Samsung Galaxy M30s Mendapatkan Peningkatan Kamera, Performa dan Kapasitas Baterai

| | ,


Samsung Galaxy M30 vs – Galaxy M30s – Pada bulan Juni 2019 lalu, kami pernah memberitakan terkait rumor keberadaan penerus dari Galaxy M30 yakni M30s, dan kini smartphone tersebut sudah secara resmi melenggang di pasar ponsel India. Tak heran India selalu menjadi yang pertama mendapatkan ponsel baru dari Samsung, karena di negara tersebut Samsung mendapatkan sambutan yang baik dan pihak perusahaan sudah meraup sekitar $1 miliar melalui penjualan online di tahun ini.

Lantas apakah Samsung akan menghadirkan Galaxy M30s ke Indonesia? Tentu saja harapan kami ponsel ini akan hadir di tanah air, terlebih pihak perusahaan sudah menghadirkan Galaxy A50s dan Galaxy A10s di pasar kita saat ini. Sebelum semua benar-benar menjadi nyata, ada baiknya kita korek spesifikasi dari M30s tersebut, apa saja pengingkatan yang ada pada ponsel baru itu. Sebelum membaca ulasannya, sebaiknya Sobat membuat segelas kopi untuk menemani kegabutan disaat membaca ya :D.

Perbandingan Galaxy M30 vs Galaxy M30s

Galaxy M30 vs m30s

Jika kita membandingkan keduanya dari tampilan depan, tampak tidak ada perubahan dari versi terdahulunya. Galaxy M30s masih menggunakan takik berbentuk tetesan air (Infinnity U) sebagai tempat kamera depan diletakan. Ponsel masih mengusung layar penuh dengan bezel lebih tebal dibagian bawah.

Layarnya masih menggunakan teknologi Super AMOLED dengan ukuran 6,4 inci walaupun demikian resolusi layar mengalami peningkatan menjadi 1080 x 2400 pixel dan hadir dengan rasio aspek 20:9 dengan kerapatan kurang lebih 411 ppi.

Sayangnya kami belum mendapatkan informasi prihal perlindungan layar apa yang digunakan, apakah menggunakan Corning Gorilla Glass atau tidak, yang jelas layar dari ponsel sepertinya sudah mendapatkan perlindungan khusus.

Beralih kebagian belakang, kita masih akan melihat terdapat tiga sensor kamera yang ada pada sisi atas kanan smartphone yang disusun secara vertikal, LED flash berpindah di sisi kamera, pada M30 LED flash diletakan di bagian bawah setelah kamera. Selain itu kita masih akan mendapati sensor pemindai sidik jari di bagian belakang.

Triple Kamera dengan Sensor 48MP

Sobat akan tercenang dengan peningkatan kamera yang diberikan pada M30s, karena pada smartphone ini sudah mendapatkan sensor sebesar 48MP sebagai lensa Wide, selain itu ada sensor 8MP sebagai lensa ultra-wide dan 5MP sebagai sensor kedalam. Peningkatan ini cukup signifikan karena pada M30 hanya dibekali dengan sensor terbesar 13MP. Selain itu kamera utama sudah dibekali dengan gyro-EIS.

Untuk kamera depan Galaxy M30s masih sama, yaitu menggunakan sensor yang sama yaitu sebesar 16MP berbukaan f/2.0.

Mendapatkan Peningkatan Performa

Selain mendapatkan peningkatan dari sisi kamera, Galaxy M30s juga mendapatkan peningkatan dari sektor “jeroan”. Ponsel ini hadir dengan dukungan prosesor Exynos 9611 dengan teknologi pemrosesan 10 nm. Chip ini dilengkapi dengan empat core Cortex A73 dengan clock hingga 2.3 GHz bersama empat Cortex A53 yang bekerja pada kecepatan 1.7GHz. Tentunya kinerjanya menjadi lebih baik dibandingkan dengan Galaxy M30 terdahulu.

Selain itu prosesor disandingkan dengan varian RAM dan penyimpanan diantaranya RAM 4GB dengan penyimpanan internal 64GB, dan RAM 6GB mendapatkan ROM 128GB. Penyimpanan internal tersebut menggunakan tipe UFS 2.1 yang menjadikannya lebih cepat dalam memproses data. Jika dirasa masih memerlukan penyimpanan, ponsel ini juga dilengkapi dengan slot microSD.

Untuk menunjang kestabilan dalam pengoprasian, Ponsel M30s berjalan dengan OS Android 9.0 Pie yang dibalut dengan antaramuka One UI 1.5. Selain itu dari sisi kapasitas baterai M30s mendapatkan peningkatan dengan dibekali dengan kapasitas sebesar 6000 mAh dan sudah mendukung pengisian cepat berdaya 15W.

Fitur lain yang ada pada smartphone ini termasuk dukungan SIM ganda, jack headphone 3,5 mm, radio FM dan Dolby Atmos. Sayangnya kami belum melihat adanya fitur NFC, semoga saja ketika datang ke Indonesia Samsung sudah melengkapinya dengan dukungan NFC.

Harga dan Ketersediaan

Untuk saat ini Samsung Galaxy M30 baru tersedia di negara India, tentu saja kami sangat berharap akan kehadiran ponsel ini ke tanah air. Sebagai pembanding kita akan menggunakan harga di negara India;

Samsung galaxy M30s di India dijual dikisaran harga Rp. 2,7 jutaan untuk RAM 4GB. dan Rp 3,3 jutaan untuk RAM 6GB. Untuk galaxy M30 di Indonesia dijual dikisaran harga Rp. 3.399.000. Jika sudah resmi di Indonesia semoga saja harganya tidak terlalu jauh berbeda.

Kelebihan Galaxy M30s

  • Layar Luas
  • Layar Super AMOLED
  • Baterai 6000mAh sudah dibekali pengisian cepat
  • Quad Camera 64MP
  • Slot microSD terpisah dari Slot SIM
  • Dolby Atmos

Kekurangan Galaxy M30s

  • Belum adanya Fitur NFC
  • Dukungan pengisian cepat hanya berdaya 15W

Baca juga:

Previous

Dukung Digitalisasi Indonesia, IndiHome Kini Hadir di Pulau Rote

Huawei Mate 30 Series Smarpthone dengan Empat Kamera Leica dan Kirin 990

Next

Tinggalkan komentar di sini