Perbandingan Nitendo Switch “Biasa’ dan Versi Lite

| |


Hola Sobat AndroidPonsel. Sudah tahu belum bahwa Nitendo tidak beberapa lama lagi akan meluncurkan Nitendo Switch versi Lite lho! Sebelumnya sudah banyak banget rumor yang memberitakan perangkat ini, tapi kali ini Nitendo sudah secara resmi mengumumkan akan merilis konsol versi “Mini” yang disebut dengan nama Nitendo Switch Lite. Tentu saja hadir dengan harga yang lebih murah!

Walaupun belum secara resmi diluncurkan, tapi bocoran terkait spesifikasinya sudah mulai bermunculan dan beberapa diantara memang sudah dipastikan akurat. Kontroler game ini akan hadir dengan ukuran lebih kecil dari versi “biasa” dan beberapa fungsi dari versi “biasa” sudah diintegrasikan kedalam versi Lite, dengan kata lain fungsi-fungsi yang ada pada versi “standar” tidak bisa digunakan pada versi mini, diantaranya adalah fungsi “TV Mode”, karena pada versi “Lite” Konsol sudah 100% dimainkan digenggaman tangan.

Perbandingan Nitendo Switch "Biasa' dan Versi Lite
Nitendo Switch Lite via www.nintendo.com

Komparasi Nitendo Switch “Standar” dan “Lite”

Penasaran apa sih perbedaan Nitendo versi “Standar” dengan versi “lite”? Berikut Sobat bisa simak baik-baik ya!

Ukuran : 

  • Untuk versi “Biasa” hadir dengan ukuran tinggi 4 inci dengan panjang 9,44 inci (sudah terpasang joy con terpasang), ketebalan 0,55 dengan ukuran layar 6,2 inci (Touch screen)
  • Sementara untuk versi Lite hadir dengan tinggi 3,6 inci dengan panjang 8,6 inci serta ketebalan 0,55 inci dan ukuran layar seluas 5,2 inci (Touch screen)

Dukungan Mode:

  • Versi “standar” hadir dengan 3 mode : TV Mode, Tabletop Mode, dan Handheld mode
  • Versi “Lite” hanya mendukung Handheld mode

Dukungan Joy-Con Controller

  • Untuk versi standar hadir di dalam paket penjualan, lengkap dengan fitur IR Motion Camera dan HD Rumble
  • Sementara untuk versi “mini” tidak mendapatkannya, bahkan tidak mendukung fitur HD Rumble maupun IR Motion Camera. Hanya saja kontroler dari Switch Lite ini sudah menempel pada desain konsol, jadi tidak bisa dilepas seperti Switch “biasa”.

Nintendo Switch Dock

  • Untuk versi “Standar” Sudah mendapatkannya di dalam paket penjualan lengkap dengan kabel HDMI untuk output ke layar TV
  • Sedangkan Versi Lite tidak mendukung docking bahkan colokan output lainnya ke TV juga tidak tersedia

Dukungan Games

  • Versi “biasa” Bisa memainkan semua judul game Switch
  • Untuk versi Lite hanya bisa memainkan game yang mendukung handheld mode

Ketahanan Baterai

  • 2,5-6,5 jam sesuai dengan judul game yang dimainkan. Seperti saat memainkan The Legend of Zelda: Breath of the Wild maksimal hanya bertahan 3 jam
  • 3-7 jam sesuai dengan judul game yang dimainkan. Seperti saat memainkan Legend of Zelda: Breath of the Wild maksimal bertahan 4 jam

Nah itu adalah beberapa perbedaan Nitendo Switch versi “biasa” dengan versi Lite, tentunya versi Lite hadir dengan berbagai penyesuaian terlebih perangkat ini memang didedikasikan untuk Handheld mode jadi banyak fungsi yang ada pada versi “biasa” dipangkas. Tapi tentu saja hal ini juga berpengaruh dengan harga ya.

Harga dan Ketersediaan

Nah untuk harganya, Jika Nintendo Switch versi “Biasa” dibanderol dengan harga sekitar $299.99 atau sekitar Rp 4-jutaan versi mini-nya Nintendo Switch Lite hanya dibanderol dengan harga sekitar $199.99 atau sekitar Rp 2,8-jutaan. dari pemangkasan berbagai fungsi, tentu ada pemangkasan soal harga ya!

Perbandingan Nitendo Switch "Biasa' dan Versi Lite
Nitendo Switch Lite via www.nintendo.com

Kabarnya Switch Lite mulai dijual dipasaran pada tanggal 20 September 2019 mendatang dan perangkat ini tersedia dalam tiga warna, yaitu kuning, oranye dan juga abu-abu.

 

Baca juga:

Previous

HP Redmi 7A Spesifikasi, Harga dan Ketersediaan

Malware FinSpy Intai Pengguna WhatsApp Dkk

Next

Tinggalkan komentar di sini