Tutorial Cara Memindahkan File dari HP Ke Laptop

  • Whatsapp
Cara Memindahkan File dari HP Ke Laptop

Cara memindahkan file dari HP ke laptop pada dasarnya tidaklah sulit. Terlebih saat ini orang-orang telah memiliki smartphone dengan memori yang cukup tinggi sehingga Anda membutuhkan laptop untuk memindahkan file penting dari HP.

Lalu bagaimana memindahkan data atau file berupa gambar, video dan berkas-berkas lainnya ke laptop? Untuk lebih jelasnya silahkan simak informasi berikut ini.

Bacaan Lainnya

Ada beberapa cara yang bisa Anda pilih untuk memindahkan file dari HP ke laptop. Mulai dari menggunakan kabel data ataupun Bluetooth. Dari beberapa cara, metode memindahkan file dari HP ke laptop yang paling mudah ialah dengan menggunakan kabel data.

Adapun langkah-langkahnya ialah yang pertama silahkan mengambil data yang mendukung dengan keperluan transfer file dari HP Anda. Kabel data yang dimaksud bukan hanya sekedar untuk cas saja tetapi juga untuk melakukan transfer data.

Selanjutnya sambungkanlah HP Anda ke laptop. Setelah itu tunggulah beberapa saat hingga di HP Anda akan muncul sebuah notifikasi. Ketika notifikasi muncul silahkan memilih mode transfer file pada menu pilihan. Langkah selanjutnya silahkan membuka laptop Anda lalu lihatlah drive baru yang terdeteksi oleh laptop.

Drive baru tersebut biasanya akan muncul dengan nama sesuai dengan HP Anda. Silahkan klik drive tersebut dan melihat file-filenya. Kemudian, pilihlah file-file tersebut lalu salin ke laptop Anda. Untuk menyalin file Anda bisa menekan tombol ctrl c + ctrl v.

Sebelum menyalin file jangan lupa untuk membuat folder baru terlebih dahulu di laptop Anda. Klik kanan pada mouse, pilih new lalu new folder. Silahkan memberikan nama pada folder tersebut. Bukalah folder tersebut lalu pilih opsi paste setelah mengcopy file yang telah dipilih. Selanjutnya, Anda hanya tinggal menunggu proses salin data dari HP ke laptop sampai benar-benar selesai.

Cara Memindahkan File dari HP Ke Laptop (1)

Baca Juga : Cara Menghapus Cache di Laptop Windows 10 Tanpa Aplikasi

Untuk lebih memudahkan proses transfer file Anda, berikut adalah rangkuman tutorial yang lebih sederhana agar Anda lebih paham.

  • Sambungkanlah HP menggunakan kabel data
  • Periksa Hp Anda lalu pilih mode transfer file
  • Bukalah laptop Anda lalu pilih drive HP yang telah terbaca
  • Carilah file yang akan dikirim menggunakan ctrl + mouse kiri
  • Klik kanan pada mouse lalu pilih copy
  • Buka drive laptop lalu buatlah folder baru
  • Kemudian klik kanan lalu pilih paste

Cara memindahkan file dari HP ke laptop menggunakan kabel data memang memiliki kelebihan dalam proses transfer yang lebih cepat. Bahkan file dengan ukuran puluhan GB bisa selesai hanya dalam hitungan menit saja.

Jika Anda menghadapi kendala dalam proses pemindahan data menggunakan kabel data maka Anda juga bisa menggunakan Bluetooth. Tidak bisa dipungkiri, meskipun sudah ketinggalan zaman bluetooth masih tetap menjadi fitur yang bisa diandalkan. 

Adapun langkah-langkah mengirim file dari HP ke laptop menggunakan bluetooth ialah, yang pertama silahkan menyalakan Bluetooth di Hp Anda. Kemudian nyalakan pula Bluetooth di laptop Anda.

Caranya ialah dengan menekan tombol Bluetooth atau mencari fitur Bluetooth di laptop. Setelah itu klik kanan kemudian pilih opsi receive files. Selanjutnya kembali ke HP Anda lalu buka file manager dan pilihlah file-file yang Anda butuhkan.

Selanjutnya pilihlah opsi share file via Bluetooth. Kemudian, tinggal kirim saja file tersebut ke laptop tujuan.  Anda hanya menunggu proses pengiriman data dari HP ke laptop.

Bagaimana, mudah bukan cara memindahkan file dari HP ke laptop? Jadi jika Anda mengalami kendala pada kabel data silahkan menggunakan fitur Bluetooth saja.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *