Tips Lengkap Mengamankan Instagram dan Mengatasi Lemot

| | , ,

Hola para instagrammer, pada  bulan Juni 2019, Instagram melakukan update dengan memberikan fitur baru yang berfungsi untuk mempercepat loading foto pada layanan mereka, tentu saja ini sangat berguna untuk user yang memiliki kecepatan internet yang lemot. Selain itu pihak perusahaan bahkan mengklaim fitur ini mampu menghemat penggunaan data internet.

Tips Lengkap Mengamankan Instagram dan Mengatasi Lemot
Image by USA-Reiseblogger from Pixabay

Sebagai informasi, sosmed Instagram memang dikenal sebagai “vampir” kuota internet, karena yang kita akses adalah foto dan video yang memang memiliki size yang cukup besar. Tentu saja ini menjadi perhatian pihak instagram agar tidak merugikan penggunanya.

Cara Mengatasi lemot pada Instagram

Fitur baru yang dapat menghemat data tersebut sementara ini baru tersedia untuk Instagram Android. Tapi Jika Sobat merasakan Instagram kalian lemot, ada beberapa langkah untuk mengatasinya! Berikut adalah caranya;

  • Pertama buka terlebih dahulu aplikasi Instagram, lalu ke halaman profil
  • Tap tiga garis horizontal di sudut kanan atas
  • Kemudian masuk ke ‘Settings’
  • Tap ‘Account’
  • Pilih ‘Cellular Data Use’, geser tombol untuk mengaktifkan Data Saver

Dengan melakukan pengaturan ini, Sobat mengaktifkan fitur untuk mencegah Instagram melakukan pemutaran video secara otomatis. Sobat dapat memilih jaringan mana yang dapat berfungsi untuk melakukan pemutaran video dengan resolusi tinggi apakah melalui WiFi saja atau tidak sama sekali, dengan cara ini juga Instagram Sobat tidak akan lemot lagi.

pengaturan instagram

Jangan Lupa Aktifkan Fitur Keamanan Agar Instagram Aman dari Serangan Hacker

Tips Lengkap Mengamankan Instagram dan Mengatasi Lemot
Image by tookapic from Pixabay

Selain cara agar instagram tidak lemot, sobat juga dapat mengaktifkan fitur keamanan yang diberikan oleh Instagram dimasing-masing akun. Caranya cukup mudah kok, masih di dalam lama setting Instagramnya. Untuk detailnya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini;

Pertama Gunakan Password yang Kuat dan Tidak mudah Ditebak

Langkah awal ini adalah langkah dasar untuk mengamankan akun bukan hanya Instagram tapi juga sosial media lainnya seperti facebook bahkan akun email. Semua platform yang menggunakan username dan password pastinya menyarankan untuk menggunakan kombinasi huruf besar/kecil angka dan karakter spesial. Selain itu usahakan gunakan kata sandi yang berbeda antara akun sosial media lainnya ya.

Lakukan Pergantian Kata Sandi Secara Rutin

Selain menggunakan kombinasi pada password yang Sobat gunakan, kalian juga harus rutin melakukan penggantian kata sandi paling tidak selama 3 bulan sekali ya. Dan jangan memberikan password kepada siapapun walaupun seseorang itu kalian kenal.

Aktifkan autentikasi dua faktor

Langkah yang paling penting adalah mengaktifkan autentikasi dua faktor. Dengan mengaktifkan fitur ini akun instagram kita akan mendapatkan keamanan yang ganda, selain login menggunakan username dan password, kita diharuskan memasukan kode yang dikirimkan melalui SMS ke nomer yang sudah didaftarkan.

Kabar terbarunya dimasa yang akan datang Instagram akan mengganti sistem keamanan yang menggunakan nomer ponsel dengan menggunakan nomor token.

Fitur ini terungkap oleh seorang pengguna yang menemukan adanya pilihan autentikasi dua faktor lewat nomor token pada pengaturan keamanannya. Dari pengaturan tersebut, terlihat Instagram akan menggunakan Google Authenticator untuk mengirimkan kode keamanan pada pengguna.

Untuk cara mengaktifkannya Sobat bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini;

  1. Buka menu ‘Settings’ di Instagram, lalu pilih opsi ‘Two-Factor Authentication’.
  2. Klik ‘Get Started’. Setelah itu, kamu akan menemukan dua opsi untuk autentikasi dua faktor, yakni via SMS atau aplikasi.
  3. Pilih opsi autentikasi dua faktor dengan aplikasi autentikasi pihak ketiga atau ‘Authentication App’. Instagram akan menyarankan untuk memasang aplikasi Google Authenticator sebagai aplikasi autentikasi pihak ketiga yang digunakan.
  4. Lalu, pilih opsi ‘Install App’. Nantinya, kamu akan di-redirect untuk membuka Aplikasi Google Play Store atau App Store, untuk mengunduh dan memasang aplikasi Google Authenticator.
  5. Setelah memasang Google Authenticator, kembali ke halaman ‘Two-Factor Authentication‘ di Instagram, lalu pilih aktifkan ‘Authentication App‘.
  6. Akan muncul tampilan konfirmasi Google untuk menambah Instagram ke daftar autentikasi. Pilih OK untuk menyetujui.
  7. Setelah itu, akun Instagram kamu akan terdaftar pada Google Authenticator. Dukungan keamanan autentikasi dua faktor untuk Instagram kamu pun telah aktif.

Jangan Lupakan Keamanan Email

Terakhir adalah jangan begitu saja melupakan keamanan email, karena sangat bahaya jika ternyata email kita yang diretas. Untuk keamanan email bisa mengikuti cara mengamankan Instagram seperti yang sudah dijelaskan diatas yaitu gunakan password yang kuat dengan kombinasi angka, huruf besar/kecil dan karakter spesial, pastikan selalu melakukan penggantian password setiap beberapa bulan sekali.

Bahaya Klik Link Tidak Dikenal Pada Email

Selain itu, Sebaiknya lebih berhati-hati melihat email dari alamat yang tidak dikenal, apalagi email tersebut menyertai link yang mencurigakan apalagi link tersebut mengharuskan kita untuk login. Karena bisa jadi link tersebut dibuat untuk mencuri data dari email yang Sobat gunakan.

Selalu waspada ya Sob! dan gunakan sosial media dengan bijak.

Baca Juga Berita dan Tips Terkait Sosial Media:

Previous

HP Advan s50 Prime dengan fitur GlocalMe Harga 600ribuan

Bahaya Gawai/HP untuk Anak dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Next

Tinggalkan komentar di sini

%d bloggers like this: