Aplikasi Jadwal Pelajaran Membantu Mengatur Jadwal Lebih Efisien

  • Whatsapp
Aplikasi Jadwal Pelajaran

Aplikasi jadwal pelajaran memang penting akan tetapi proses pembuatan jadwal tersebutlah yang kadang menyulitkan banyak pihak. Bayangkan jika Anda harus membuat jadwal pelajaran untuk seluruh kelas dalam satu sekolah. Namun, jangan khawatir karena saat ini sudah sudah tersedia aplikasi jadwal pelajaran untuk digunakan oleh para guru. Untuk mengenal berbagai jenis aplikasi tersebut, silahkan simak informasi berikut ini.

Ulasan 4 Aplikasi Pelajaran

Aplikasi Jadwal Pelajaran (1)

JPKE Free V1.24.04.16

Aplikasi yang satu ini memiliki banyak keunggulan dalam menyusun jadwal pelajaran. Selain efektif dan efisien, aplikasi ini bisa Anda unduh secara gratis tanpa dipungut biaya sedikitpun. Kapasitas mata pelajaran yang dimuat di dalam aplikasi ini bisa mencapai 150. Begitu halnya dengan guru yang bersangkutan bisa mencapai 150 guru.

Bacaan Lainnya

Di dalamnya juga terdapat 4 jenis kode mata pelajaran sehingga akan memudahkan Anda dalam memetakan berbagai mata pelajaran di tiap kelas.

Selain itu, terdapat pula fitur rekap jumlah jam mengajar beserta pembagian kelasnya. Untuk tiap-tiap kelas terdapat menu rekap mata pelajaran yang telah dijadwalkan. Setelah jadwal telah selesai dibuat maka Anda pun bisa mencetaknya kemudian diberikan kepada setiap kelas.

Aplikasi Excel Otomatis

Anda juga bisa mencoba mengunduh aplikasi excel otomatis untuk membantu dalam penyusunan jadwal pelajaran. Aplikasi ini sangat cocok untuk banyak kelas dengan banyaknya mata pelajaran juga.

Setelah terinstall jangan lupa untuk mengisi identitas sekolah terlebih dahulu di menu data umum. Setelah itu klik menu mulai waktu pelajaran lalu isi dengan durasi mata pelajaran dan jadwal istirahat di sekolah Anda.

Selanjutnya silahkan melengkapi pengisian nama-nama guru dan jumlah jam belajar dalam kelas untuk menu pembagian jam. Terakhir, silahkan Anda melihat berapa jumlah total jam mengajar pada setiap mata pelajaran pada menu jumlah jam. 

Aplikasi ini mempunyai beberapa kelebihan yaitu terdapatnya notifikasi dalam tiga warna. Setiap warna menunjukkan durasi jam mengajar dari guru yang bersangkutan. Warna hijau sebagai tanda durasi mengajar yang masih kurang, merah untuk jam bentrok dengan kelas lain serta kuning untuk guru memiliki jam mengajar lebih.

Aplikasi excel ini bisa digunakan untuk semua jenjang sekolah baik itu SD, SMP, dan juga SMA. Di dalam aplikasi ini juga terdapat panduan penggunaan yang terlampir di dalamnya jadi Anda tidak akan kebingungan saat menyusun jadwal pelajaran lewat aplikasi.

FET (Free Timetabling Software)

Aplikasi jadwal pelajaran selanjutnya ialah FET atau free timetabling software. Aplikasi ini sangat cocok untuk digunakan pada jadwal pelajaran di kampus-kampus.

Seperti yang diketahui bahwa jenjang universitas tentu memiliki banyak kelas karena terdiri atas berbagai macam fakultas dan jurusan.  Oleh sebab itu, Anda sangat memerlukan aplikasi untuk mencegah terjadinya jadwal bentrok antar mata kuliah.

FET termasuk jenis aplikasi gratis atau open source yang sangat berguna untuk membantu para user dalam menyusun jadwal perkuliahan tingkat universitas.

Cara kerja aplikasi ini ialah dengan menggunakan algoritma timetabling sehingga proses penyusunan jadwal tidak berlangsung lama. Rata-rata proses pembuatan jadwal hanya memerlukan waktu sekitar 10 hingga 20 menit saja.

Asc Timetables

Aplikasi yang satu ini termasuk aplikasi yang sudah sangat populer karena telah digunakan oleh lebih dari 150 pengguna.

Bila dibandingkan aplikasi lainnya, aplikasi ASC timetables memiliki fitur yang lebih mudah dan sederhana. Jadi, meskipun Anda adalah seorang pemula, Anda tidak akan menemukan kesulitan yang berarti.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *