Oneplus 7T Hadir dengan Display Fluid AMOLED 90Hz, Snapdragon 855 Plus dan RAM 8GB

| | ,

Oneplus akhirnya secara resmi memperkenalkan varian baru dari Oneplus 7 yakni Oneplus 7T. Versi ini hadir dengan spesifikasi ditengah-tengah antara Oneplus 7 dan Oneplus 7 Pro yang sudah lebih dahulu diluncurkan. Lantas apa saja spesifikasi yang didapatkan pada smartphone ini? Mari kita korek bersama!

Oneplus 7T

Oneplus 7T hadir dengan tampilan depan biasa saja, seperti kebanyakan smartphone kekinian lainnya yaitu hadir dengan takik waterdrop sebagai “rumah” kamera depan. Tapi penggunaan teknologi layar patut diacungi jempol, karena sudah menggunakan “Fluid AMOLED” 90Hz dengan resolusi 1080 x 2400 pixel, dengan rasio 20:9. Selain itu layarnya sudah medapatkan dukungan HDR10+ dan DCI-P3 100%. Untuk perlindungan layar ponsel ini dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass, namun untuk versinya saya belum mendapatkan informasi secara pasti.

Yang perlu diketahui, OnePlus 7T hadir tanpa adanya lengkungan pada tepi layar, ini bukan kabar buruk, karena layar melengkung hanya masalah estetika saja tidak ada banyak manfaat dari lengkungan tersebut. Tapi itu selera masing-masing ya 😀

Beralih kebagian belakang smartphone, kita akan menjumpai tiga sensor kamera yang disematkan pada bagian atas dengan posisi berada di tengah, kamera tersebut tersusun horizontal yang dikelilingi dengan lingkaran, selain itu kamera juga dilengkapi dengan LED Flash.

Pada bagian belakang Oneplus 7T sudah terbuat dari bahan kaca 3D Gorilla Glass, yang sepertinya versi yang digunakan sama dengan yang digunakan pada bagian depan.

Dukungan Tiga Kamera dengan Sensor 48MP

Oneplus 7T
Kamera Oneplus 7T (image credit www.thenextweb.com)

Beralih kebagian kamera utama, terdapat tiga sensor yang disematkan pada smartphone, artinya perangkat mendapatkan peningkatan kamera yang cukup signifikan dari versi Oneplus 7. Konfigurasinya antara lain; 48MP hadir dengan sensor Sony IMX586 dengan aperture f/1.7 yang sudah dibekali dengan OIS, 12MP dengan sensor berkemampuan 2x optical zoom (sebagai perbandingan pada versi Pro hadir dengan 3x Optical Zoom), Dan sensor 16MP ultrawide dengan bidang pandang 117 °. Fitur kamera yang hadir pada 7T ini diantaranya adalah Nightscape dan juga mode gerak lambat 960fps pada 720p.

Sementara untuk kamera depannya, hadir dengan sensor sebesar 16 MP berbukaan f/2.0 lensa wide dengan dukungan gyro-EIS.

Baca juga: Oppo Reno2 Hadir dengan Empat Kamera 20x Zoom

Performa Gahar Snapdragon 855 Plus

OnePlus 7T hadir dengan peningkatan chip prosesor karena sudah menggunakan Snapdragon 855+, ini menjadi nilai plus karena akan mampu melibas game-game epic dan menawarkan tampilan layar dengan dukungan 90Hz, sehingga akan menjadi lebih menarik ketika digunakan untuk bermain gim.

Prosesor tersebut disandingkan dengan RAM 8GB ( mendapatkan peningkatan dari Oneplus 7 yang hanya dibekali RAM 6GB). Untuk penyimpanan internalnya hadir dengan dua pilihan yaitu 128 GB atau 256 GB dengan tipe UFS 3.0 yang menawarkan kecepatan baca tulis yang lebih tinggi. Sayangnya smartphone ini tidak dilengkapi dengan slot memori external, jadi disarankan untuk memilih varian penyimpanan yang lebih tinggi.

OnePlus 7T adalah smartphone pertama hadir di pasar ponsel yang sudah berjalan dengan OS Android versi 10 terbaru. Selain itu ponsel mendapatkan kapasitas baterai sebesar 3800 mAh yang sudah didukung dengan teknologi pengisian cepat berdaya 30W.

Berikut adalah hasil test kekuatan baterai yang dilakukan oleh GSMArena.

Dari gambar diatas, Sobat dapat melihat hasil uji coba baterai yang dilakukan oleh GSMArena, test tersebut menggunakan dua mode display 60Hz dan 90Hz. Hasilnya pada mode 60Hz mampu bertahan lebih lama ketimbang menggunakan mode 90Hz.

Baca juga: Resmi Samsung Galaxy A90 5G Dengan Snapdragon 855 dan Kamera 48MP

Harga dan Ketersediaan

OnePlus 7T akan diluncurkan terlebih dahulu di India, penjualannya akan dimulai pada 28 September 2019. Harganya akan berkisar di INR 38.000 (Rp. 7,5 jutaan) untuk penyimpanan 128GB dan INR 40.000 untuk opsi 256GB (Rp 8 jutaan) dengan pilihan warna Frosted Silver dan Glacier Blue. Kabarnya akan tiba di AS pada 18 Oktober dikisaran harga $600. Belum ada informasi apakah Indonesia akan kedatangan smartphone ini secara resmi atau tidak. Tapi biasanya di market place ada saja yang menjualnya walaupun harganya bisa lebih mahal dari pada hadir secara resmi.

Kelebihan OnePlus 7T

  • 3 Sensor Kamera Mumpuni
  • Layar berteknologi Fluid AMOLED, HDR10+ dan DCI-P3 100%
  • Mendapatkan Chip Snapdragon 855+
  • RAM 8GB
  • Pengisian Cepat 30W
  • Harga relatif murah dibandingkan dengan pesaing dikelasnya
  • Dilapisi Corning Gorilla Glass di bagian depan dan belakang.

Kekurangan OnePlus 7T

  • Tidak dibekali slot microSD/memori eksternal
  • Kapasitas baterai masih terbilang kecil walaupun sudah dilakukan uji dengan hasil yang terbilang bagus.
Previous

Resmi! Samsung Galaxy A30s Hadir dengan Teknologi NFC dan Triple Kamera

TelkomGroup Dukung Pembangunan Infrastruktur di Ibukota Baru Indonesia

Next

Tinggalkan komentar di sini