Realme XT vs Realme 5 Pro, Apa saja Perbedaannya?

| | ,

Pada kesempatan kali ini kami akan membandingkan dua ponsel dari brand yang sama yakni Realme XT vs Realme 5 Pro. Kedua handphone ini hadir pada tahun 2019 dengan perbedaan waktu yang tidak terlalu jauh. Selain itu keduanya diperkuat dengan chipset yang sama yakni menggunakan Snapdragon 712 dengan fabrikasi 10nm. Lantas apa saja sih perbedaan dari kedua smartphone ini?

Desain Full Screen dengan Water Drop Notch

Perbandingan Realme XT vs Realme 5 Pro

Bicara desain, kedua ponsel hadir dengan tampilan yang sama yaitu datang dengan takik berbentuk tetesan air sebagai “rumah” kamera depan. Pada bagian ini terdapat perbedaan dari penggunaan teknologi display, Realme XT hadir dengan Super AMOLED berukuran 6,4 inci sedangkan Realme 5 Pro hanya berbekal IPS LCD 6,3 inci.

Beralih kebagian belakang, pada bagian ini masing-masing menyuguhkan empat sensor kamera yang tersusun secara vertikal dengan posisi yang sama yang juga dilengkapi dengan LED Flash. Kedua ponsel memiliki corak bagian belakang yang berbeda tentunya hadir dengan ciri khas yang berbeda.

Dibagian depan dan belakang Realme XT sudah mendapatkan perlindungan dari Corning Gorilla Glass 5, sedangkan Realme 5 Pro pada bagian depan mendapatkan Corning Gorilla Glass 3+, dan bagian belakang hanya terbuat dari pelastik yang kokoh.

Pada Realme 5 Pro masih menyematkan sensor pemindai sidik jari konfensional yang ada pada bagian belakang ponsel, sedangkan Realme XT sudah disematkan pada bagian layarnya.

Baca juga: Realme XT vs Redmi Note 8 Pro; Perbandingan Dua HP Berkamera 64MP Mana yang Terbaik?

Kemampuan Fotografi Realme XT vs Realme 5 Pro

Bicara soal kemampuan fotografi, Realme XT adalah pemenangnya. Tapi kami tidak membandingkan hasilnya antara kedua ponsel ini karena keduanya menghadirkan sensor yang berbeda dan jelas saja Realme XT adalah pemenangnya. Yang akan kita tampilkan adalah perbedaan sensor yang disuguhkan dari kedua smartphone ini, berikut adalah konfigurasi kamera dari kedua ponsel;

Kamera Utama Realme XT

  • 64 MP, f/1.8, (wide), 1/1.7″, 0.8µm, PDAF
  • 8 MP, f/2.3, 13mm (ultra wide), 1/4″, 1.12µm
  • 2 MP, f/2.4, 1/5″, 1.75µm (dedicated macro camera)
  • 2 MP, f/2.4, 1/5″, 1.75µm, depth sensor

Kamera Utama Realme 5 Pro

  • 48 MP, f/1.8, (wide), 1/2″, 0.8µm, PDAF
  • 8 MP, f/2.2, 13mm (ultra wide), 1/4″, 1.12µm
  • 2 MP, f/2.4, 1/5″, 1.75µm (dedicated macro camera)
  • 2 MP, f/2.4, 1/5″, 1.75µm, depth sensor

Kalian sudah melihatnya, kedua ponsel menyuguhkan sensor yang berbeda. Realme XT sudah berbekal sensor 64MP menggunakan Samsung ISOCELL Bright GW1 sedangkan Realme 5 Pro berbekal sensor 48MP menggunakan Sony IMX 586.

Berikut adalah beberapa hasil kamera dari kedua smartphone ini. Hasil kamera ini kami dapatkan dari laman gsmarena yang sudah melakukan pengujian dari kedua smartphone tersebut.

Realme XT vs Realme 5 Pro, Apa saja Perbedaannya?
Hasil kamera Realme 5 Pro menggunakan sensor 48MP (image credit www.gsmarena.com)
Realme XT vs Realme 5 Pro, Apa saja Perbedaannya?
Hasil kamera Realme XT sensor 64MP (image credit www.gsmarena.com)

Kedua ponsel ini hadir dengan beberapa fitur yang sama seperti chroma boost yang mampu meningkatkan saturasi dan menghasilkan bidikan yang lebih hidup.

Realme XT hanya dapat merekam video dengan kamera 64MP utamanya, dengan kemampuan mengambil gambar hingga 4K pada 30fps, selain itu mampu mengambil gambar 1080p dan 720p pada 30fps atau 60fps. Pengambilan gerakan lambat 720p pada 960fps. Selain itu terdapat fitur EIS yang hanya bisa digunakan

pada 1080p pada 30fps.

Sementara Realme 5 Pro hanya merekam video dengan kamera utamanya (48MP). Kamera mampu menangkap video hingga 4K pada 30fps dan 1080p pada 30fps atau 60fps. Ponsel ini juga mendapatkan EIS yang hanya berfungsi pada 1080p pada pengaturan 30fps.

Urusan kamera selfie, keduanya hadir dengan sensor kamera yang terbilang sama yaitu 16 MP dengan bukaan f / 2.0.

Performa Chipset Snapdragon 712

Bicara soal kinerja Realme XT vs Realme 5 Pro sama-sama menggunakan chipset Snapdragon 712 dengan konfigurasi CPU 2×2,3 GHz Kryo 360 Gold & 6×1,7 GHz Kryo 360 Silver yang disandingkan dengan GPU Adreno 616. Berdasarkan kinerja seharusnya keduanya memiliki performa yang sama.

Berdasarkan hasil uji GeekBench yang dilakukan gsmarena, menunjukan hasil berikut ini;

Realme XT vs Realme 5 Pro, Apa saja Perbedaannya?
image credit www.gsmarena.com
Realme XT vs Realme 5 Pro, Apa saja Perbedaannya?
image credit www.gsmarena.com

Pada uji Geekbench yang dilakukan hasilnya Realme XT memiliki poin yang berada dibawah dari Realme 5 Pro. Walaupun perbedaannya tidak terpaut jauh, tapi keduanya memiliki performa yang lebih baik dibandingkan dengan Realme 3 Pro.

Urusan memori, kedua smartphone hadir dengan varian memori RAM yang sama. Yaitu hadir dengan RAM 4GB dan RAM 8GB dengan penyimpanan internal sebesar 128GB.

Kapasitas Baterai dan pengisian Cepat

Urusan baterai, keduanya hadir dengan perbedaan kapasitas yang sangat tipis. Realme XT mendapatkan kapasitas sebesar 4000 mAh, sedangkan Realme 5 Pro mendapatkan kapasitas 4035 mAh. Keduanya hadir dengan dukungan pengisian cepat VOOC Flash Charger 3.0 dengan daya 20W.

Berdasarkan hasil uji daya tahan baterai yang dilakukan oleh GSMArena masing-masing ponsel mempunyai daya tahan yang berbeda. dan Realme XT mempunyai daya tahan yang lebih baik dibandingkan dengan Realme 5 Pro. berikut adalah hasilnya;

Realme XT vs Realme 5 Pro, Apa saja Perbedaannya?
Hasil uji daya tahan baterai Relame XT mampu menghasilkan waktu bicara 30 jam, 13 jam web brosng dan 16 jam memputar video (image credit www.gsmarena.com)
Realme XT vs Realme 5 Pro, Apa saja Perbedaannya?
Sementara hasil uji daya baterai Realme 5 Pro mampu menghasilkan 26 jam waktu bicara, 16 jam web browsing dan 13 jam memutar video (image credit www.gsmarena.com)

Harga dan Kesimpulan

Bicara soal harga, tentu saja Realme XT hadir dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan Realme 5 Pro. Hal ini terlihat dari spesifikasi yang ditawarkan yang jelas lebih tinggi, walaupun penggunaan prosesor dari keduanya terbilang sama. Berikut adalah daftar harga dari keduanya;

Harga Realme XT

  • RAM 4GB / ROM 128GB Rp. 3.799.000
  • RAM 8GB / ROM 128GB Rp. 4.499.000 (Hadir dengan dua varian warna Pearl White dan Pearl Blue)

Harga Realme 5 Pro

  • RAM 4GB / ROM 128GB Rp. 2.999.000
  • RAM 8GB / ROM 128GB Rp. 3.699.000 (Hadir dengan dua varian warna Sparkling Blue dan Chrystal Green)

Kesimpulan

Dari perbedaan spesifikasi Realme XT vs Realme 5 Pro, tentu saja kita sudah mengetahui bahwasanya Realme XT hadir dengan spesifikasi diatas Realme 5 Pro pada spek tertentu seperti kamera dan teknolgi lain yang didapatkannya, sehingga membuat harganya menjadi lebih tinggi dibandingkan Realme 5 Pro. Walaupun demikian kedua ponsel ini ditenagai dengan prosesor yang sama dengan hasil Realme 5 Pro mendapatkan poin lebih tinggi dibandingkan Realme XT.

Pilih yang mana?

Urusan pilihan kalian bisa menyesuaikan buget yang Sobat miliki. Karena keduanya memiliki range harga yang terpaut jauh.

Kekurangan Realme XT vs Realme 5 Pro

Ada kelebihan pasti ada kekurangan, karena tidak ada perangkat yang sempurna bukan? 😀 kedua smartphone ini sayangnya belum mendapatkan fitur NFC, mungkin pihak vendor masih belum yakin masyarakat Indonesia membutuhkan fitur tersebut, tapi lambat laun fitur NFC sudah pasti kita butuhkan, karena perkembangan teknologi yang sudah sangat cepat.

Selain itu kedua smartphone ini belum mendapatkan sertifikasi anti air dan debu, jadi jangan sesekali membawanya untuk berenang ya :D. Selebihnya ponsel ini sudah terbilang cukup bagus dan mengakomodir berbagai kegiatan baik fotografi ataupun gaming.

Sumber : 1 & 2(GSMArena)

Previous

Ketix App – Aplikasi untuk Para Penulis Kreatif

Apple Luncurkan Pembaharuan iOS 13.2 Hadirkan Deep Fusion dan Emoji Baru

Next

Tinggalkan komentar di sini