Inilah Kelebihan dan Kekurangan Realme XT

| | ,

Seperti yang sudah kita ketahui, Realme XT sudah secara resmi hadir di Indonesia. Keberadaan smartphone ini langsung berhadapan dengan ponsel Redmi Note 8 Pro yang juga sama-sama hadir dengan kamera 64MP. Tapi sayangnya jika dibandingkan tentu tidak akan adil karena Redmi Note 8 Pro hadir dengan chipset yang lebih kuat, yang mungkin akan sepadan adalah jika Note 8 Pro dibandingkan dengan Realme X2 yang mendapatkan dukungan Snapdragon 730G. Sayangnya kita tidak membahas kearah sana karena pada halaman ini kami akan membahas kelebihan dan kekurangan Realme XT.

Baca : Realme XT vs Redmi Note 8 Pro – Perbandingan Dua HP Berkamera 64MP Mana yang Terbaik?

Kembali lagi ke Realme XT, apa saja sih kelebihan dan kekurangan dari smartphone ini? Untuk itu kami akan mengoreknya di halaman ini!

Kelebihan dan Kekurangan Realme XT
Tampilan depan Realme XT (image credit www.yugatech.com)

Dibekali dengan Teknologi Panel AMOLED

Bicara soal desain, salah satu kelebihan Relame XT adalah sudah dibekali dengan teknolgi layar Super AMOLED berukuran 6,53 inci yang menghasilkan resolusi sebesar 1080 x 2340 piksel dengan kerapatan 402 ppi. Bagian layar sudah mendapatkan perlindungan dari Corning Gorilla Glass 5, bahkan tidak hanya bagian depan yang mendapatkan perlindungan, bagian belakang juga mendapatkan hal yang sama sehingga lebih aman dari goresan. Selain itu pada bagian display ini sudah disematkan sensor pemindai sidik jari dengan optik yang cepat dan akurat.

Pada bagian belakang, akan disuguhkan dengan nampaknya Realme sangat mementikan estetika, desain warna Pearl White sangat mengesankan, ketika terkena cahaya akan menghasilkan pantulan yang membentuk warna cantik, biasa dibilang seperti pelangi.

Kelebihan dan Kekurangan Realme XT
Realme XT bagian belakang (image credit www.bgr.in)

Kamera Bersensor 64MP ISOCELL Bright GW1

Kelebihan yang sangat kuat hadir di Realme XT ada pada kamera utamanya. Realme XT hadir dengan empat sensor kamera utama dengan sensor terbesar adalah 64MP menggunakan ISOCELL Bright GW1 dari Samsung. Sensor lainnya terdapat 8MP lensa ultrawide dengan bukaan f/2.3 , 2MP lensa makro berbukaan f/2.4 dan lensa kedalaman 2MP berbukaan f/2.4.

Dari konfigurasi kamera ini, menghasilkan kualitas gambar yang bagus yang tentu saja sangat cocok untuk Sobat yang mempunyai jiwa fotografi dimanapun dan kapanpun. Selain itu berdasarkan hasil ujicoba yang dilakukan gsmarena, mereka memberikan nilai yang bagus untuk hasil kamera Relame XT tersebut.

Tak hanya bagian kamera utamanya saja yang hadir dengan konfigurasi yang ciamik. Kamera depan juga dibekali dengan sensor yang cukup mumpuni berbekal Sensor Sony IMX471 sebesar 16MP. Penggunaan sensor ini sama seperti pada ponsel OnePlus 7, untuk hasilnya tentu saja akan menghadirkan kualitas gambar yang sangat detail terlebih lagi sudah mendapatkan dukungan teknologi AI.

Hasil Kamera Realme 64MP
Hasil Kamera Realme 64MP ( image credit www.gsmarena.com)
Foto Realme XT 16MP dengan Chroma Boost (image credit www.gsmarena.com)

Dibekali dengan Chipset Berperforma Tinggi

Ralme XT hadir dengan dukungan chipset Snapdragon 712, prosesor ini adalah penerus dari SD710 yang digunakan pada Realme X yang tentu saja memiliki performa yang lebih baik dan mendapatkan beberapa peningkatan diberbagai sektor. Namun urusan GPU tidak ada peningkatan alias masih menggunakan Adreno 616 yang sama seperti pada SD710.

image credit techthelead.com

Dukungan performa akan menjadi lebih terasa jika Sobat memiliki perangkat yang memiliki varian RAM 8GB. Tentu saja dengan dukungan itu, penggunaan smartphone untuk kegiatan multitasking akan semakin lancar. Bahkan berdasarkan test dari gadgetsndtv menunjukan bahwa ponsel ini mampu menjalankan game PUBG dengan grafik tertinggi dengan lancar. Dalam test yang dilakukan dalam bermain game, bagian belakang ponsel menjadi sedikit hangat tapi tidak terlalu panas, selain itu dalam bermain game selama 30 menit penuh, tercatat mengalami penurunan baterai sebesar lima persen.

Berdasarkan test benchmark yang dilakukan menghasilkan 7836 poin di PCMark Work dan 28.612 di 3DMark Ice Strom Unlimited. Kualitas suara hadir dengan dukungan Dolby Atmos.

Dukungan Kapasitas Baterai yang Cukup Besar

Kelebihan Realme XT lain yaitu hadir dengan baterai berkapasitas 4000 mAh. Gadgetsndtv melakukan uji coba dengan cara menggunakannya secara aktual dan bertahan selama 20 jam 36 menit. Selain itu ponsel mampu bertahan dalam penggunaan berat dan ringan dalam waktu setengah hari. Dukungan lainnya smartphone ini sudah dibekali dengan teknologi pengisian cepat. Bahkan berdasarkan uji coba kapasitas baterai terisi 46 persen hanya dalam waktu 30 menit. dan 88 persen dalam waktu satu jam. Sementara untuk dapat mengisi penuh membutuhkan waktu selama satu jam lebih.

Dari laman GSMArena yang telah melakukan uji coba daya tahan baterai, menghasilkan catatan waktu 16 jam pemutaran video dan 13 jam menjelajah website menggunakan Wi-Fi.

Kesimpulan

Tentu saja tidak ada smartphone yang sempurna, pasti ada saja kekurangan, dan itu adalah hal yang wajar karena marketing agar harganya bisa dipangkas. Tapi kami kira smartphone ini sudah cukup lengkap di harga Rp.4.499.000 untuk RAM tertinggi 8GB.

Untuk Sobat yang menyukai desain yang kekinian dan keren, Realme XT adalah smartphone yang gak malu-maluin untuk digenggam, dukungan kamera utama yang mantap menambah nilai dari perangkat ini, tentu saja akan sangat mempermudah penggunanya mengambil momen penting tanpa terlewatkan. Jika Sobat menyukai bermain game di smartphone ponsel ini masih bisa diandalkan!

Kekurangan Realme XT hanya ada pada teknologi kekinian yaitu NFC. Sayangnya smartphone yang bisa dibilang cukup canggih ini belum mendapatkan fitur NFC. Karena fitur ini sudah semakin penting yang dapat mempermudah penggunanya.

Realme XT
Pilihan warna Realme XT (image credit www.gsmarena.com)

Jika kalian sudah menggunakan smartphone ini, kalian bisa memberikan pendapat di form komentar di bawah ini. Karena apapun tanggapan kalian sebagai pengguna akan sangat bermanfaat untuk mereka yang berniat memilikinya.

Sumber : 1 & 2

Previous

Xiaomi Mi Projector Vogue Hadir dengan Decoding 8K

Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 8 Pro

Next

Tinggalkan komentar di sini