Inilah Fitur Live Caption di Android 10

| |

Android 10 sudah secara resmi dirilis, sebagai pengguna Android tentu kita sangat berharap perangkat yang kita gunakan dapat segera mendapatkan Android terbaru tersebut, dan kita juga harus siap berkecil hati jika ponsel yang digunakan sudah tidak mendapatkan upgrade ke versi terbaru. Jika demikian jalan satu-satunya adalah… Bisa kalian tambahkan sendiri ya 😀

Bicara soal Android 10, ada salah satu fitur yang bisa dibilang paling dinanti diantara fitur yang lainnya. Fitur tersebut bernama Live Caption. Ini adalah fitur yang sudah didukung teknologi kecerdasan buatan yang mampu memberikan teks / caption untuk video offline/lokal dan website secara otomatis. Bahkan kerennya fitur ini bekerja tidak memerlukan koneksi internet.

Sejak peluncuran Android 10 sampai sekarang pasti banyak yang penasaran dengan fitur Live Caption, karena kabarnya fitur ini baru akan dirilis saat Pixel 4 Series sudah resmi diluncurkan. Karena ponsel yang pertama mendapatkan Android 10 yaitu OnePlus 7 belum mendapatkan fitur Live Caption.

Untungnya XDA-Developers telah memperoleh aplikasi “Device Personalization Services” Pixel 4 dan men-tweak’nya untuk dapat menjalankan Live Caption pada Pixel 2XL. Hal inilah yang mengungkap bahwa fitur tersebut juga memiliki kemampuan menyensor kata-kata kotor. Bahkan pengguna dapat memindahkan caption dengan cara menahan dan menggesernya. Selain itu pada halaman setup memberikan informasi bahwa untuk musik tidak sepenuhnya didukung. Untuk detailnya kalian bisa melihat tampilan dari pengaturan dari fitur Live Caption di bawah ini.

Live Caption Android 10

XDA juga berhasil melakukan pengujian fitur ini langsung di halaman youtube, Amazon Prime Video dan Foto Google, Google Podcasts, dan Netflix yang dapat berfungsi dalam mode portrait dan landscape. Di bawah ini adalah tangkapan layar pada Amazone Prime Video dalam mode landscape.

Menurut laporan fitur Live Caption masih memiliki keterbatasan, yaitu tidak dapat berfungsi dalam panggilan telepon / VoIP / video, ini dikarekakan adanya keterbatasan dari Google API. Tapi tentu saja ini akan berbeda jika sudah dirilis secara resmi.

Bagaimana menurut sobat apakah fitur ini penting? Silahkan berikan tanggapannya di laman komentar di bawah ini ya.

Sumber : 1 & 2

Baca juga:

Previous

Google meluncurkan kampanye #SwitchtoPixel menjelang Peluncuran Pixel 4 Series

Render Google Pixel 4 Apakah ini Tampilan Resminya?

Next

Tinggalkan komentar di sini