Inilah Tempat Parkir Sepeda Terbesar di Dunia

| |


Pernah mendengar bahwa negara Belanda memiliki populasi Sepeda lebih besar dibandingkan manusia? Ini adalah fakta yang memang benar adanya. Jika Sobat adalah penggemar olahraga Sepeda, sepertinya kalian harus masukan list Belanda menjadi negara tujuan untuk berlibur, karena negara ini sangat memfasilitasi pengguna sepeda, salah satunya menyediakan jalan khusus sepeda dan tempat parkir sepeda terbesar di dunia ada di sana.

Tepatnya di Utrecht yang berada didekat stasiun pusat. Tempat parkir sepeda tersebut mampu menampung 12.500 sepeda termasuk sepeda biasa, sepeda listrik bahkan sepeda kargo. Tempat parkir tersebut awal dibuka pada Agustu 2017 lalu dengan kapasitas penampungan 6.000 dan ditambahkan 1.000 pada bulan Oktober, dan terakhir pada 19 Agustu 2019 kembali diperluas sebesar 5.000 kapasitas, sehingga tempat tersebut kini mampu menampung sebanyak 12.500 sepeda.

image via www.smartcitiesworld.net

Tempat parkir sepeda terbesar didunia ini hadir memiliki tiga lantai yang didesign oleh Ector Hoogstad Architecten, ruang ini dikelolah oleh pemerintah Kotamadya Utrecht, ProRail dan NS (Dutch Railways) yang menjadi sarana penghubung kereta dan perjalanan sepeda.

Selain itu pihak pemerintah juga memfasilitasi pengguna sepeda dengan pembayaran khusus transportasi tersebut, alat pembayarannya disebut dengan OV-chipkaart. Dengan sistem pembayaran ini pengguna tidak perlu ribet untuk mengantri hanya untuk mengambil tiket.

Photos copyright: CU2030.nl

Selain itu terdapat “space indication system” yang akan mengarahkan pengedara sepeda ke ruang yang masih kosong, yang berguna untuk memastikan sang pengendara tidak meninggalkan sepeda sembarangan dan juga tidak meninggalkan sepeda selama lebih dari 28 hari.

Di Belanda terdapat lebih dari 22 juta sepeda, dan itu lebih besar dibandingkan jumlah penduduknya yang hanya di bawah 18 juta. Tentu ruang parkir seperti ini adalah kebutuhan penting dan merupakan wujud keseriusan negara terhadap sistem transportasi yang serius.

Perkembangan Transportasi Sepeda di Indonesia

Mengaca dari negara Belanda, seharusnya Indonesia bisa mengambil hal positif dengan menghadirkan sepeda sebagai transportasi yang ramah. Mungkin dibeberapa tempat jalur sepeda sudah mulai terlihat, namun belum banyak orang yang menggunakan sepeda sebagai  alat transportasinya, baru hanya segelintir orang atau bahkan komunitas-komunitas saja.

Masa depan transportasi sepeda memang sudah dilirik oleh pemerintah, salah satunya penetapan hari bersepedah nasional yang menjadi simbol kepedulian pemerintah terhadap perkembangan transportasi konvensional satu ini. Hal ini tentu saja menjadi angin segar sekaligus langkah positif terhadap perkembangan olahraga sepeda tanah air.

Sumber : Mashable

Baca juga:

Previous

Bocoran: Redmi 8 dan Redmi Note 8 dengan Kamera 64MP

Realme Pamerkan Handphone dengan Kamera 64MP di Jakarta

Next

Tinggalkan komentar di sini

%d bloggers like this: