Segera Cek IMEI Keaslian HP Sebelum Tanggal 17 Agustus 2019!

| | ,


Segera Cek IMEI Resmi untuk Mengetahui Keaslian HP Sebelum Tanggal 17 Agustus 2019! – Setelah sebelumnya pemerintah berencana menetapkan regulasi untuk mengatur peredaran smartphone ilegal di Indonesia. Kini Pemerintah akan menerbitkan kebijakan Internasional Mobile Equipment Identity (IMEI) pada 17 Agustus 2019, dan baru akan berlaku secara penuh pada 17 Februari 2020. Ngerinya, setelah peraturan berlaku, ponsel ilegal (Black Market) tidak akan dapat beroprasi di Indonesia.

Baca juga: Bulan Depan Pemerintah Fix Blokir Handphone Black Market

Regulasi ini bermaksud untuk mencegah peredaran ponsel ilegal yang memang sudah banyak bereda di Indonesia. Peraturan ini digodok oleh 3 menteri terkait, yakni kementerian KOMINFO yang menjadi unjung tombak dalam hal pemblokiran ponsel BM, Kementerian Perindustrian dan Kementerian Perdagangan. Masing-masing Kementerian tersebut memiliki fungsi yang berbeda.

Walaupun Regulasi tersebut akan berlaku pada 17 Agustus 2019, namun akan membutuhkan waktu selama 6 bulan melakukan pemberlakuan secara penuh, yang artinya pada agustus ini belum ada pembelokiran. Karena pemerintah sedang menyiapkan 8 hal yakni persiapan mesin SIRINA, penyiapan database IMEI, pelaksanaan tes, sinkronisasi data operator seluler, sosialisasi, penyiapan SDM, SOP tiga kementerian, dan penyiapan pusat layanan konsumen.

Dilansir dari Kompas.com, (03/08/2019) Rudiantara mengatakan bahwa Kementerian Keuangan pun akan turut dilibatkan, khususnya untuk Dirjen Bea Cukai dan Dirjen Pajak. “Peraturan menterinya dibuat masing-masing, bukan bersama. Tetapi substansinya sama dan terintegrasi sehingga kebijakannya sektoral,” pungkas Rudiantara.

Segera Cek IMEI Keaslian HP Sebelum Tanggal 17 Agustus 2019!
Cek IMEI Resmi

Bagaimana jika membeli handphone setelah tanggal 17 Agustus? 

Pertanyaan ini sering diajukan oleh masyarakat terkait pembelian HP di luar negeri.  Menurut Kemenperin, setelah regulasi ditandatangani, pengguna tidak akan lagi bisa menggunakan ponsel yang dibeli di luar negeri.

Berikut adalah beberapa pertanyaan seputar regulasi IMEI di Indonesia

  • Apakah handphone Black Market yang dibeli sebelum tanggal 17 Agustus 2019 akan langsung diblokir?
    Tidak HP BM yang dibeli sebelum tanggal 17 Agustus akan mendapatkan pemutihan yang regulasinya sedang disiapkan.
  • Bagaimana Jika membeli HP diluar negeri setelah 17 Agustus?
    HP import yang dibeli setelah 17 Agustus tidak dapat digunakan di Indonesia
  • Apakah masyarakat perlu segera melakukan pengecekan IMEI?
    Saat ini laman cek IMEI sedang disiapkan, masyarakat tidak perlu terburu-buru melakukan pengecekan nomor IMEI
  • Apa peran Kemenperin dalam regulasi ini?
    Kemenprin memiliki perang untuk mengumpulkan data IMEI yang disamakan dengan provider/operator untuk aplikasi cek IM/EI

Cara Melakukan Pengecekan nomor IMEI Resmi

Jika ingin melakukan pengecekan IMEI Sobat dapat mengikuti beberapa langkah di bawah ini. Pengecekan nomor IMEI ini berguna untuk mengetahui apakah handphone yang digunakan itu legal atau ilegal.

  1. Sobat harus mengetahui 15 digit nomor IMEI handphone yang sobat ingin cek
    • Cara pertama bisa dicek melalui menu Setting >> About Phone (Beberapa merk lain, terlebih dahulu harus masuk ke System > About Phone). >> Pilih Status Nomor IMEI ada dibagian ini.
    • Atau Sobat bisa melakukan pengecekan nomor IMEI dengan cara memanggil *#06# Secara otomatis akan menunjukan Nomor IMEI dari handphone tersebut.
  2. Jika sudah mengetahui nomor IMEI yang ingin dicek Sobat dapat mengunjungi website Cek IMEI Resmi langsung dari kemenprin link di sini > https://imei.kemenperin.go.id/
  3. Masukan nomor IMEI dan Klik Search. Nanti akan keluar informasi apakah IMEI sudah terdapaftar atau tidak di Kementerian Perindustrian.

Jika nomor IMEI Sobat tidak terdaftar jangan panik karena sebelum 17 Agustus 2019, handphone Black Market masih dapat digunakan. Jika sudah lewat tanggal 17 sih kabarnya sudah tidak dapat digunakan di Indonesia.

Bagaimana pendapat sobat tentang regulasi ini?

Artikel Lainnya:

 

Previous

Redmi 7A VS Samsung Galaxy A10 VS Infinix Smart3 Plus, Mana yang Terbaik?

Vivo Z1 Pro VS Realme 3 Pro, Mana yang Terbaik?

Next

Tinggalkan komentar di sini

%d bloggers like this: