Google Rilis Aplikasi WifiNanScan, Mampu Ukur Jarak Antar Dua Perangkat

  • Whatsapp
Aplikasi WifiNanScan

Dalam beberapa rilisan Android terakhir, Google telah berupaya mengembangkan sebuah teknologi penemuan lokal, yang berguna untuk menemukan objek serta pengguna di sekitar. Yang terbaru, raksasa teknologi asal Amerika Serikat ini meluncurkan WifiNanScan bagi para pengembang untuk keperluan eksperimen dengan Wi-Fi Aware.

Wi-Fi Aware yang juga dikenal sebagai Neighbor Awareness Networking (NAN) merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan perangkat – perangkat Android 8.0 keatas untuk dapat menemukan dan terhubung langsung satu sama lain tanpa perlu tersambung dengan jenis konektivitas yang lain, seperti koneksi internet aktif misalnya. Teknologi ini bekerja melalui API untuk menemukan perangkat tedekat dan membuat sebuah koneksi jaringan yang mampu berbagi data dalam jumlah besar atau untuk kebutuhan pesan singkat.

Bacaan Lainnya

Google mengklaim bahwa teknologi ini memiliki dukungan troughput rate dengan jarak yang lebih jauh jika dibandingkan dengan koneksi Bluetooth. Teknologi ini telah digunakan secara nyata oleh Wi-Fi Alliance yang melipiti :

  • Mengirim dokumen dengan aman ke sebuah printer tanpa perlu masuk terlebih dahulu  ke sebuah jaringan
  • Melihat menu restoran dan membuat sebuah reservasi sambil berjalan tanpa perlu menggunakan koneksi internet. Bahkan hal itu dapat dilakukan ketika restoran sedang tutup
  • Otomatisasi stampel waktu masuk dan pulang di sekolah
  • Menyederhanakan struktur keamanan bandara, bea cukai dan arus pemrosesan imigrasi menggunakan identifikasi seluler (ID) seperti SIM atau paspor tanpa mengharuskan para wisatawan menunjukan tanda pengenal secara fisik

Pada awal pekan ini Developed with Google telah merilis WifiNanScan di Play Store guna mendemonstrasikan bagaimana pengguna dapat menggunakan NAN untuk mendapatkan jarak antara dua perangkat.

Aplikasi tersebut mampu melakukan pengukuran jarak dengan tingkat presisi mencapai satu meter pada jarak hingga 15 meter. Para pengembang, produsen dan peneliti dapat menggunakan aplikasi ini untuk memvalidasi pengukuran jarak atau jangkauan yang memudahkan pengembang peer-to-peer ranging dan data transfer, find my phone dan context-aware.

Aplikasi tersebut akan melengkapi WifiRttScan yang diilis dua tahun silam dan memiliki fungsi untuk menggunakan Wifi-Round Trip Time sebagai sebuah alat pemosisian dalam ruangan. Aplikasi tersebut menjadi alternatif bagi GPS yang kurang presisi jika berada dalam pengaturan ruangan tertutup.

Wi-Fi Round Trip Time (RTT) memungkinkan sistem dan aplikasi untuk  melakukan pengukuran  jarak ke titik akses Wi-Fi yang memiliki dukungan  RTT terdekat. Pada penggunaan secara nyata, teknologi ini dapat membantu pengguna untuk melakukan navigasi di pusat perbelanjaan, stadion, sebuah konfrensi atau ketika berada di tempat – tempat besar lain.

Selain navigasi di dalam gedung, dukungan RTT meliputi layanan berbasis lokasi dengan posisi yang lebih terperinci, untuk menghindari kontrol perintah suara agar tak tertukar antara satu benda dengan benda lainnya. Dan RTT mampu memberikan informasi berbasiskan lokasi yang lebih spesifik.

Di Android 12, Google membuat beberapa peningkatan pada Wi-Fi Aware, termasuk peningkatan efisiensi dan mengatasi koneksi yang hilang. (via)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *