Cara Memotong Video di Berbagai HP dengan Mudah

| |


Jaman sekarang konten video sudah semakin banyak diunggah diberbagai sosial media, salah satu pemicunya adalah pesatnya pertumbuhan penggunaan smartphone berkamera dan meningkatnya akses internet diberbagai daerah. Apalagi sekarang ini banyak mereka yang tertarik menjadi seorang Youtuber yang memang sedang banyak digandrungi dari berbagai kalangan.

Editing Itu penting Walaupun hanya Sekedar Memotong Durasi Video

Tentunya kita sebagai pemilik video tidak langsung serta merta mempublish video setelah merekamnya, karena ada bagian-bagian yang tidak perlu ditampilkan atau ada bagian yang sekirannya memang harus dihilangkan walaupun tidak selalu. Untuk itu kemampuan melakukan editing video sangat penting untuk setiap orang, walau hanya memotong  bagian-bagian video tertentu.

Hebatnya perkembangan teknologi bukan hanya di sisi perangkat keras saja, perangkat lunak juga berkembang dengan pesat. Salah satunya mulai banyaknya aplikasi yang dapat memudahkan kita melakukan editing video dengan mudah, bahkan hanya menggunakan HP saja dan tidak memerlukan keterampilan khusus.

Aplikasi editing video disemua merek HP Android

Yang menjadi masalah adalah karena terlalu banyak aplikasi editing video di Google Play Store, membuat kita menjadi bingung aplikasi mana yang cocok digunakan dan pas dengan pengguna awam sekalipun. Selain itu kita harus pintar memilih aplikasi yang sudah menyediakan fitur-fitur yang lengkap seperti dapat memotong video dengan mudah.

Daftar Aplikasi Editing video Simple untuk Pengguna Baru

Untuk itu kami, akan share beberapa rangkuman aplikasi editing video yang bisa sobat gunakan. Beberapa perangkat lunak ini sudah disesuaikan untuk pengguna yang baru ingin belajar editing video. Berikut adalah aplikasi tersebut;

Adobe Premiere Clip

Cara Memotong Video di Berbagai HP dengan Mudah

Aplikasi satu ini sudah sangat terkenal dan produk terlaris yang dibuat oleh Adobe. Siapa yang tak kenal Adobe? Oh ia kalau kalian baru didunia pereditan pasti baru kenal ya 😀

Aplikasi Adobe Premiere Clip ini memiliki banyak fungsi, bukan hanya memotong video saja, tapi juga dapat menyusun video-video menjadi satu. Tampilan antara muka dari aplikasi ini cukup sederhana. Kami rasa aplikasi ini cocok untuk pengguna yang baru ingin belajar mengolah konten video. Oh ia salah satu fitur yang wajib kalian coba adalah menggabungkan beberapa video secara otomatis, Klik langsung jadi deh video yang sudah tersusun rapih.

Untuk menggunakannya, unduh Adobe Premiere Clip dengan ukuran 59,1 MB di Google Play Secara gratis!

Download Adobe Premiere Clip

 

 

AndroVid – Video Editor

Cara Memotong Video di Berbagai HP dengan Mudah

Selanjutnya kalian bisa menggunakan aplikasi video editor bernama AndroVid. Aplikasi satu ini lebih simpel dibandingkan Adobe Premiere. Dijamin deh kalian dapat dengan mudah melakukan editing apalagi kalau cuma potong bagian video saja.

Walaupun simpel, tapi AndroVid juga memiliki banyak fitur juga lho, seperti melakukan perubahan bentuk video sampai menambahkan tulisan di dalam video dengan sangat mudah. Selain itu aplikasi editing video ini lebih ringan dari aplikasi lainnya. Untuk mencobanya silahkan unduh, ukuran aplikasi hanya 20MB. Tapi jangan berharap tampilan antara mukanya bagus ya, karena tampilannya agak jadul dibandingkan dengan Adobe.

Beberapa fitur dari aplikasi ini kalian bisa lihat di dalam video di bawah.

Download AndroVid

 

 

Viva Video: Free Video Editor

Cara Memotong Video di Berbagai HP dengan Mudah

Selanjutnya adalah aplikasi Viva Video. Perangkat lunak ini juga masuk ke dalam daftar apps yang popular. Pasti kalian pernah melihat hasil editing seseorang, dan videonya terdapat watermark Viva Video, itu artinya video tersebut diedit menggunakan aplikasi Viva Video, watermark tersebut menandakan penggunaan aplikasi gratis, kalau ingin menghilangkannya harus berbayar ya.

Aplikasi edit video ini memiliki fitur yang cukup banyak. Yang paling penting penggunaannya yang mudah yang membaut banyak orang menggunakannya. Beberapa keunggulan Viva Video diantaranya terdapat berbagai macam filter, tema, dan video efek gratis. Kekurangan dari aplikasi ini jika menggunakan versi gratis adalah adanya watermark dan iklan.

Download VivaVideo

 

 

Potong Video Tanpa Menggunakan Aplikasi

Kalau memang keperluannya hanya untuk memotong video sebenarnya kalian tidak perlu menggunakan aplikasi. Bahkan cara ini bisa dilakukan diberbagai jenis HP lho. Kalau hanya memotong bagian tertentu sebaiknya kalian lihat caranya di bawah ini.

Potong video dengan fitur bawaan Android

Pada langkah di bawah ini hampir setiap HP Android memilikinya. kalian bisa membuka video yang ingin diedit melalui gallery ketika video diputar ada bagian titik tiga di pojok kanan atas, klik bagian tersebut dan pilih opsi trim. Langkah detailnya bisa lihat di bawah ini;

  • Pertama buka aplikasi pemutar video bawaan di HP Android kamu.
  • Pilih video yang ingin di potong.
  • Kemudian tombol tiga titik atau melalui menu untuk menampilkan pengaturan video, kemudian pilih opsi trim.
  • Kemudian kalian akan disuguhan trim selector untuk memilih bagian mana yang ingin dibuang dan bagian mana yang tetap ditayangkan.
  • Setelah selesai jangan lupa untuk disimpan.

Memotong video di HP Samsung

Untuk pengguna HP samsung, Sobat bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini. Karena cara memotong videonya agak sedikit berbeda.

  • Pertama buka terlebih dahulu aplikasi Galeri atau Video.
  • Kemudian pilih video yang akan dipotong.
  • klik ikon tiga titik (Menu atau Option) di pojok kanan atas.
  • Pilih Edit, kemudian pilih Studio, lalu masuk ke Video Trimmer.
  • Pada bagian ini kalian sudah dapat menggunakan trim selector untuk memotong video sesuai kebutuhan.
  • Setelah selesai, klik Done.
  • Setelah itu akan jendela pop-up untuk memberikan nama pada file video yang baru dipotong tersebut.

 

Punya cara lain?

Jika Sobat punya cara lain yang lebih baik dari apa yang kami jabarkan diatas. Kalian dapat memberikan pengalaman/pengetahuan mengenai editing video melalui laman komentar di bawah ini. Setiap komentar yang kalian berikan akan memberikan semangat baru untuk kami tetap selalu memberikan informasi bermanfaat.

Aplikasi Lainnya:

Previous

#BUMNHadirUntukNegeri Ribuan Warga Kaltara Ramaikan Jalan Sehat BUMN

Advan G2 Pro HP 1,2 Juta dengan RAM 3GB dan Kamera Ganda

Next

Tinggalkan komentar di sini

%d bloggers like this: