Redmi Note 8 Pro vs Redmi Note 7 Pro, Apa Saja Pengingkatannya?

| | ,

Seperti yang sudah kita ketahui bersama Xiaomi sudah secara resmi menghadirkan ponsel gaming dengan harga yang cukup murah yakni Redmi Note 8 Pro. Apakah perangkat ini akan lebih sukses dari pendahulunya Redmi Note 7 Pro yang sudah laris bah kacang goreng di berbagai negara? Tapi tidak termasuk Indonesia, karena di tanah air hanya tersedia versi Note 7 reguler yang hadir dengan perbedaan pada chipsetnya. Tentu saja ini tergantung bagaimana spesifikasi dan kinerja dari perangkat tersebut. Lantas apa saja sih perbandingan antara Redmi Note 8 pro vs Redmi Note 7 Pro ini? Pada halaman ini kami akan mengorek secara tuntas apa saja peningkatan yang di bawah dari Note 8 pro. Simak ya Sob.

Kedua smartphone ini hadir di tahun yang sama yakni 2019. Pendahulunya hadir pada bulan Februari, dan Penerusnya hadir di bulan September yang tentu saja menghadirkan teknologi dan kinerja yang lebih unggul.

Redmi Note 8 Pro vs Redmi Note 7 Pro

Desain Masih menggunakan Takik Water Drop

Jika dilihat dari sisi desain memang tidak ada perubahan, karena Redmi Note 8 Pro masih menghadirkan takik berbentuk tetesan air yang menjadi tempat untuk kamera depannya. Tapi soal ukuran hadir dengan peningkatan karena Note 8 Pro sekarang mendapatkan ukuran 6,53 inci dari Note 7 Pro yang hanya 6,3 inci. Walaupun demikian 8 Pro masih menggunakan Corning Gorilla Glass 5 sebagai bahan pelindungan layar dan body bagian belakang. Peningkatan lain yang dihadirkan pada bagian depan adalah hadirnya dukungan HDR yang mempunyai tingkat kecerahan mencapai 500nits pada Note 8 Pro, namun tetap memiliki resolusi yang sama yakni 1080 x 2340 piksel.

Beralih kebagian belakang, pengguna akan disuguhkan banyak peningkatan di sini. Terlebih pada Redmi Note 8 Pro sudah mendapatkan empat sensor kamera pada bagian punggungnya yang disusun secara vertikal pada bagian tengah atas, peningkatan cukup signifikan karena Note 7 Pro hanya dibekali dengan dua sensor kamera. Selain perubahan pada kamera, tentunya Redmi terbaru ini hadir dengan warna yang baru.

Konfigurasi Kemampuan Fotografi

Seperti yang sudah kami singgung, Redmi Note 8 hadir dengan peningkatan yang cukup tinggi di sisi kamera, berikut adalah konfigurasi dari masing-masing kamera;

Kamera Utama Redmi Note 8 Pro;

  • 64 MP, f/1.9, 26mm (wide), 1/1.7″, 0.8µm, PDAF
  • 8 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide), 1/4″, 1.12µm
  • 2 MP, f/2.4, 1/5″, 1.75µm (dedicated macro camera)
  • 2 MP, f/2.4, 1/5″, 1.75µm, depth sensor

Kamera Depan;

  • 20 MP, f / 2.0, 0.9μm

Kamera Utama Redmi Note 7 Pro;

  • 48 MP, f/1.8, (wide), 1/2″, 0.8µm, PDAF
  • 5 MP, f/2.4, depth sensor

Kamera Dpean;

  • 13 MP

Kalian dapat melihat masing-masing konfigurasi diatas. Tentunya peningkatan yang signifikan bukan? Selain hadir dengan empat lensa kamera, sensor terbesar sudah mendapatkan dukungan 64MP dari ISOCELL Bright GW1 dari Samsung, dengan tambahan 3 sensor, ultrawide 8MP, macro 2MP dan sensor kedalaman 2MP.

Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan oleh GSMArena, Realme Note 8 Pro menghasilkan gambar dengan detail yang lebih banyak dibandingkan dengan pesaingnya Realme XT yang juga sama-sama hadir dengan sensor kamera 64MP.

Redmi Note 8 Pro vs Redmi Note 7 Pro
Hasil pengambilan gambar Redmi Note 8 Pro menggunakan sensor 64MP (image credit www.gsmarena.com)
Redmi Note 8 Pro vs Redmi Note 7 Pro
Hasil pengambilan gambar pada malam hari menggunakan sensor 64MP (image credit www.gsmarena.com)

Sementara hasil uji coba GSMArena pada smartphone Redmi Note 7 Pro memberikan kesimpulan bahkan perangkat ini memiliki kamera yang menghasilkan warna yang sangat baik pada siang hari, bahkan hasilnya melampaui beberapa ponsel yang lebih mahal di pasaran. Foto yang diambil pada siang hari hasilnya memiliki detail yang kaya dengan sedikit noise.

Namun sayangnya Redmi Note 7 pro memiliki kelemahan ketika mengambil gambar pada malam hari atau di dalam kondisi kurang cahaya. Hasilnya gambar akan terlihat terlalu soft, banyak detail dan tekstur gambar yang hilang. Walaupun smartphone ini punya mode malam dikatakan mode ini tidak dapat membantu banyak.

Redmi Note 8 Pro vs Redmi Note 7 Pro
Hasil kamera Redmi Note 7 Pro pada siang hari (image credit www.gsmarena.com)
Redmi Note 8 Pro vs Redmi Note 7 Pro
Hasil kamera Redmi Note 7 Pro pada malam hari dengan Night Mode (image credit www.gsmarena.com)

Mediatek Helio G90T vs Snapdragon 675

Seperti yang sudah kami ungkapkan di paragraf pertama, bahwa Redmi Note 7 Pro tidak secara resmi hadir di tanah air. Yang resmi adalah Note 7 versi regular dengan chipset prosesor Snapdragon 660. Karena kita membandingkannya dengan Note 7 Pro tentu saja chipnya akan berbeda, karena versi ini hadir dengan Snapdargon 675 yang akan kita bandingkan dengan Mediatek Helio G90T.

Berdasarkan hasil uji test AnTuTu yang dilakukan GSMArena pada perangkat Redmi Note 8 Pro dengan prosesor Mediatek Helio G90T menghasilkan peningkatan yang signifikan dibandingkan pendahulunya. Sobat bisa melihat gambar grafik yang menunjukan hasil score dari uji AnTuTu tersebut.

image credit www.gsmarena.com

Bahkan berdasarkan hasil test tersebut, Redmi Note 8 Pro memiliki score yang mengalahkan pesaingnya yaitu Realme XT yang dipersenjatai dengan Snapdragon 712.

Dari hasil uji yang dilakukan Redmi Note 8 Pro dengan Mediatek Helio G90T hadir dengan performa yang sangat baik bahkan berhasil mengalahkan beberapa pesaingnya. Selain itu peihak penguji juga membuktikan bahwa tubuh ponsel pada Note 8 Pro tidak cepat menjadi panas walaupun sudah dilakukan test dengan digunakan secara intensif.

Baca juga: Realme XT vs Redmi Note 8 Pro; Perbandingan Dua HP Berkamera 64MP Mana yang Terbaik?

Fitur dan Dukungan Lainnya

Bicara soal fitur dan dukungan lainnya. Redmi Note 8 Pro hadir dengan dukungan teknologi terbaru selain itu ponsel ini digadang-gadang menjadi ponsel gaming termurah dengan kinerja yang keren! Oleh karena itu ponsel ini hadir dengan teknologi yang memang untuk menunjang aktifitas bermain game salah satunya dilengkapi dengan teknologi pendingin. Hal ini juga terbukti dari test yang dilakukan oleh GSMArena yang menunjukan bahwa ponsel tidak mudah panas saat dimainkan dengan jangka waktu yang cukup lama.

Bicara soal kapasitas baterai, Redmi Note 8 Pro hadir dengan peningkatan kapasitas yakni mendapatkan 4500 mAh dari redmi Note 7 Pro yang hanya sebesar 4000 mAh. Walaupun demikian, perangkat masih mendapatkan fitur pengisian cepat berdaya 18W yang masih sama.

Selain itu Note 8 Pro masih mengusung pemindai sidik jari yang ada pada bagian belakang, sama seperti Redmi Note 7 Pro. Tapi di Redmi Note 8 Pro sudah mendapatkan teknologi NFC.

Harga

Bicara soal harga, Redmi Note 8 Pro hadir dengan beberapa varian yang bisa dibeli di tanah air diantaranya;

  • RAM 6GB & Penyimpanan internal 64GB Rp. 2.999.000
  • RAM 6GB & Penyimpanan 128GB Rp. 3.399.000

Sementara Redmi Note 7 Pro tidak resmi di Indonesia dijual dikisaran harga;

  • RAM 6GB & Penyimpanan 64GB Rp. 2.850.000

Kesimpulan

Dari kesimpulan Redmi Note 8 Pro vs Redmi Note 7 Pro, Redmi Note 8 Pro hadir dengan peningkatan yang signifikan baik itu dari lini performa, kamera dan juga fitur teknologi yang dimiliki. Tentu saja Smartphone ini sangat layak untuk kalian beli di tahun 2019 ini terlebih jika kalian ingin memiliki ponsel yang mampu menjalankan game-game yang berat.

Sumber : 1 &

 

Previous

Redmi 8A vs Realme C2, Perbandingan HP Harga Satu Jutaan

Game Monopoli Android dan iOS Terbaru Siap Menjadikan Kamu Seorang Jutawan

Next

Tinggalkan komentar di sini