Spesifikasi Nokia X20, Ponsel 5G Dengan Harga Murah

  • Whatsapp
Nokia X20

Pekan ini HMD Global menggebrak pasar ponsel global dengan mengumumkan enam ponsel terbaru mereka. Salah satu yang paling menarik adalah Nokia X20, perangkat dengan banderol 415 dollar AS atau sekitar Rp 6 juta ini kemungkinan akan ditujukan untuk segmentasi pasar yang lebih luas ketimbang seri – seri yang lain. Melalui peluncuran tersebut, HMD sendiri telah secara resmi meninggalkan penggunaan angka pada seri ponsel mereka.

Nokia X20 mengusung Snapdragon 480 SoC, salah satu chipset termutakhir besutan Qualcomm yang baru diumumkan pada Januari lalu. Snapdragon 480 tersebut merupakan chip 8 nm dengan dua CPU Arm Cortex A76 2 GHz dan enam CPU Cortex A55 1,8 GHz. Ini merupakan sebuah chipset low – end pertama Qualcomm yang mendukung 5G. Hal yang lebih penting, Qualcomm mengklaim CPU dan GPU yang dibawa chipset ini dua kali lebih cepat dari Snapdragon 460.

Bacaan Lainnya

Hal menarik lainnya adalah bahwa sekarang Nokia mulai memperpanjang dukungan hingga tiga tahun, dengan pembaruan OS utama selama tiga tahun dan pembaruan keamanan bulanan selama tiga tahun. Sebelumnya, perusahaan biasanya hanya melakukan pembaruan besar tiap dua tahun. Sepertinya para peodusen ponsel bahkan pabrikan yang telah kolaps seperti LG mulai memperhatikan dukungan terhadap Android.

Spesifikasi lain yang dibawa Nokia X20 termasuk panel LCD 6,67 inci, 2400 × 1080, RAM 6GB, memori internal 128GB, kapasitas baterai 4470 mAh, dan sistem operasi Android 11. Sementara pengguna akan mendapati sensor sidik jari pada bagian samping. Fitur lain yang tak kalah menarik diantaranya NFC, jack headphone, slot microSD, dan dukungan Wi-Fi dual-band hingga 802.11ac.

Pada bagian kamera belakang, Nokia X20 hadir dengan kamera utama 64 MP, yang didukung sensor 5 MP ultra-lebar, kamera kedalaman 2 MP, dan kamera makro 2 MP. Di bagian depan, ada kamera 32 MP dalam potongan layar melingkar.

Dengan harga dan spesifikasi yang dibawa, Nokia X20 akan bersaing dalam pasar ponsel 5G kelas menengah kebawah. Segmentasi kelas ini saat ini dihuni ponsel – ponsel seperti Motorola One 5G Ace, OnePlus Nord N10 5G hingga Apple iPhone 12 Mini. Sementara Samsung juga dikabarkan siap melepas seri Galaxy A yang kemungkinan besar juga akan menyasar pangsa pasar yang sama yaitu ponsel 5G dengan harga terjangkau.

Nokia sendiri juga memiliki varian yang lebih murah daripadai X20, yakni varian X10. Ponsel tersebut memiliki desain yang relatif identik dan mengusung  spesifikasi yang sebagian serupa. Perbedaannya, Nokia X10 hanya memiliki 4GB RAM dan 64GB memori internal.

Baca juga: HMD Global Rilis Enam Ponsel Nokia Seri X, G dan C

Kamera belakang juga diturunkan spesifikasinya, diubah menjadi sensor utama 48 MP yang lebih murah, sedangkan bagian depan menggunakan sensor 8 MP.

Nokia X10 akan mulai dijual dengan banderol $ 367 dollar AS atau sekitar Rp 5,3 juta. Belum ada kabar tentang perilisan kedua ponsel ini di Indonesia, sementara untuk pasar Eropa X10 dan X20 akan mulai dilepas ke pasaran pada bulan Mei. (via)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *