Ponsel Cina Kuasai Pasar Asia Tenggara – Oppo Menjadi merek Smarpthone Nomor 1 Di Indonesia

| |


 Oppo Menjadi merek Smarpthone Nomor 1 Di Indonesia pada Q2 2019  – Laporan terbaru lembaga riset Canalys menunjukan bahwa ada 5 vendor smartphone terbesar di Indonesia pada quartal ke-2 tahun ini.

Ponsel Cina Kuasai Pasar Asia Tenggara - Oppo Menjadi merek Smarpthone Nomor 1 Di Indonesia

Dalam laporan Canalys, untuk pertama kalinya, Oppo tercatat masuk ke peringkat pertama dalam bisnis ponsel di Indonesia, artinya Oppo berhasil menyalip kedudukan dari Samsung. Oppo memiliki pangsa pasar sebesar 26 persen dengan pertumbuhan 54 persen selama setahu silam.

Sementara Samsung kali ini merosot satu peringkat ke nomor dua. Perusahaan asal Korea Selatan ini sudah ampat kuartal berturut-turut selama 2018 berada di puncak, namun kini sudah berhasil disalip oleh Oppo. Samsung memiliki pangsa pasar sebesar 24 persen, walaupun turun vendor yang dikenal dengan handphone Galaxy S dan Note-nya tersebut masih mengalami pertumbuhan sebanyak 10 persen dari tahun lalu.

Diposisi ke-tiga dan ke-empat ditempati oleh Xiaomi dan Vivo yang juga mengalami penurunan satu peringkat dari periode sebelumnya.  Xiaomi memiliki pangsa pasar 19 persen, dan mengalami penurunan pertumbuhan 9 persen dari tahun lalu. Vivo mendapatkan pangsa pasar 15 persen dan pertumbuhan yang cukup drastis yakni 62 persen dari tahun lalu.

Menariknya, Realme sub-brand dari Oppo yang menjadi pendatang baru dilini smarpthone untuk pertama kalinya menempati posisi ke-lima bisnis smartphone Indonesia yang berhasil mengantongi pangsa pasar sebesar 7 persen. Bisa saja di kuartal selanjutnya Realme naik peringkat mengingat vendor smartphone ini semakin giat meluncurkan produk barunya di tanah air.

Ponsel Cina Membanjiri Pasar Asia Tenggara

Berdasarkan laporan Canalys, pasar smarpthone Asia Tenggara tumbuh moderat pada kuartal 2 2019. Naik 2% YoY dengan 30,7 juta unit dikirmkan selama kuartal tersebut.

Ponsel Cina Kuasai Pasar Asia Tenggara - Oppo Menjadi merek Smarpthone Nomor 1 Di Indonesia

60 persen brand smartphone yang berasal dari Cina berhasil menguasai pasar Asia Tenggara, brand tersebut diantaranya Oppo, Vivo, Xiaomi, Realme dan Huawei. Dalam gambar canalys diatas Samsung masih memimpin puncak di beberapa negara kecuali di Philiphine dan Indonesia. Karena di dua negara tersebut Oppo berhasil menduduki peringkat pertama.

Laporan Counterpoint’s Market Monitor

Selain itu Pada pekan lalu Counterpoint’s Market Monitor juga merilis laporan serupa, Berbeda dari Canalys, lima vendor smartphone teratas di Indonesia selama Q2 2019 versi Counterpoint adalah Samsung (27%), Xiaomi (21%), Oppo (17%), Vivo (9%), dan Realme (8%).

 

Baca juga:

Previous

11 Emulator Game Nitendo Jadul Terbaik di Android [2019]

3 Cara Membuat Pesan Terjadwal WhatsApp Android dan iOS Dengan Mudah

Next

Tinggalkan komentar di sini

%d bloggers like this: