Realme XT – Spesifikasi, Harga dan Ketersediaan

| | ,


Realme XT – Spesifikasi, Harga dan Ketersediaan – Realme menjadi brand smartphone baru yang melesat cepat, bahkan beberapa waktu lalu kami memberitakan Top 5 smartphone yang paling popular di Indonesia bahkan Asia tenggara, dan Relame masuk ke dalam daftar tersebut. Pada tanggal 19 September 2019 mendatang Realme siap menghadirkan Realme 5 Series di Indonesia, ponsel hadir dengan sensor kamera 48M yang siap menjadi pesaing beberapa brand smartphone yang sudah lebih dahulu hadir di tanah air.

Belum hadir secara resmi, Produk terbarunya yakni Realme XT sudah resmi diluncurkan di negara India. ini adalah smartphone yang “dipersenjatai” dengan kamera bersensor 64MP dari SAMSUNG ISOCELL GW1 yang juga digunakan oleh smartphone Redmi Note 8 Pro yang sudah diluncurkan di Cina.

Berkaca pada Realme 5 Series yang sebentar lagi hampir tiba di tanah air, sepertinya tak perlu menunggu waktu lama untuk kedatangan Realme XT di Indonesia. Tapi sebelum kedatangan ponsel tersebut, saya akan share beberapa spesifikasi yang dihadirkan pihak perusahaan di negara India, yang kemungkinan juga akan sama dengan versi di negara lainnya termasuk Indonesia.

Realme XT - Spesifikasi, Harga dan Ketersediaan
via realme.com

Spesifikasi Realme XT Hadir dengan layar Super AMOLED

Realme XT hadir dengan display layar sentuh berteknologi Super AMOLED dengan ukuran 6,4 inci yang menghasilkan resolusi sebesar 2340 x 1080 pixel. Tampilan muka hadir dengan model kekinian dengan takik berbentuk tetesan air yang menjadi tempat kamera depannya disematkan. Tampilan ini sama dengan yang digunakan oleh Realme 5 series.

Pada bagian layar disematkan pemindai sidik jari yang diklaim memiliki respon yang cepat untuk dapat membuka smartphone dengan mudah. Selain itu pada bagian layar mendapatkan perlindungan layar menggunakan Corning Gorilla Glass 5. Bagian bezel atas akan terlihat lebih tipis dibandingkan bezel bawah yang lebih tebal.

Beralih kebagian belakang terlihat pola yang menampilkan corak yang mempercantik tampilan dari smartphone tersebut, selain itu bagian belakang sudah dilapisi dengan kaca yang menambahkan tampilan elegan dari HP tersebut. Pada bagian belakang terdapat empat sensor kamera yang tersusun secara vertikal yang berada pada bagian kiri atas, yang dilengkapi dengan LED flash. Jika kalian lihat pada bagian kamera paling atas, Realme menyematkan lingkarang berwarna kuning dan pada bagian bawahnya terdapat tulisan 64 MP.

Quad Camera bersensor utama 64 MP

Realme XT - Spesifikasi, Harga dan Ketersediaan
via realme.com

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, Spesifikasi kamera Realme XT hadir dengan Empat sensor pada bagian belakang dengan konfigurasi sensor antara lain; 64MP sebagai sensor Wide utama, 8MP adalah sensor ultrawide, 2MP sebagai sensor macro dan 2 MP sebagai sensor kedalaman.

Sensor 64MP menggunakan SAMSUNG ISOCELL GW1 yang juga digunakan pada Redmi Note 8 Pro. Sepertinya ini akan menjadi menarik jika saya bisa membandingkan kedua ponsel tersebut, semoga saja ada kesempatan untuk dapat membandingkannya dilain waktu.

Selain kamera utama yang mendapatkan spek yang cukup mumpuni, Realme XT juga membawa kamera depan dengan sensor yang bisa dibilang OK. Karena menggunakan sensor sebesar 16MP dari SONY IMX471.

Kamera pada Realme XT membawa fitur yang bernama Chroma Boost dan Nightscape. Chroma Boost berfungsi untuk menghasilkan foto lebih hidup dan detail. Foto akan terlihat kaya warna, karena mode ini akan meningkatkan saturasi warna objek.

Selanjutnya fitur Nightscape dapat berfungsi sebagai pendukung ketika pengguna ingin mengambil gambar di malam hari atau di kondisi dengan cahaya yang rendag. Fitur ini biasa disebut dengan nama mode malam, akan mampu mengontrol kinerja eksposur bagian yang disorot untuk menyajikan detail yang lebih tinggi dan meningkatkan bagian yang redup serta mengurangi noise pada gambar.

Performa yang Disuguhkan

Beralih kebagian dalam dari Realme XT, HP ini dibekali dengan chip prosesor yang sama dengan Realme 5 Pro yaitu Snapdragon 712. Walaupun memiliki kesamaan tentunya ada beberapa perbedaan dari kedua ponsel tersebut diantaranya ada pada kameranya. Ulasan lengkap dari perbedaan dari kedua ponsel tersebut mungkin saya akan bahas di waktu yang akan datang.

Realme menjanjikan peningkatan chipset Snapdragon 712 10% dibandingkan dengan Realme 3 Pro dan X yang didukung S710. Smarpthone ini hadir dalam tiga konfigurasi memori yakni 4 / 64GB, 6 / 64GB dan 8 / 128GB yang menggunakan penyimpanan UFS 2.1, artinya ini akan menjadi lebih cepat daripada menggunakan tipe eMMC termasuk dalam hal mempercepat waktu load aplikasi dan game. Jika pengguna masih memerlukan penyimpanan yang lebih besar, ponsel ini juga dilengkapi dengan slot microSD khusus yang kompetibel sampai dengan 256 GB atau lebih tinggi.

Berdasarkan sumber dari lama gsmarena yang sudah melakukan pengetesan dengan menjalankan uji GeekBench (multi-core) menunjukan hasil bahwa Realme XT berhasil memiliki nilai yang lebih baik dari Realme X dan Realme 5 Pro. Walaupun demikian belum bisa melampaui Xiaomi Mi 9T yang masih berada dipuncak pengujian tersebut.

realme xt
via gsmarena.com

Sementara dalam uji Geekbench single-core. Realme XT mendapatkan hasil yang lebih baik,walaupun masih belum dapat melewati Xiaomi MI 9 SE dan Mi 9T.

realme xt
via gsmarena.com

 

Kapasitas Baterai 4000 mAh dengan VOOC 3.0 20W

Realme XT hadir dengan menjalankan OS Color 6 terbaru dari Oppo dengan basis Android 9.0 Pie. Ponsel ini hadir dibekali dengan kapasitas baterai sebesar 4000 mAh, kapasitas ini sama dengan yang didapatkan oleh Realme 5 Pro. Selain itu terdapat dukungan pengisian cepat VOOC 3.0 berdaya 20W, pengisiannya menggunakan kabel USB-C. Dengan menggunakan teknologi tersebut, Realme X dapat melakukan pengisian ulang sampai dengan 50% hanya dalam waktu 30 menit. Sedangkan untuk sampai penuh memerlukan waktu 80 sampai 90 menit.

Realme XT - Spesifikasi, Harga dan Ketersediaan
via realme.com

Ponsel ini juga mendukung Always-On yang bisa disetting agar dapat berfungsi dikala siang saja. Menggunakan fitur ini ponsel akan seecara otomatis menampilkan jam dan tanggal ketika tidak digunakan. Selain itu penggunaan fitur ini dapat menghemat penggunaan masa pakai ponsel.

Realme XT - Spesifikasi, Harga dan Ketersediaan
via realme.com

Spesifikasi Lengkap Realme XT

  • Body: Gorilla Glass 5 depan dan belakang, bingkai terbuat dari plastik
  • Layar: 6,4 inci AMOLED, 19,5: 9, 1080p +, 402ppi
  • Kamera belakang: Sensor Samsung ISOCELL 64MP Primer Bright GW1 Quad Bayer 1 / 1.72 “, lensa 0.8μm, f / 1.8; 119 ° kamera 8MP sudut ultra lebar; kamera makro 2MP; sensor kedalaman 2MP; lampu kilat LED, flash, rekaman video 2160p @ 30fps , EIS
  • Kamera depan: sensor 16MP 1/3 “, lensa 1.0μm, f / 2.0; video 1080p, EIS
  • Chipset: Snapdragon 712: CPU octa-core (Kryo 360 Gold 2×2.2 GHz & Kryo 360 Silver 6×1.7 GHz), GPU Adreno 616
  • Memori dan RAM: 4/6 / 8GB RAM, 64 / 128GB UFS 2.1 penyimpanan; slot microSD khusus untuk ekspansi hingga 256GB
  • OS: Android 9.0; Warna OS 6.0 Realme Edition di atas
  • Baterai: 4,000mAh, 20W VOOC 3.0 charging
  • Konektivitas: Dual SIM (4G), Bluetooth 5.0, Wi-Fi a / b / g / n, USB-C
  • Warna: Putih Mutiara, Biru Mutiara
  • Fitur-lain: Pembaca sidik jari optik di bawah tampilan

Kelebihan Realme X

  • Desain perlindungan dari Dual Gorilla Glass 5 bagian depan dan belakang
  • Layar sudah menggunakan Teknologi Super AMOLED
  • Performa dapat diandalkan
  • Daya tahan baterai luar biasa dan pengisian cepat
  • 64MP mengambil gambar 16MP berkualitas tinggi siang dan malam
  • Slot microSD khusus,

Kekurangan Realme X

  • EIS hanya tersedia di 1080 @ 30fps
  • Belum dilengkapi dengan Teknologi NFC
  • Belum memiliki sertifikasi ketahanan terhadap air dan debu

Harga dan Kapan Tersedia di Indonesia?

Bicara soal harga, saya baru bisa memberikan informasi soal harga Realme XT di negara India. Karena belum ada informasi kapan ponsel ini akan tersedia di tanah air. Tapi berkaca dari realme 5 Pro, ada kemungkinan di bulan mendatang ponsel akan mungkin hadir di Indonesia.

Realme India akan memasarkan Realme XT eksklusif die-commerce Flipkart pada 16 September mendatang dengan harga mulai 15.999 rupee atau sekitar Rp3,1 jutaan. Harga ini belum tentu sama jika sudah hadir secara resmi di tanah air. Tapi berharap saja akan hadir lebih murah di sini ya 😀

Baca juga:

Previous

Vivo v17 Pro – Spesifikasi, Harga dan Ketersediaan

Realme XT vs Redmi Note 8 Pro – Perbandingan Dua HP Berkamera 64MP Mana yang Terbaik?

Next

Tinggalkan komentar di sini