Inilah Macam-macam Ukuran Postcard yang Harus Sobat Ketahui

  • Whatsapp
ukuran postcard

Postcard adalah bahasa Inggris dari kartu pos yang dahulu ada dan digunakan untuk berkirim pesan jarak jauh. Ukuran postcard, saat ini banyak digunakan sebagai ukuran foto khususnya untuk melamar pekerjaan. Namun, nyatanya ada yang masih bingung dengan ukuran yang satu ini.

Berbagai Macam Ukuran Postcard Standar di Berbagai Negara

Ya, ukuran foto umumnya memang menggunakan 4R, 5R, dan lain sebagainya. Namun ukuran postcard ini sering kali membuat bingung pencetak dan juga yang memintanya. Oleh karena itu, daripada bingung lebih baik Sobat menyimak penjelasan ukuran untuk postcard baik nasional maupun internasional, yaitu sebagai berikut:

Read More

Nasional – Indonesia

Sebagai warga Indonesia, kartu pos ini juga pernah digunakan pada zaman dahulu untuk menyampaikan berbagai pesan kepada orang lain. Di Indonesia sendiri, ukuran dari postcard ini adalah sekitar 4 x 6 inci. Ukuran inilah yang sering kali digunakan membuat foto.

Foto dengan ukuran postcard ini sering kali digunakan sebagai ukuran standar foto melamar pekerjaan. Di Indonesia, untuk mengirim foto lamaran kerja dengan tampilan seluruh tubuh yaitu dari atas hingga kaki disebut ukuran postcard.

Jika Sobat adalah pencari kerja khususnya di lingkup pelayanan maka foto dengan ukuran ini akan diminta. Tak lain tak bukan adalah untuk menilai penampilannya. Jika penampilannya menarik maka orang-orang pasti senang dilayani. Jika tidak maka yang jelas tidak akan diterima.

Itulah mengapa ketika Sobat melamar pekerjaan untuk bagian kantor atau yang urusannya di belakang biasanya tidak dimintai foto dengan ukuran ini. Orang yang bekerja di dalam yang paling penting adalah otaknya dan bukan penampilannya.

Amerika

Berbeda dengan Indonesia, Amerika punya ukuran kartu posnya sendiri. Amerika menerapkan dua batasan ukuran di mana yang satu adalah ukuran minimal dan yang satunya adalah ukuran maksimal.

Jadi, selama masih dalam lingkup kedua ukuran ini maka namanya adalah postcard atau karti pos. Untuk ukuran minimalnya, di Amerika adalah sebesar 5 x 3,5 inci. Sedangkan untuk ukuran maksimalnya adalah sebesar 6 x 4,25 inci.

Kartu pos yang satu ini tentunya berlaku di beberapa negara bagian di Amerika seperti Texas, New York, Kanada, dan lain sebagainya. Ukuran ini menjadi standar karti di sana sehingga tak heran ada beberapa macam ukuran yang bertebaran.

Jadi, jika ada penduduk yang ada di Amerika kemudian mengirimkan pesan menggunakan kartu dengan ukuran di luar standar maka akan dikenai harga lebih tinggi. Tapi, penggunaannya sudah makin ditunggalkan seiring dengan adanya kemajuan teknologi informasi.

Britania Lama

Negara Britania Lama atau Inggris tua juga punya ukuran kartu pos standar sendiri. Namun untuk menentukan standarnya Sobat harus tahu bahwa Inggris telah mengubah standar ukurannya hingga tiga kali. Inilah daftar ukuran lengkapnya:

  1. 5,875 x 1,25 inci yang diterapkan pada tahun 1825
  2. 5,5 x 3,5 inci yang berlaku pada tahun 1889
  3. 4,75 x 3,5 inci berlaku dari mulai tahun 1984 hingga tahun 1899

Internasional

Sedangkan untuk ukuran yang berlaku di seluruh dunia atau secara internasional adalah sebesar 5,8 x 4,1 inci. Ukuran ini juga bisa disetarakan dengan kertas ukuran A6. Ukuran ini standar jika Sobat ingin melakukan pengiriman pesan lintas negara.

Ya, kartu dengan ukuran yang telah disebutkan di atas ini boleh digunakan untuk berkirim pesan secara internasional atau ke seluruh dunia dengan biaya standar.

Baca juga: Apa Itu ukuran foto 3r? Berapa Ukuran Aslinya Dalam MM, CM dan Inchi?

Itulah berbagai macam ukuran postcard standar baik nasional, internasional, maupun di beberapa negara lainnya. Penggunaan ukuran ini memang cukup membingungkan apalagi kini penggunaan postcard sudah mulai ditinggalkan. Ada baiknya kini kita menggunakan ukuran foto standar agar tidak menimbulkan salah paham.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *