Mengenal Lebih Dekat 5 Robot Toyota di Olimpiade Tokyo 2020

| |

Tak terasa Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020 semakin mendekat. Dan kali ini Japan akan menjadi tuan rumah yang siap memamerkan teknologi-teknologi unggulannya untuk memeriahkan pergelaran olahraga terbesar di dunia tersebut. Termasuk akan hadirnya beberapa robot dari Toyota.

Robot Olimpiade dan Paralimpiade 2020

Toyota adalah salah satu perusahaan yang berperan penting dalam hal mobilitas dan transportasi diajang ini. Produsen mobil Jepang tersebut telah meluncurkan 5 robot yang memiliki fungsi berbeda. Diantaranya ada yang berfungsi untuk membantu para atlet.

Yuk kita berkenalan lebih dekat dengan para robot Toyota, yang siap memeriahkan ajang Olimpiade 2020.

Miraotowa dan Someity

Robot Maskot Olimpiade dari Toyota
Miraotowa dan Someity Via tokyo2020.org

Pertama adalah dua robot maskot resmi Olimpiade Tokyo. Robot dengan mata biru dan merah jambu ini akan hadir di tempat-tempat penyelenggaraan yang bertugas menyambut dan mengambil gambar.

Kedua robot dibekali dengan kamera serta mata digital yang mampu merespon dengan ekspresi saat berinteraksi terhadap manusia.

Robot ini juga dapat menggerakan tangan dan kakinya.

 

Robot T-HR3

Mengenal Lebih Dekat 5 Robot Toyota Yang Akan Meramaikan Olimpiade Tokyo 2020
Image via techcrunch.com

Robot satu ini memiliki fitur yang serupa, namun dengan desain yang berbeda. Robot humanoid ini hadir dengan tujuan untuk memberikan pengalaman jarak jauh, agar dapat merasakan seperti apa rasanya berada dalam permainan.

Robot ini akan bertindak sebagai telepresence untuk para pengunjung yang berada diluar lokasi Olimpiade.

 

Robot T-TR1

Mengenal Lebih Dekat 5 Robot Toyota Yang Akan Meramaikan Olimpiade Tokyo 2020
Image via cnbcindonesia.com

Jenis robot ini akan berfungsi sebagai telepresence namun dengan desain yang lebih tradisional dengan basis roda untuk bergerak, dilengkapi dengan kamera dan berbentuk vertikal sederhana dengan ukuran cukup besar.

Robot ini akan berfungsi sebagai alat komunikasi secara realtime dengan para atlet yang ada dilokasi permainan. Sehingga para penggemar dapat merasakan seperti ada di tengah-tengah permainan.

 

Human Support Robot (HSR) dan Delivery Support Robot (DSR)

Mengenal Lebih Dekat 5 Robot Toyota Yang Akan Meramaikan Olimpiade Tokyo 2020
Image via Youtube/The Japan Times

Selanjutnya adalah dua robot HSR dan DSR. Robor HRS berfungsi sebagai robot pengantar yang menyediakan panduan untuk tempat duduk para tamu. Selain itu robot ini juga berfungsi sebagai pengantar makanan ringan, souvenir dan lainnya ke kursi para tamu saat pertandingan berlangsung.

Sementara DRS lebih berfungsi sebagai pengantar makanan dan minuman kepada para tamu ditempat yang sudah memesannya melalui tablet khusus.

 

Field Support Robot (FSR)

Mengenal Lebih Dekat 5 Robot Toyota Yang Akan Meramaikan Olimpiade Tokyo 2020
Image via cnbcindonesia.com

Terakhir adalah robot FSR, yang diciptakan khusus untuk mendukung dalam permainan tertentu seperti lempar lembing dan permaianan yang dasarnya melempar .

Robot ini berfungsi mengambil dan mengembalikan hasil lemparan yang sudah dicacat sebelumnya ketempat yang seharusnya.

 

APM (Access People Mover)

5 Robot Toyota Akan Ramaikan Olimpiade dan Paralimpiade 2020
Image via cnbcindonesia.com

Yang satu ini bukan robot melainkan kendaraan yang akan mempermudah mobilitas. Mobil ini dirancang khusus untuk ajang Olimpiade dan Paralimpiade 2020.

Dari beberapa robot Olimpiade yang diciptakan Toyota ini, akan memberikan gambaran bagaimana masa depan kita ketika robot lebih mendominasi dan membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari.

 

Baca juga:

Previous

Popok “Pintar” Lumi dari Pampers Dengan Sensor dan Alat Pelacak

ASUS ROG Phone 2 Hadir dengan Layar HDR 120Hz dan Snapdragon 855 Plus

Next

Tinggalkan komentar di sini