Tingkatkan Kualitas Grafis, Nintendo Switch Yang Baru Pakai GPU NVIDIA

  • Whatsapp
Nintendo Switch

Nintendo Switch versi berikutnya kemungkinan besar akan menggunakan GPU NVIDIA yang mendukung Deep Learning Super Sampling (DLSS). Seperti yang dilaporkan Bloomberg, DLSS akan memungkinkan Nintendo Switch menghasilkan grafik berkualitas lebih tinggi.

Teknologi rendering terbaru itu menggunakan kecerdasan buatan untuk menghasilkan grafik dengan tingkat ketelitian lebih tinggi dan lebih efisien. Kesemuanya itu dimaksudkan agar konsol mampu mereproduksi visual game dengan kualitas 4K ketika dihubungkan dengan TV.Seperti pada laporan sebelumnya, versi Nintendo Switch berikutnya akan mengusung panel OLED 720p 7 inci built-in dan output 4K.

Read More

Meski begitu, karena DLSS NVIDIA menghasilkan peningkatan tampilan menjadi 4K, maka belum jelas apakah GPU NVIDIA yang mutakhir ini akan mendukung 4K untuk vesi asli atau untuk versi kelas atas dari versi asli yang memiliki resolusi yang lebih rendah. Nintendo Switch yang ada saat ini menggunakan grafis Tegra NVIDIA untuk menghasilkan kualitas game hingga 1080p.

DLSS sendiri pertama kali diperkenalkan sebagai fitur peningkatan kualitas gambar pada tahun 2018 dan tetap eksklusif hingga kini untuk kartu grafis Nvidia. Peningkatan ini sebenarnya adalah hal yang tak biasa untuk Nintendo yang berbasis di Kyoto, sebelunya mereka cenderung memilih teknologi yang lebih matang dan berbiaya lebih rendah daripada pesaing – pesaing mereka  sepertii Sony, dan Microsoft dengan konsol mereka masing – masing.

Switch versi terbaru ini direncanakan akan dirilis pada musim liburan akhir 2021 mendatang. Laporan sebelumnya juga menunjukkan bahwa produksi perangkat ini akan dimulai pada bulan Juni, dengan target produksi bulanan satu juta unit.

Para analis memperkirakan versi yang telah ditingkatkan ini akan memiliki harga yang lebih mahal daripada model yang ada saat ini dengan banderol 299 dollar AS. Analis Bloomberg Matthew Kanterman memperkirakan akan ada kenaikan sekitar 100 dolar AS.

Menurutnya dengan banderol sekitar 349 dolar AS akan meningkatkan proporsisi dari nilai perangkat tersebut. Namun, ia juga menilai Nintendo tetap akan mampu mendapatkan permintaan yang diharapkan meskipun mendorong harga hingga 399 dolar AS.

Disisi lain Nintendo masih tetap belum membuka diri terhadap  model Switch baru mereka, dengan Presiden Nintendo Shuntaro Furukawa baru-baru ini mengatakan tidak akan mengumumkan versi baru dalam waktu dekat.

Menurutnya model Nintendo Switch yang ada telah berjalan dengan sangat baik dan memuaskan, dimana penjualan yang mereka catatkan baru-baru ini telah melampaui 79,87 juta. Angka tersebut telah melampaui rekor penjualan sepanjang masa Nintendo 3DS. Model  ini juga menjadi konsol terlaris di AS selama hampir dua tahun.

Namun, dengan laporan baru-baru ini yang menunjukkan bahwa Nintendo memiliki  rencana untuk merilis beberapa game yang diharapkan dapat membantu mengalahkan rekornya sendiri untuk penjualan perangkat lunak. Perangkat keras yang baru mungkin menjadi bagian dari rencana yang menunjang tujuan tersebut. (via)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *