5 Manfaat Utama Google Keep yang Belum Banyak Diketahui Orang

  • Whatsapp
google keep

Meskipun aplikasi Google Keep tidak menjadi aplikasi bawaan yang diikutsertakan pada smartphone berbasis Android, namun bukan berarti fungsi dan manfaat aplikasi ini bisa dipandang ‘sebelah mata’. Faktanya, ada beberapa manfaat utama dari layanan tersebut yang belum banyak diketahui orang.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya akan membagikan informasi tentang manfaat utama dari Google Keep tersebut. Baiklah, simak penjelasan lebih detail pada ulasan di bawah ini.

Read More

Detail Ulasan 5 Manfaat Utama Google Keep

Membuat Daftar dengan Suara

Salah satu manfaat utama Google Keep adalah membuat daftar kegiatan. Kamu bisa membuat daftar apa saja yang dibutuhkan, seperti daftar belanja dan yang lainnya. Keunggulannya, daftar tersebut bisa kamu lakukan dengan menggunakan suara.

Tapi sebelum itu, kamu terlebih dahulu harus membuat judul catatan di Keep. Misalnya, ‘Daftar Belanja’. Setelah itu, tinggal buka Google Search di Android dan ucapkan ‘Add to my daftar belanja’.

Selanjutnya akan muncul kartu Google Now yang mendaftarkan barang yang diucapkan.Jika ingin mengakhiri daftar tersebut, kamu cukup mengucapkan ‘finished’ atau ‘that’s it’. Secara otomatis semua daftar tadi akan tersimpan di daftar belanjaan pada Keep.

Berbagi Konten Tulisan

Pada Keep Google terdapat 2 pilihan berbagi konten, yaitu sharing dan sending. Sending sifatnya berbagi konten kepada orang lain melalui aplikasi berbeda, sedangkan sharing sifatnya membiarkan orang lain mengetahui hal konten yang ditulis oleh pengguna pada layanan tersebut.

Untuk berbagi tulisan, kamu harus menulis alamat email orang lain yang akan dibagi tulisan tersebut. Nanti setelah menerima undangan, barulah orang tersebut bisa berpartisipasi dalam sebuah tulisan pada Keep. Selaku pengguna, kamu juga bisa menghapus orang lain yang dibagikan tulisan tersebut kapan pun diinginkan.

Membuat Pengingat

Meskipun lebih dikenal sebagai aplikasi pencatat, Google Keep juga disematkan fitur pengingat. Fitur pengingat tersebut malahan sudah terintegrasi dengan Google Now.

Untuk mengaktifkannya, kamu harus memilih tombol pengingat ketika selesai menulis. Dalam hal ini terdapat 2 pilihan pengingat yang tersedia, yaitu berdasarkan waktu dan lokasi.

Jika kamu memilih catatan pengingat berdasarkan lokasi, nantinya Keep akan memberi notifikasi ketika kamu sudah dekat di lokasi yang dimaksud. Sedangkan jika kamu memilih pilihan berdasarkan waktu, kamu akan mendapatkan notifikasi saat tiba waktunya.

Baca Juga : 5 Daftar Aplikasi Pengolah Kata Untuk Penggunaan Sehari-hari

Mengirimkan Tulisan ke Google Docs

Keunggulan lain yang dimiliki oleh Googe Keep yaitu adanya fitur menyalin tulisan langsung ke Google Docs. Jadi nantinya tulisan kamu bisa langsung terkirim ke Google Docs.

Cara mengirimnya cukup mudah, kamu hanya perlu memilih ‘Copy to Google Doc’ di bagian menu Keep. Nantinya tulisan tersebut beserta gambar yang ada akan tersalin otomatis dan terkirim ke Google Docs. Adapun tulisan asli, masih tetap tersimpan di Google Keep.

Mendapatkan Teks dari Gambar

Google Keep juga dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan untuk mengekstraksi tulisan dari sebuah gambar. Jadi selaku pengguna, kamu cukup mengunggah gambar, foto, atau screenshot ke Keep, tanpa harus menulis ulang informasi yang terdapat gambar tersebut.

Setelah memasukkan gambar tersebut, kamu tinggal memilih ‘Grab image text’. Selanjutnya Keep akan menjalankan algoritma pengenalan gambar, lalu secara otomatis akan menuliskan informasi di bagian bawah gambar tersebut.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *