan icon minus (-) dan ikon tanda tanya (?)  nantinya Sobat akan mengetahui semua perintah Short cut untuk jalan pintas mengorasikan Google Photos.

Sobat akan mengetahui short cut  lainnya pada aplikasi ini diantaranya; menggulir menggulir foto sebelum dan sesudah, memilih foto, mencari foto, melihat foto orisinil sebelum diedit, mencerahkan foto, merotasi foto, mengunduh foto, dan perintah lainnya.

Hemat Ruang penyimpanan

Aplikasi Google Photos menyediakan ruang penyimpanan foto dan video berukuran original secara gratis hingga 15 GB. Itupun digabung dengan data-data lainnya pada penyimpanan Drive. Jika kuota Anda habis, ada nominal tertentu yang harus dibayar untuk menambahkan kapasitas tambahan.

Tapi Kalau Sobat tidak ingin membayar sepeserpun layanan tersebut, kalian bisa mengakalinya dengan menurunkan kualitas foto. Caranya, pada situs photos.google.com, pilih convert all untuk mengubah kualitas foto dari orisinil ke high quality. Ini Gratis tanpa batas lho.

Emoji untuk mencari foto

Pada Maret 2016 lalu, Google Photos sudah bisa mencari foto dengan emoji. Misalnya, saat mencari foto ketika jalan-jalan di hutan, Sobat cukup sematkan emoji pohon di kolom pencarian Photos. Dan Aplikasi itu akan mencarikan gambar yang nuansanya berbau pohon. Coba saja mencari foto dengan emoji lain seperti foto binatang, bunga, dan lainnya.

Hapus Foto yang sudah tersimpan di Google Photos

Fitur ini yang paling AP suka, karena pengguna dapat dengan mudah menghapus foto yang ada di memori HP ketika foto sudah terupload ke dalam Google Photos. Jadi tidak ada duplikate foto antara penyimpanan HP dan Google Photos tersebut.

Caranya, tekan Settings pada aplikasi Photos, lalu cari opsi free up device storage. Photos akan menghapus semua foto di perangkat, yang telah tersimpan di cloud.

Mudah Berbagi Foto Bersama Keluarga dan Teman

Fitur sangat mempermudah berbagi foto ketika kita sedang melancong bersama teman atau keluarga, jika masing-masing mengambil gambar sendiri Sobat bisa membuat album untuk dibagikan bersama keluarga/teman agar mereka dapat melihat foto yang ada pada album tersebut, bahkan mereka juga bisa menambahkan  foto yang mereka tangkap sehingga kita bisa langsung melihatnya.

Caranya cukup pilih opsi shared album pada menu tiga titik di sisi kanan kolom pencarian Photos.

Fitur Mencari Video

Mendapatkan kemudahan untuk mencari video pada Aplikasi Mobile Google Photos, pengguna hanya cukup menggulirkan layar ke kanan, nantinya ada opsi Video. Dengan fitur ini Sobat bisa saja menemukan video-video lawas yang terlupakan.

Dapat Mengatur Waktu dan Lokasi

Dengan fitur ini pengguna dapat otomatis melebelkan foto-foto dengan lebel waktu dan lokasi, tapi bisa saja fitur ini salah. Untuk itu fitur ini juga bisa diset secara manual, caranya ada di situs Photos.

Mencari foto Selfie dengan mudah

Sobat dapat dengan mudah mencari foto-foto selfie yang pernah sobat bidik. Caranya  ada dikolom pencarian pada aplikasi, nantinya akan ada pilihan selfies.

Bagaimana Sob? Itu adalah beberapa fitur yang memang sudah ada di Google Photos, dengan adanya penambahan 6 fitur baru yang akan datang tentu saja akan memperkaya fitur-fitur di layanan  tersebut, tentunya akan semakin menarik ya!

Download via Google Play Download via Apple Apps

 

Baca juga:

Previous

Developer Aplikasi VPN Harus Punya Izin di Indonesia

HP Advan s50 Prime dengan fitur GlocalMe Harga 600ribuan

Next

Tinggalkan komentar di sini

%d bloggers like this: