Download Aplikasi Mendeley Desktop Untuk Penyusunan Referensi Ilmiah

  • Whatsapp
Download Aplikasi Mendeley
Ilustrasi

Pada artikel kali ini saya akan membagikan link download aplikasi Mendeley untuk desktop, sehingga kamu bisa mendownloadnya secara gratis. Tapi sebelum itu, saya akan membagikan sedikit informasi tentang aplikasi desktop yang satu ini.

Aplikasi Mendeley merupakan salah satu aplikasi terbaik untuk menyusun daftar referensi sebuah karya ilmiah. Karena itulah, aplikasi ini paling sering digunakan oleh para akademisi, baik mahasiswa atau dosen.

Keunggulan aplikasi ini terletak pada instalasi dan pengoperasiannya yang sangat mudah dan gratis. Oleh karena itu, jika kamu berkeinginan untuk menggunakan aplikasi ini, kamu bisa download aplikasi mendeley pada artikel kali ini.

Download Aplikasi Mendeley & Cara Mengoperasikannya

Cara mengoperasikan aplikasi desktop yang satu ini sangat mudah. Kamu tinggal mengikuti langkah-langkah cara pengoperasian yang akan saya bagikan pada kelanjutan artikel di bawah ini. Tapi sebelum itu kamu perlu mendownload terlebih dahulu aplikasinya di link ini.  Adapun langkah-langkah pengoperasian aplikasi ini adalah sebagai berikut :

  • Sebelum mengoperasikan aplikasi ini, terlebih dahulu kamu harus memiliki akun di Mendeley. Caranya, cukup daftarkan alamat email dan password untuk aplikasi ini.
  • Install aplikasinya dengan cara menginstallnya sebagaimana aplikasi lainnya.
  • Setelah selesai menginstall, buka aplikasinya.
  • Selanjutnya hubungkan aplikasinya dengan MS. Word yang akan kamu gunakan. Caranya, klik menu Tools > Install MS Word Plugin. Ingat, pada langkah ini kamu tidak boleh membuka satupun file Ms. Word.
  • Setelah itu klik OK. Nanti secara otomatis aplikasi ini akan terpasang di Ms.Word yang kamu gunakan.

Baca Juga : Aplikasi Viplus E-Commerce Penghasil Uang

Cara Memasukkan Data Referensi

Setelah semua langkah-langkah di atas selesai dilakukan, selanjutnya tinggal memasukkan data referensi kamu. Adapun caranya adalah sebagai berikut :

  • Pastikan kamu sudah memiliki file pdf dari jurnal atau artikel yang akan dijadikan referensi.
  • Agar proses pemilahan lebih mudah, sebaiknya buat folder khusus untuk itu. Caranya, klik create folder, lalu berikan nama sesuai dengan tujuan penulisan. Jika kamu ingin menulis desertasi doctor misalnya, kamu bisa menamainya dengan ‘desertasi’ atau yang lainnya.
  • Selanjutnya kamu tinggal men-drag file pdf ke aplikasi Mendeley secara langsung untuk mempercepat. Langsung saja drag filenya secara bersamaan, tidak perlu satu per satu biar lebih cepat.
  • Pastikan semua data yang masuk ke dalam aplikasi ini benar untuk setiap filenya. Untuk mengeceknya, coba klik 2x salah satu file yang ada. Jika muncul tampilan pdf nya di jendela baru, berarti datanya sudah benar.

Demikianlah link download aplikasi Mendeley untuk desktop serta hal-hal lain yang berkaitan dengannya yang bisa saya bagikan pada postingan kali ini. Untuk mengoperasikannya, kamu tinggal mendownload aplikasinya dan mengikuti langkah-langkah yang telah disebutkan di atas.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *