Aplikasi Fidusia Online, Untuk Pelayanan Fidusia yang Lebih Akurat

  • Whatsapp
Aplikasi Fidusia Online

Di zaman yang serba teknologi ini, Ditjen Administrasi Hukum Umum Kemenkumham memberikan terobosan terbaru dengan meluncurkan aplikasi Fidusia Online. Aplikasi ini merupakan aplikasi pelayanan jasa hukum di bidang fidusia. Diharapkan dengan hadirnya aplikasi online ini maka pelayanan bidang fidusia bisa lebih akurat, cepat, serta tak ada lagi pungutan liar yang membebankan masyarakat di luar sana.

Kehadiran aplikasi fidusia online ini juga memudahkan para pemilik sertifikat fidusia dalam urusan cetak mencetak sertifikat. Jika biasanya proses mencetak fidusia membutuhkan waktu yang lama, kali ini proses mencetak fidusia hanya membutuhkan waktu sekitar 7 menit saja.

Dengan demikian, para pendaftar fidusia tidak akan merasakan proses yang berbulan-bulan lagi seperti saat melakukan pendaftaran manual di kantor pendaftaran fidusia.

Kehadiran sistem online dari Fidusia akan memudahkan semua urusan tersebut. Selain masalah pemangkasan waktu yang lebih singkat, para pendaftar fidusia juga akan terbantu dengan masalah uang administrasi yang tidak lagi merogoh uang banyak seperti sebelumnya. Mengapa demikian? Karena notaries hanya akan memberikan beban biaya pembuatan akta pada perusahaan pembiayaan. Tentu ini menjadi angin segar bagi para pendaftar fidusia.

Beberapa pihak seperti para notaris memang sudah terbiasa dengan sistem kerja manual seperti sebelumnya. Terlebih pekerjaan utama dari notaries memang dihadapkan pada dokumen-dokumen fisik. Namun, perubahan yang terjadi tersebut tentu memberikan banyak kemudahan bagi banyak pihak. Oleh sebab itu para notaries tetap mendukung perubahan yang ada.

Di waktu yang akan datang, para pihak meyakini jika kemajuan teknologi fidusia akan mendukung para notaries yang lebih terbuka. Tentu mereka akan menjadi lebih terbiasa untuk bekerja melalui sistem online fidusia. Begitu halnya dalam pengurusan pendaftaran fidusia secara online ini. Namun, tidak bisa dipungkiri semuanya membutuhkan proses. Semuanya perlu dicapai dengan aturan-aturan yang berbeda dari sebelumnya.

Baca Juga : Aplikasi Jawaban Matematika, Mudahkan PR Sekolah Kalian

Nah, dalam mengenal lebih dekat tentang aplikasi fidusia online ini, para pihak yang terlibat dalam urusan fidusia juga harus mengenal sistem di dalam aplikasi tersebut. Pada umumnya, aplikasi fidusia online memiliki beberapa jenis transaksi yang tersedia seperti pendaftaran, perubahan, daftar transaksi, serta pencarian suatu objek.

Semua fitur di dalam aplikasi pada dasarnya sudah bisa dimanfaatkan, akan tetapi untuk menu perubahan, proses pembuatan dalam aplikasi fidusia online masih berlangsung.

Kemudian, pada menu pencarian objek yang telah disediakan oleh sistem fidusia, pengguna tetap harus memasukkan nomor sertifikat jaminan fidusia. Begitu halnya dalam melakukan pengecekan di menu login. Pada daftar transaksi juga terdapat menu pencarian di mana pada menu pencarian tersebut didasarkan pada nomor registrasi dari transaksi username yang bersangkutan.  Hal ini dilakukan sebagai tujuan pengecekan transaksi atas username yang bersangkutan.

Dengan adanya sistem pendaftaran dari aplikasi fidusia online ini sendiri diharapkan penerimaan yang bisa didapatkan oleh negara melalui PNBP bisa melesat jauh dengan angka yang tajam.

Tak hanya itu, kemudahan dari aplikasi fidusia online ini juga bisa mendorong upaya penghematan atas pengeluaran negara. Oleh sebab itu, berbagai pihak diharapkan memberikan dukungan atas pelayanan ini demi pelayanan yang lebih baik lagi ke depannya.

Pelayanan atau pengaduan yang cepat tanggap, cepat, dan bersih akan membuat masyarakat tidak akan kecewa kepada pihak-pihak atau aparatur yang terkait dalam urusan pelayanan fidusia online ini. 

Nah, demikianlah ulasan mengenai aplikasi fidusia online. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda yang sedang melakukan pendaftaran fidusia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *