30 HP Huawei Siap Mendapatkan Update Android 10 dan Mate 30 Tidak Mendapatkan Akses Layanan Google

| |


35 HP Huawei Siap Mendapatkan Update Android 10  – Jika Sobat menggunakan ponsel Huawei, ada kabar baik untuk kalian. Karena lebih dari 30 model HP sudah ditetapkan akan mendapatkan upgeade ke Android 10 dalam kurun waktu satu tahun ke depan. Informasi ini disampaikan oleh Presiden Pengembangan Software Chenglu Wang di Huawei Blog. Ia mengungkapkan Huawei saat ini merencanakan pembaharuan Android 10 yang berbalut antara muka EMUI 10 untuk 35 smartphone.

HP pertama yang akan mendapatkan Android 10 adalah Huawei P30 dan P30 Pro yang akan diluncurkan pada November tahun ini. Selanjutnya di bulan Desember Huawei Mate 20, MAte 20 Pro dan Mate 20 RS Porsche Design akan mendapatkanya.

EMUI 10 juga akan dikirimkan untuk sub-brand Huawei yaitu Honor. Ponsel yang mendapatkannya diantaranya Honor 20, Honor 20 Pro dan Honor View 20.

Jadwal Pembaharuan Android 10 Huawei
Jadwal Pembaharuan Android 10 Huawei – image via selular.id

Di tahun 2020, update pembaharuan OS Android 10 Huawei baru akan bergulis di bulan Maret, ponsel yang mendapatkannya adalah Huawei P30 Lite, P20, P20 Pro, Mate 10, Mate 10 Pro dan Mate 10 Porsche Design.

Selain itu 15 model lainnya baru akan mendapatkan Android 10 paling lambat pada akhir Juni 2020. Namun sampai saat ini belum ada bocoran terkait fitur yang ada pada EMUI 10. Kabarnya OS terbaru tersebut baru akan diluncurkan di bulan ini bersamaan dengan peluncuran Huawei Mate 30.

Huawei Mate Tidak Mendapatkan Akses ke layanan Google

Berita dari sumber Lifehacker melaporkan bahwa HUawei tidak dapat menggunakan Android pada seri Mate 30 yang akan diluncurkan mendatang. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh juru bicara Google yang mengatakan mereka harus mematuhi sanksi administrasi Trump yang diberikan kepada Huawei. Google tidak dapat menawarkan layanannya kepada Huawei untuk peluncuran perangkat baru tanpa izin sebelumnya dari pemerintah.

Pada ajang IFA 2019 yang sudah berlangsung, Huawei juga menegaskan bahwa hal tersebut memang benar. Pihak perusahaan tidak dapat lagi menggunakan aplikasi dan layanan Google karena sanksi yang diberikan kepada perusahaan yaitu dilarang melakukan bisnis dengan perusahaan yang berbasis di AS>

Dr Wang Chenglu, presiden perangkat lunak konsumen Huawei mengatakan, perusahaan sedang mengembangkan alternatif untuk aplikasi dan layanan Google, termasuk navigasi GPS. Meskipun mengalami kemunduran, seri Mate 30 mendatang masih akan hadir dengan Android out-of-the-box karena Android adalah sistem open-source. Ini berarti bahwa OS Harmony milik Huawei yang ditunggu-tunggu tidak akan muncul pada seri Mate 30.

Berdasarkan sumber, Huawei akan meluncurkan seri Mate 30 pada 19 September di Munich, Jerman. Jadi kita harus menunggu peluncuran resmi terkait HP tersebut untuk benar-benar mengetahui apa yang akan dibawa oleh Mate 30 tersebut.

Sumber : mspoweruser

Baca juga:

Previous

Apple Watch Series 5 Hadir dengan Always-On Retina display Dan Beberapa Fitur Baru yang Canggih

Telkom Jalin Kerja Sama Strategis dengan Shopee

Next

Tinggalkan komentar di sini

%d bloggers like this: