Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno2, Apakah Layak Beli?

| | , ,

Oppo merilis dua series Reno terbarunya yakni Reno2 dan Reno2 F. Smartphone dengan spesifikasi tertinggi adalah Reno2 yang sudah dapat Sobat dapatkan secara online ataupun offline. Dalam halaman ini kami akan mengorek kelebihan dan kekurangan dari Oppo Reno2. Penasaran?

Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno2

Spesifikasi Lengkap Oppo Reno2

Sebelum kami akan membahas apa saja kelebihan yang dibawa oleh Reno2 dan apa saja kekurangannya, alangkah lebih baik kalian bisa membaca ringkasan dari spesifikasi lengkapnya di bawah ini;

  • Body: Oppo Reno2 hadir dengan bingkai aluminium; Gorilla Glass 6 di depan; Gorilla Glass 5 di bagian belakang;
  • Dimensi : 160×74.3×9.5mm, 189g;
  • Pilihan warna: Luminous Black, Ocean Blue, Sunset Pink.
  • Ukuran Layar: 6,5 ” AMOLED; rasio aspek 20: 9; 1080 x 2400; 401ppi.
  • Kamera belakang:
    Utama: 48 MP, f / 1.7, 26mm, PDAF, OIS;
    Telefoto: 13MP, f / 2.4, 2x optical zoom, PDAF;
    Ultra Wide: 8 MP, f / 2.2, 13mm, zoom 0,6x;
    Kamera tambahan: 2 MP, lensa monokrom f / 2.4 untuk pemotretan potret.
  • Kamera depan: Pop-up 16 MP, f / 2.0, 26mm (lebar), 1 / 3.1 “, 1.0μm.
  • Chipset: Chipset Snapdragon 730G (8 nm), CPU octa-core (2×2.2 GHz Kryo 470 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 470 Silver), Adreno 618 GPU.
  • Memori: 8GB RAM, 256 GB penyimpanan, dapat diperluas melalui microSD (menggunakan slot SIM bersama).
  • OS: Android 9.0 Pie; ColorOS 6.1.
  • Baterai: 4.000 mAh Li-Ion; Pengisian cepat 20W (VOOC Flash Charge 3.0).
  • Konektivitas: Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by); Cat.15 LTE; USB 2.0 Type-C; Wi-Fi a / b / g / n / ac; GPS + GLONASS, GALILEO, BDS; Bluetooth 5.0; NFC; Radio FM; Jack audio 3.5mm.
  • Lain-lain: Pembaca sidik jari optik di bawah tampilan.

Desain Layar FullScreen Tanpa adanya Takik

 

Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno2
Tampilan bagian belakang Oppo Reno2 Warna Luminous Black (image credit oppo.com)

Kelebihan dari Oppo Reno2 adalah tidak adanya takik pada layarnya, sehingga smartphone sudah tampil dengan full layar, ini karena kamera depan sudah disematkan ke dalam sistem pop-up yang berbentuk unik mirip sirip hiu. Ponsel ini sudah menggunakan teknologi panel Super AMOLED yang menghasilkan resolusi Full HD+ 1080 x 2400 piksel dengan tingkat kerapatan layar 401 ppi. Layarnya tersebut sudah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 6 yang membuatnya tidak mudah tergores beda tajam.

Selain itu smartphone ini terbuat dari build material berkualitas dengan frame yang terbuat dari alumunium,  dan bagian belakang sudah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 5 tentu membuatnya semakin kokoh.

Pada bagian belakang kalian akan disuguhkan dengan garis vertikal dengan tampilan eye-chatching yang hampir terlihat seperti LED yang menyala kemudian bagian atasnya diikuti dengan susunan empat sensor kamera belakang. Pada bagian belakang kalian akan disuguhkan dengan bentuk oval yang membuatnya tampak unik tapi memiliki fungsi agar mudah digenggam. Tentu saja soal desain Oppo nampak tak main-main karena mampu menghasilkan desain yang kami bilang sangat keren.

Kamera Depan Pop-up Menyerupai Sirip Hiu

Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno2

Pada bagian kamera adalah “senjata”utama yang menjadi kelebihan yang sangat identik dengan Oppo Reno2. pada seri Reno sebelumnya, Oppo hanya menghadirkan sistem kamera pop-up yang nampak biasa saja, tapi pada Reno2, pihak perusahaan menghadirkan desain unik dan banyak yang mengatakan ini mirip dengan sirip hiu. Apapun itu tentu pihak perusahaan berusaha menghadirkan sistem yang kokoh, tentu saja unik tidaklah cukup.

Kamera depan Oppo Reno2 hadir dengan sensor 16MP yang tentunya pihak perusahaan sangat memperhatikan fitur dari kamera selfie tersebut. Kamera ini hadir dengan dukungan AI. Selain itu pada kamera depan juga dibekali dengan berbagai filter dan juga dibekali dengan mode kecantikan.

Kamera utama hadir dengan dukungan unit lensa yang bisa dibilang sangat mendukung untuk keperluan fotografi. Sensor utama berbekal 48MP berbukaan f/1.7 yang sudah dilengkapi dengan Optical Image Stabilizer, selain itu sensor juga mendukung 10x zoom dan dilengkapi dengan autofocus PDAF, sensor lainnya ada lensa telephoto 13MP yang memiliki kemampuan 2x optical zoom dan 5x hybrid zoom yang juga dilengkapi dengan autofocus, selanjutnya ada lensa ultra wide dengan sensor 8MP berbukaan f/2.2 dan lensa terakhir sebesar 2MP adalah lensa monokrom untuk mendapatkan foto potret yang maksimal.

Berdasarkan ujicoba pengambilan yang dilakukan oleh GSMArena menyimpulkan bahwa sensor utama 48MP mampu mengambil gambar dengan sangat bagus, ini berkat penggunaan sensor Sony IMX586 yang menggunakan Array Quad -Bayer dan pixel binning. Sensor ini menggabungkan empat piksel yang berdekatan menjadi satu. Gambar yang dihasilkan dikurangi menjadi bidikan 12MP berkualitas lebih tinggi. Ada banyak detail, rentan dinamis tinggi dan sebagian besar warna yang akurat.

hasil kamera oppo Reno2
Hasil kamera utama 48MP dari Oppo Reno2 (image credit www.gsmarena.com)
hasil kamera oppo Reno2
Hasil kamera Oppo Reno2 pada malam hari (image credit www.gsmarena.com)

Dukungan Chip Prosesor Gaming

Beralih kebagian dalam dari smartphone, kita akan disuguhkan dengan chip prosesor bertenaga dari Snapdragon 730G. Chip ini dikenal sebagai otak smartphone yang mampu melibas epic game dengan lancar. Jika disandingkan SD730G ini adalah lawan berat dari Mediatek Helio G90T yang digadang-gadang menjadi chip prosesor gaming dengan harga yang ramah kantong.

Snapdragon 730G hadir dengan konfigurasi CPU dua core Kryo 470 Gold (Cortex-A76) pada kecepatan 2,2 GHz dan Kryo 470 Silver (Cortex-A55) dengan kecepatan 1,8 GHz. Kesemuanya dibandung atas teknologi pemrosesan 8nm yang membuat chip ini menjadi lebih hemat daya. Selain itu perangkat prosesor ini disandingkan dengan grafik card Adreno 618 yang membuat tampilan grafis lebih jernih dan mampu melibas game-game berat seperti PUBG dengan lancar.

Qualcomm memiliki fitur Snapdragon Elite Gaming yang disematkan pada SD730G. Fitur-fitur ini adalah Anti Cheat Extensions, Junk Reducer & HDR Gaming support.

Kapasitas Baterai yang Luas dengan Teknologi Pengisian Cepat

Dengan kemampuan spesifikasi yang terbilang mumpuni, smartphone ini juga dibekali dengan teknologi penunjang yang cukup baik dikelasnya diantaranya adalah kapasitas baterai yang cukup besar yaitu 4000 mAh.

Hasil uji daya tahan baterai Oppo Reno2 (image credit www.gsmarena.com)

Berdasarkan uji daya tahan baterai yang dilakukan oleh GSMArena menunjukan bahwa Oppo Reno2 mampu bertahan selama 102 jam dengan 31 jam waktu berbicara, 12 Jam web browsing dan 20 jam digunakan untuk memutar video. Daya tahan baterai yang luar biasa ini disebabkan juga dari penggunaan chip Snapdragon 730G yang dikenal lebih hemat daya.

Selain itu Reno2 juga didukung dengan teknologi pengisian cepat VOOC Flash Charging dengan daya 20W. Dengan kemampuan ini pengisian baterai menjadi lebih cepat, bahkan hanya butuh waktu 30 menit untuk dapat mengisi baterai sampai 40%, atau butuh waktu 80 menitan untuk dapat mengisi baterai sampai penuh.

Dibekali Fitur NFC

Satu kelebihan lainnya, Oppo Reno2 ini sudah dibekali dengan fitur NFC. Tentu saja ini menjadi penting jika kita bicara konektivitas dan kemudahan. Mungkin bagi sebagaian orang fitur ini belum penting jika memang mereka belum menggunakan teknologi untuk mempermudah berbagai aktifitas, tapi jika Sobat sangat bergantung pada teknologi smartphone, tentu saja NFC harus diperhitungkan.

Kesimpulan

Dari beberapa keunggulan yang sudah kami jabarkan diatas tentu smartphone ini masih belum sempurna, karena masih ada berbagai sektor yang menjadi kekurangannya. Walaupun kekurangan tersebut sudah tertutupi dengan keunggulan yang memang menjadi fokus pada Reno2 ini.

Harga Oppo Reno2

Salah satu yang menjadi bahan pertimbangan untuk membeli HP ini adalah dari sisi harganya. Oppo Reno2 ini dijual dikisaran harga Rp. 7.999.000 untuk varian RAM 8GB dengan penyimpanan 256 GB. Walaupun spesifikasi yang ditawakan cukup tinggi dengan berbagai teknologi pelengkapnya, tentu saja harga ini termasuk cukup tinggi untuk sekelas ponsel dengan otak SD730G.

Apakah Kami merekomendasikan Oppo Reno2?

Jika sobat memiliki buget yang dapat memboyong smartphone ini, tentu saja kami merekomendasikannya. Tapi tentu balik lagi kepada kalian apakah sudah mendapatkan fitur yang diinginkan pada smartphone ini?

Jika kalian menginginkan smartphone dengan performa gaming dan kamera yang mumpuni, tapi harganya di bawah 5 jutaan. Kalian dapat melihat ulasan kami tentang Redmi Note 8 Pro pada post sebelumnya! Dalam waktu dekat kami akan membandingkan spesifikasi antara kedua smarphone ini. Jadi jangan lupa untuk follow androidponsel.com ya!

 

 

Previous

Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 8 Pro

Kelebihan dan Kekurangan Black Shark 2 Pro

Next

Tinggalkan komentar di sini