Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 8 Pro

| | , ,

Kalian pasti sudah mengetahui bahwa Redmi Note 8 Series sudah hadir di Indonesia. Fans Xiaomi pasti sudah sangat menanti smartphone ini bukan? Ponsel pintar ini hadir di tanah air dengan dua tipe yaitu Note 8 dan Note 8 Pro. Tentu saja spesifikasi tertinggi dipegang oleh varian PRO. Untuk itu pada halaman ini kami akan mengulas kelebihan dan kekurangan dari Redmi Note 8 pro!

Spesifikasi Lengkap Redmi Note 8 Pro

Sebelum kita membahas kelebihan dan kekurangannya, Sobat bisa melihat rincian lengkap dari spek perangkat tersebut di bawah ini;

  • Dimensi: 161,4 x 76,4 x 8,8 mm, berat 200g; bingkai terbuat dari plastik, Gorilla Glass 5 depan dan belakang.
  • Layar: LCD IPS 6,53 “, dukungan HDR, resolusi 1080 x 2340px, rasio aspek 19,5: 9, 395ppi.
  • Kamera belakang: Utama: aperture 64MP, f / 1.9, ukuran sensor 1 / 1,7 “, ukuran piksel 0,8 μm, PDAF. Wide angle: 8MP, f / 2.2, 1/4”, piksel 1,12μm. lensa makro: 2MP, f / 2.4, 1/5 “, Sensor kedalaman 1,75μm: 2MP; 2160p @ 30fps, 1080p @ 120fps, perekaman video 720p @ 960fps.
  • Kamera depan: 20MP, apertur f / 2.0, piksel 0,9µm. Perekaman video 1080p / 30fps.
  • OS: Android 9 Pie; MIUI 10.
  • Chipset: Mediatek Helio G90T (12nm): Octa-core (2×2.05 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55), Mali-G76 MC4 GPU.
  • Memori: 6GB RAM; Penyimpanan 64 / 128GB; slot microSD bersama.
  • Baterai: 4,500mAh; 18W MediaTek Pump Express dan dukungan Pengiriman Daya USB.
  • Konektivitas: Dual-SIM; LTE-A, agregasi operator 4-Band, LTE Cat-12 / Cat-13; USB-C; Wi-Fi a / b / g / n / ac; GPS dual-band; Bluetooth 5.0;
  • Fitur lain: Pembaca sidik jari yang dipasang di belakang; satu speaker down-firing; NFC; Radio fm.

Tampilan Desain Kekinian

Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 8 Pro
Tampilan desain Redmi Note 8 Pro (image credit www.androidauthority.com)

Redmi Note 8 Pro hadir dengan desain seperti kebanyakan smartphone saat ini, dilengkapi dengan takik waterdrop notch yang menjadi “rumah” pada kamera depannya. Kalian dapat melihat layar yang luas dibagian depan, selain itu layarnya sudah aman dari goresan berkat adanya perlindungan dari Corning Gorilla Glass 5 dan perlindungan ini juga hadir pada bagian belakangnya.

Walaupun smartphone ini masih menggunakan panel IPS, tapi sudah mendukung HDR yang akan memberikan kualitas gambar yang detail. Layarnya hadir dengan ukuran 6,53 inci yang menghasilkan resolusi sebesar 1080x 2340 piksel yang menghasilkan rasio layar mencapai 91,4 %. Tentu saja dengan rasio tersebut pengguna akan sangat leluasa berselancar di atas display untuk sekedar ber-internet atau bermain game.

Dukungan Chipset Bertenaga

Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 8 Pro
image credit www.xda-developers.com

kelebihan dari Redmi Note 8 Pro ada pada performanya, smartphone ini ditenagai dengan SoC terbaru Mediatek Helio G90T yang digadang-gadang sebagai prosesor gaming untuk smartphone dengan harga yang terjangkau. Di Indonesia perangkat ini akan tersedia dalam varian RAM 6GB dengan penyimpanan internal 64GB atau 128GB serta masih dilengkapi dengan slot microSD yang kompetibel sampai dengan 512GB. Kami harap di Indonesia juga akan kedatangan varian RAM 8GB yang sudah hadir di India.

Mediatek Helio G90T mengemas CPU octa-core dengan dua core Cortex-A76 berkecepatan 2,05GHz dan enam core Cortex-A55 2.0Ghz yang mampu menghemat energi. Prosesor disandingkan dengan GPU Mali-G76 yang menghasilkan grafis handal.

Chip ini hadir dengan Teknologi HyperEngine yang disebut akan membuat gameplay berjalan dengan mulus, selain itu mampu meningkatkan konektivitas dengan menggabungkan WiFi dan LTE sehingga akan lebih cepat dan stabil. Ini sangat diperlukan dalam bermain game terlebih jika gim tersebut harus dimainkan secara online.

GSMArena melakukan pengujian AnTuTu untuk mengetahui hasil skor dari CPU dan GPU dari prosesor G90T  ini. Hasilnya cukup mengesankan, karena Helio G90T mampu mengalahkan pesainnya bahkan berada dibawah ponsel yang menggunakan chipset flaghship tahun lalu SD845.

Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 8 Pro

Apakah Redmi Note 8 Pro tidak cepat panas?

Banyak orang mempertanyakan hal ini, karena penggunaan chipset dari Mediatek yang terkenal cepat panas? Tapi sepertinya tidak mungkin Mediatek terus menerus dalam problem yang sama, pasti pihak perusahaan mencari solusi untuk hal tersebut dan menghadirkan produk terbaru yang lebih baik. Mediatek Helio G90T yang digunakan pada Redmi Note 8 Pro tentu adalah produk yang sudah melalui rangkaian uji test yang banyak.

Berdasarkan hasil ujicoba yang dilakukan oleh GSMArena, Redmi Note 8 Pro tidak mudah menjadi panas ketika dilakukan uji coba dengan cara digunakan terus menerus (kegiatan berat dan ringan). Hal ini karena perangkat sudah dilengkapi dengan sistem pendingin yang disebut teknologi LiquidCool vapor chamber yang membantu dalam pembuangan panas. Selain itu ujicoba yang dilakukan oleh androidauthority.com juga membuktikan bahwa smartphone tidak mudah cepat panas berkat teknologi yang disematkannya.

Quad Camera dengan Sensor 64MP

Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 8 Pro

Kelebihan Redmi Note 8 Pro juga terlihat pada bagian kameranya. Tahukah Sobat ini adalah smartphone pertama Xiaomi yang mendapatkan sensor kamera 64MP, selain itu perangkat ini menjadi yang pertama yang diluncurkan di Indonesia dan selanjutnya hadir sang penantang Realme XT. Soal pertama dan kedua sudah pasti tidak penting ya karena yang kita cari ada hasilnya!

Berikut adalah konfigruasi kamera utama yang ada pada Redmi Note 8 Pro;

  • Sensor utama 64MP, f / 1.9, FoV 79 derajat, ukuran piksel 0,8 mikron, sensor 1 / 1,7 inci, PDAF
  • Wide-angle: 8MP, f /2.2, 120 derajat FoV, ukuran piksel 1,12-mikron, sensor 1/4 inci
  • Makro: 2MP, f /2.4, ukuran piksel 1,75-mikron, sensor 1/5 inci
  • Kedalaman: 2MP, f / 2.4, ukuran piksel 1,75 mikron, sensor 1/5 inci

Berdasarkan hasil uji kamera yang dilakukan GSMArena menghasilkan bahwa Redmi Note 8 Pro memiliki kualitas gambar yang lebih baik karena lebih banyak detail dan gambar tampak lebih tajam dibandingkan dengan Realme XT. Tapi Redmi cendrung menghadirkan eksposur yang lebih gelap. Selain itu pihak GSMArena juga menyinggung lensa Ultra Wide yang hasilnya jauh dari kata bagus. Tapi mereka menyebutkan bahwa hasil dari 2x zoom terlihat cukup baik mengingat pembidik menggunakan kamera 64MP.

Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 8 Pro
Hasil sensor 64MP (image credit www.gsmarena.com)

Hasil foto dari cahaya rendah menyimpulkan foto terlihat nampak biasa saja. Tapi ini masih memiliki hasil yang sama seperti pada pesaingnya. Tapi hasilnya rentan dinamis mampu menangkap detail yang cukup baik dalam highlight dan bayangan tanpa adanya noise yang terlihat. Tidak begitu mengecewakan bukan?

Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 8 Pro
Hasil Foto pada malam hari menggunakan sensor 16MP (image credit www.gsmarena.com)

 

Hasil kamera pada malam hari menggunakan sensor 64MP (image credit www.gsmarena.com)

Untuk kemampuan merekam video, Redmi Note 8 Pro sudah mendukung perekaman 4K pada 30fps atau 1080p pada 30 atau 60fps. Selain itu pengguna dapat dengan mudah menangkap video gerakan lambat sampai dengan 960fps pada 720p.

Baca juga: Realme XT vs Redmi Note 8 Pro – Perbandingan Dua HP Berkamera 64MP Mana yang Terbaik?

Dilengkapi dengan Kapasitas Baterai yang Cukup Besar

Tak lengkap rasanya jika smartphone hadir dengan spesifikasi mumpuni tanpa adanya kapasitas baterai yang besar. Tapi Redmi Note 8 Pro sudah mendapatkan kapasitas yang cukup besar yaitu 4500 mAh. Berdasarkan hasil uji yang dilakukan oleh GSMArena, kemampuan baterainya mampu bertahan selama 114 jam penggunaan.

Hasil test daya tahan baterai yang dilakukan GSMArena

Dari hasil test tersebut Redmi Note 8 Pro mampu menghasilkan 33 jam waktu bicara menggunakan mode 3G, 15 jam web browsing dan 15 jam menonton video.

Dilengkapi dengan NFC

Salah satu keunggulan dari Note 8 Pro dibandingkan dengan pesaingnya, smartphone ini sudah dibekali dengan teknolgoi NFC. Fitur ini sepertinya tidak boleh dianggap sepele, pasalnya sesuai dengan perkembangan teknologi, fitur NFC semakin dibutuhkan untuk mempermudah pengguna ponsel pintar. Apalagi teknologi pendukung sudah mulai banyak bermunculan.

Kesimpulan

Lengkap sudah kelebihan dari Redmi Note 8 Pro, tentu saja bukan tanpa kekurangan karena setiap perangkat pasti memilikinya. Ponsel ini hadir dengan keunggulan diberbagai sisi yaitu pada kamera, fitur dan juga performanya. Tapi urusan display kita harus akui bahwa perangkat ini masih menggunakan panel yang dibawah dari pesaingnya yang sudah menggunakan AMOLED, tapi itu masih bisa dipatahkan dengan dukungan HDR yang sudah melekat.

Apakah kami merekomendasikan Redmi Note 8 Pro? 

Jika Sobat mencari smartphone dengan kemampuan melibas game-game berat dengan harga yang sangat terjangkau tentu saja kami sangat merekomendasikannya. Terlebih kalian juga akan mendapatkan kemampuan fotografi yang cukup mumpuni.

Harga Redmi Note 8 Pro;

  • Redmi Note 8 Pro dengan RAM 6GB + 64GB seharga Rp 3,1 juta
  • Sementara untuk varian RAM 6GB + 128GB seharga Rp 3,5 juta
Previous

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Realme XT

Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno2, Apakah Layak Beli?

Next

Tinggalkan komentar di sini