Mit App Inventor, Tempat Membuat Aplikasi Android Dengan Mudah

| |

Android atau robot hijau dari tahun ke tahun terus meningkat. Bahkan aplikasi yang disediakan baik secara legal yang ada di PlayStore ataupun aplikasi pihak ketiga terus bertambah. Selain itu semakin berkembangnya teknologi, semakin banyak orang yang ingin dapat membuat aplikasi tersebut secara mandiri. Jika kalian yang ingin membuat aplikasi Android dengan mudah, kalian dapat menggunakan Mit App Inventor.

Layanan Berbasis Cloud website

Mit App Inventor adalah layanan berbasis cloud yang bisa diakses secara gratis. Di dalamnya kalian akan dapat membuat aplikasi dengan pemrograman sederhana yang rama pemula, selain itu pengguna  akan disuguhkan tampilan antaramuka dari layanan yang sangat mudah dimengerti. Untuk dapat mengakses layanan, kalian dapat menggunakan browser Chrome, Mozilla atau bahkan Safari.

Mit App Inventor, Tempat Membuat Aplikasi Android Dengan Mudah
Tampilan antaramuka Mit App Inventor

Persyaratan Sistem

Untuk menggunakan layanan Mit App Inventor, pastikan perangkat komputer atau laptop yang Sobat gunakan sesuai dengan syarat sistem sebagai berikut;

Komputer dan sistem operasi

  • Bisa menggunakan Macintosh (dengan prosesor Intel): Mac OS X 10.5, 10.6+
  • Bisa menggunakan Windows: Windows XP, Windows Vista, Windows 7+
  • GNU / Linux: Ubuntu 8+, Debian 5+ ( Catatan: Pengembangan langsung GNU / Linux hanya didukung untuk koneksi WiFi antara komputer dan perangkat Android.)

Browser

  • Mozilla Firefox 3.6 atau lebih tinggi ( Catatan: Jika Sobat menggunakan Firefox dengan ekstensi NoScript, Sobat harus mematikan ekstensi tersebut.)
  • Apple Safari 5.0 atau lebih tinggi
  • Google Chrome 4.0 atau lebih tinggi
  • Tidak mendukung Microsoft Internet Explorer. Pengguna Windows harus menggunakan Chrome atau Firefox

Telepon atau Tablet (atau gunakan emulator)

  • Sistem Operasi Android 2.3 (“Android Gingerbread”) atau lebih tinggi

Siapa dibalik App Inventor?

App Inventor atau Google App Inventor adalah aplikasi berbasis web open source yang awalnya dikembangkan oleh Google, dan kini dikelola oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT). Dengan aplikasi ini pengguna yang awam terhadap pemrograman diharapkan mampu  menciptakan aplikasi perangkat lunak untuk sistem operasi Android.

Aplikasi ini hadir dengan antaramuka grafis seperti pada Scratch. Pengguna dapat men-drag-and-drop objek visual untuk menciptakan aplikasi kemudian dapat dijalankan pada perangkat yang berjalan menggunakan OS Android. Selain itu dengan layanan ini pengguna tidak perlu menuliskan kode program yang panjang.

Akses layanan;

Sobat dapat mengakses layanan Mit App Inventor di website https://appinventor.mit.edu/ login menggunakan akun gmail yang Sobat miliki ya! Dan Sobat bisa mendapatkan tutorial lengkap di halaman resmi milik mereka.

 

Previous

Setelah Redmi Note 8 akan ada Redmi Note 8T?

Honor Band 5i Harga Lebih Murah Fitur Sama dengan Band 5

Next

Tinggalkan komentar di sini