Cara Delete Akun Instagram Permanen dan Sementara, Kamu Pilih yang Mana?

  • Whatsapp
delete akun Instagram

Apapun alasannya, tak menutup kemungkinan seseorang ingin menghapus jejak digital yang pernah dibuatnya. Tak terkecuali Kamu yang saat ini sedang mencari cara delete akun Instagram. Hal ini mungkin dikarenakan Kamu sedang ingin sedikit menjauhkan diri dari ketergantungan online, utamanya dari media sosial dimana Instagram menjadi satu yang paling populer saat ini. Artikel ini berisi panduan untuk menghapus akun Instagram Kamu baik untuk selamanya atau sementara.

Langkah Cara Delete Akun Instagram dan Hal yang Perlu Kamu Ketahui

cara delete akun Instagram

Meskipun terkesan sepele, nyatanya menghapus akun Instagram juga bisa cukup sensitif bagi beberapa orang. Utamanya bagi mereka yang sudah cukup banyak menggunakan media sosial ini dalam kesehariannya dimana kemungkinan ada berbagai data atau konten penting yang sayang untuk dibuang. Maka dari itu, ada beberapa hal yang perlu Kamu ketahui sebelum memutuskan untuk melakukan cara delete akun Instagram ini.

Read More

Pertama, Kamu harus memastikan bahwa Kamu bisa login ke akun Instagram yang akan dihapus. Dengan kata lain, selain tahu username akun, Kamu juga harus bisa memasukkan password akun tersebut. Ingat bahwa Instagram tidak akan menghapus akun penggunanya yang dianggap bukan milik Kamu. Artinya, Kamu harus bisa mengakses akun yang akan dihapus tersebut untuk membuktikan bahwa Kamu adalah pemilik akun tersebut.

Hal kedua yang juga perlu Kamu lakukan sebelum menghapus akun Instagram adalah memastikan bahwa Kamu sudah mencadangkan konten penting atau foto-foto yang berkesan di dalam akun tersebut. Tentunya ini tergantung pada penilaianmu sendiri, ada atau tidakkah foto yang penting untuk diselamatkan terlebih dahulu. Ingat bahwa Kamu tidak bisa lagi mengakses konten di akun yang telah dihapus secara permanen.

Setelah Kamu merasa yakin, silakan lanjutkan dengan memilih salah satu dari kedua cara delete akun Instagram berikut sesuai keinginanmu, hapus selamanya atau hanya sementara. Selain opsi delete, Instagram memang menawarkan opsi penonaktifan akun yang bisa saja lebih tepat bagi Kamu yang sedang jenuh ber-Instagram atau sedang ingin fokus untuk menghadapi sesuatu. Setelah dirasa cukup, Kamu bisa mengakses kembali akun Instagram seperti kondisi sebelumnya.

Baca juga: Instagram Lite Resmi Meluncur, Ukurannya Hanya 2MB

Langkah yang bisa Kamu lakukan untuk hapus atau nonaktifkan akun Instagram yaitu:

  1. Buka aplikasi Instagram di ponsel lalu klik profilmu (dengan asumsi Kamu sudah login ke aplikasi)
  2. Lihat bagian pojok kanan atas, klik ikon Option atau Pilihan (ikon hamburger/ tiga garis horizontal)
  3. Kemudian, akses ke Settings (Setelan) yang ada di bagian bawah
  4. Klik Help (Bantuan), kemudian klik Help Center (Pusat Bantuan) yang akan mengarahkanmu ke halaman instagram.com melalui aplikasi browser di ponsel
  5. Pada tampilan situs tersebut, Kamu bisa mengakses pilihan Deactivate Instagram Account (jika Kamu ingin menonaktifkan sementara) atau Delete Instagram Account (jika ingin menghapus selamanya) berupa sebuah link (Kamu mungkin diminta untuk login jika langsung mengakses situs dari browser)
  6. Setelah Kamu berada di halaman pengelolaan akun, Kamu bisa membaca detail tentang informasi apa yang akan terjadi pada akun. Silakan Kamu baca detail pada halaman tersebut.
  7. Kamu juga perlu memilih diantara beberapa pilihan alasan menonaktifkan atau menghapus akun.  
  8. Selanjutnya, masukkan kembali password akun Instagram tersebut untuk mengkonfirmasi permintaanmu, baik untuk penonaktifan akun sementara (Temporarily Disabled Account) atau hapus selamanya (Permanently Delete My Account)
  9. Saat Kamu sudah dibawa ke halaman login, maka proses yang Kamu jalani sudah cukup
  10. Kamu mungkin perlu menunggu hingga beberapa jam sebelum akun benar-benar nonaktif atau terhapus.

Demikianlah 10 langkah mudah cara delete akun Instagram, baik opsi menghapus selamanya atau menonaktifkan sementara. Dengan pilihan yang ditawarkan, Kamu pun bisa memilih opsi mana yang lebih sesuai dengan keinginan atau kebutuhanmu. Tentu saja, Kamu tidak harus menghapus akun jika rehat sementara sudah cukup, bukan? Bagaimana, Kamu pilih yang mana?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *