Android 10 – Fitur-fitur Terbaru yang Dimiliki

| |


Tepat tanggal 3 September lalu, Google secara resmi merilis versi stabil dari Android 10 setelah melewati masa beta. Versi terbaru ini adalah Peningkatan dari Android 9 Pie. Kali ini Google tidak memberikan nama makanan penutup seperti pada versi sebelumnya hanya menggunakan penomoran saja, selain itu pada saat menginstal perusahaan ini juga meluncurkan logo baru dan branding baru. Pasti ada maksud dari semua ini ya.

Saya sendiri sebagai pengguna Android, logo atau penamaan nomor satu yang akan saya lirik, yang terpenting adalah fitur-fitur baru dan penginkatan apa saja yang membuat kita mejadi lebih banyak penasaran.

Disini saya akan mencoba merangkum apa saja fitur baru yang dibawa oleh Android 10. Primal penamaan dan logo baru AndroidPonsel telah mengulasnya beberapa waktu yang lalu, jadi mari kita fokus ke apa saja yag ditawarkan oleh sistem operasi robot terbaru ini.

Fitur apa yang ditawarkan?

Tahun lalu, Google memfokuskan OS Android Pie pada teknologi kecerdasan buatan dan integrasi dengan Google Asistent. Kini Di di Android versi terbaru pihak perusahaan memfokuskan pengembangan untuk keamanan dan privasi.

Tapi bukan berarti Android 10 datang tanpa pembaharuan fitur yang penting. Tentu saja OS terbaru ini hadir membawa fitur dan perubahan yang tidak ada pada versi sebelumnya. Untuk itu saya akan mengulas fitur-fitur tersebut.

Menghadirkan sistem mode gelap yang mudah

Fitur ini adalah permintaan sebagian besar pengguna OS Android. Dan pada versi 10 ini, pihak Android sudah menghadirkan fitur yang sangat penting. Mengapa penting?

Karena dengan adanya mode malam ata mode gelap, Jika diaktifkan akan membantu untuk menghemat konsumsi baterai, selain itu juga akan sangat membantu mengurangi penegangan mata pengguna ketika membaca di perangkat pada malam hari atau dikondisi dalam ruangan yang tak bercahaya.

Untuk mengaktifkan mode gelap pada versi 10 ini, pengguna hanya perlu masuk ke pengaturan (pengaturan) dan mengaktifkannya.

Fitur Balas Pesan Pintar

Di Android 10, fitur menjawab pintar yang hanya berfungsi untuk aplikasi milik Google seperti gmail, kini dapat digunakan untuk semua aplikasi pesan instan.

Dengan adanya fitur ini pengguna akan mendapatkan saran kompilasi ada pesan yang masuk.

Perubahan pada menu Berbagi

Wakil Presiden Rekayasa Android menerima menu Berbagi pada Adroid sebelumnya sangat buruk. Namun di Android 10 saya berbagi sudha mendapatkan perubahan besar jadi lebih cepat dan efisien.

Hadir dengan kontrol navigasi baru beberapa

Love ’em or hate’ em, kontrol navigasi gesture pada smartphone akan tetap ada selain itu ada beberapa penyesuaian untuk smartphone dengan tampilan yang lebih besar.

Izin Aplikasi Yang Lebih Baik

Ini adalah salah satu fitur yang dibuat untuk memperketat privasi penggunanya. Jika Sobat pernah memberikan izin aplikasi untuk mengakses data lokasi. aplikasi akan mendapatkan izin selamanya. Tapi di Android 10, pengguna dapat memberikan izin aplikasi yang sedang berjalan saja. Selain itu terdapat pengaturan Android yang akan memberikan pengguna untuk mengkontrol secara mudah.

Kapan Ponsel Mendapatkan pembaharuan Android 10?

Sekarang ini, Android 10 baru diluncurkan untuk perangkat Google Pixel yaitu, Pixel 3a dan Pixel 3a XL. Selanjutnya dalam beberapa bulan kedepan Android One akan lebih dahulu mendapatkan pembaharuan. Menurut sumber diakhir tahun beberapa perangkat yang ikut berpartisipasi dalam program Beta akan mendapatkan pembaharuan di akhir tahun, perangkat tersebut adalah OnePlus, LG, Huawei dan Lainnya.

Sudah tidak sabar ya mau mencoba OS Android 10 ini? Sabar ya 😀

 

Previous

Sony Xperia 5 – Spesifikasi dan Fitur Lengkap

Nokia 7.2 dan Nokia 6.2 – Spesifikasi dan Perbedaannya

Next

Tinggalkan komentar di sini