Apple Akan Gunakan Panel OLED BOE pada Tahun 2020 untuk Layar Lipat?

| |

Bicra soal ponsel layar lipat, beberapa vendor smartphone bahkan sudah merilis produknya seperti Samsung dengan galaxy Fold dan Huawei dengan Mate X -nya. Yang jadi pertanyaannya apakah Apple akan membuat perangkat pintar yang serupa?

Apple akan gunakan Layar OLED BOE?

Layar OLED BOE akan hadir di iphone
image via GSMArena.com

Berdasarkan laporan dari Nikkei, harian bisnis Jepang dari laman GSMArena, Apple sudah berada pada tahap akhir sertifikasi layar OLED dari BOE yang akan digunakan pada iPhone dimasa yang akan datang. Layar OLED tersebut akan hadir dengan tingkat fleksibel yang tengah menjalani pengujian yang agresif.

Pihak perusahaan diduga akan memutuskan pada akhir tahun ini apakah layar OLED untuk iphone masa depan akan menggunakan produk dari BEO agar tidak bergantung kepada Samsung. Menurut sumber panel dari BEO memiliki harga lebih murah 20% dari milik Samsung.

Pada saat ini Samsung adalah pemasok utama panel untuk Apple. Hal ini juga menjadi pembanding karena Samsung juga bersaing langsung berhadapan dengan produk iPhone. Terkait persingan tersebut memicu issu bahwa Apple mencari pemasok Panel layar dari perusahaan lain dan BOE adalah perusahaan yang dirumorkan sebagai penggantinya.

Apple Patenkan iPhone Layar Lipat

Berita yang dilansir dari DetikNet pada (21/02/2019), menyebutkan bahwa Apple patenkan layar lipat dengan konsep yang berbeda. Trend layar lipat memang muncul ditahun 2019 ini bahkan dua vendor smartphone sudah menyiapkan produknya dilini tersebut.

Apple bahkan diketahui sudah mendaftarkan paten iPhone lipa pada 12 Oktober 2018. Aplikasi paten tersebut didaftarkan di US Patent and Trandmark Office, dengan diskripsi perangkat elektronik yangmana dua bagian tersebut dikoneksikan oleh sebuah engsel.

iPhone layar lipat
image via DetikNet

Uniknya paten layar lipat iPhone agak berbeda konsep dengan layar lipat lainnya. Karena berdasarkan gambar ketika ponsel dilipat akan menjadi iPhone yang lebih kecil.

“Engselnya mungkin dikonfigurasi untuk membuat layar fleksibel bisa berhadap-hadapan atau membelakangi,” tulis deskripsi paten itu yang dikutip detikINET dari Mirror.

Jika benar iPhone akan hadir dengan layar lipat, ada kemungkinan di awal tahun 2020 baru akan muncul rumor-rumor terkait perangkat tersebut. Bisa saja panel yang digunakan akan diambil langsung dari BEO yang kabarnya sudah masuk ketahap pengujian.

Sumber : 1 & 2

Baca juga:

Previous

Chip Prosesor Huawei Kirin 990 dengan Kemampuan Merekam Video 4K 60fps

Redmi Note 8 Akan Menggunakan MediaTek Helio G90T dan Kamera 64MP

Next

Tinggalkan komentar di sini