Google Pixel 4 hadir dengan Face Unlock dan Teknologi Soli, Apa itu?

| | , ,


Tahun ini nampaknya Google akan meluncurkan hal-hal yang berbeda untuk membekali smartphone terbarunya yakni Pixel 4 yang akan segera meluncur. Dan kini video teaser resmi Pixel 4 sudah dipublish oleh pihak perusahaan. Sobat dapat melihat videonya di bawah ini.

Video diatas memiliki durasi 30 detik, dari video tersebut tentu kita tidak akan mengetahui banyak prihal spesifikasinya tapi dalam video sudah memberikan kita pandangan baik itu desain dan konfirmasi berbagai rumor dari fitur-fitur yang akan disuguhkan ponsel Pixel 4 nantinya.

Google Pixel 4 akan hadir dengan Face Unlock yang sama seperti iPhone X Series. Dilansir dari laman resmi Google, terlah mengungkapkan lebih banyak terkait fitur ini, termasuk gambar cross-sectional. Sobat bisa melihat gambar di bawah ini.

Sensor-sensor yang ada pada Google Pixel 4

sensor pixel 4
via Gizmochina

Ini adalah gambar susunan dari sensor yang akan hadir di smarpthone Pixel 4. Kita akan membahasnya mulai dari kiri. Pada bagian tersebut terdapat IR pembuka kunci wajah, kemudian terdapat kamera depan, selanjutnya terdapat Ambient light/ Proximity sensor, pada bagian tengah terdapat speaker/port audio.

Dibagian kanan, terdapat speaker dan Chip Soli Radar yang berguna untuk mengontrol ponsel tanpa sentuhan jari. Dalam video Sobat dapat melihat seseorang hanya mengendalikan ponsel dari gerakan tangan tanpa menyentuh layar. Salah satunya pengguna dapat melambaikan tangan untuk mematikan alarm dan mengangkat panggilan. Coba Sobat lihat kembali videonya terdapat animasi kecil di bagian atas layar yang menujukan pengguna membuat gerakan dengan tangan.

Selain itu masih banyak lagi fungsi dari Soli Radar tersebut. dengan kata lain dengan fitur ini akan mampu membuka “Smeua dalam satu gerakan”. Bahkan dalam video pengguna pengguna sangat cepat membuka smarpthone dan melakukan gerakan lain untuk membuka aplikasi lainnya.

Dan disebelah dari Soli Radar terdapat sensor-sensor yang berguna untuk membuka kunci dengan wajah diantaranya Projector, IR Camera, dan Flood Iluminator. Bahkan Google mengatakan sensor ini tidak hanya berfungsi sebagai pembuka kunci smartphone melainkan juga sebagai autentikasi pengguna untuk melakukan pembayaran dan aplikasi, fitur ini akan bernama “Montion Sense” yang kabarnya akan tersedia di semua negara.

Selain itu Pixel 4 ini juga dibekali dengan chip keamanan Titan M dimana data wajah akan selalu disimpan dan tidak dapat diakses oleh orang lain. Kabarnya ponsel Pixel 4 ini akan diluncurkan lebih awal dari pendahulunya.

Bocoran Desain Google Pixel 4

Selain itu sebelumnya terdapat berita terkait render dari smarpthone Pixel 4 yang diberitakan oleh AndroidPolice beberapa  waktu lalu. Render ini dikatakan adalah Google Pixel 4 versi besar yakni 4XL.

Gambar-gambar terlampir ini dikeluarkan oleh OnLeaks yang bermitra dengan iGeekBloog, yang ada kemungkinan designnya akan dekat dengan desain akhir. Spesifikasi dari layar yang dilaporkan adalah seluas 5,6 inci dengan dimensi 5,79 x 2,71 x 0,32 inci (147 x 68,9 x 8,2 mm).

Google Pixel 4XL bocoran gambar
Image via iGeeksBlog

Bezel atas  tampak sedikit lebih besar, besar kemungkinan bezel atas ini memuat berbagai sensor yang sudah kita bahas dibagian atas. Kameranya hadir tersusun berbentuk kotak disebelah kirin dengan ketebalan kamera belakang 0,37 inci (9,3 mm). Pada gambar kita tidak melihat adanya jack headphone.

 

Ketersediaan

Mengaca dari pendahulunya Google Pixel yang hanya diluncurkan untuk 13 negara dan Indonesia tidak termasuk, Sepertinya kecil kemungkinan Pixel 4 akan resmi hadir di Indonesia. Kendati demikian Google Pixel 3 dapat dipesan melalui situs belanja online walaupun masuk ke dalam kategori garansi distributor, dan ini menjadi problem jika pemerintah sudah menjalankan regulasi untuk ponsel ilegal atau tidak resmi.

Semoga saja Google Pixel 4 bisa secara resmi hadir di tanah air ya.

Sumber: 1 & 2

 

 

Baca juga:

 

Previous

Perbandingan Realme X Vs Samsung Galaxy A50, Mana Lebih Baik?

Perbandingan Realme 2 Pro VS Realme 3, Lengkap!

Next

Tinggalkan komentar di sini

%d bloggers like this: