Inilah 3 Daftar Aplikasi Ujian Online Terbaik Pilihan Para Guru

  • Whatsapp
aplikasi ujian online

Mengetahui cara penggunaan aplikasi ujian online merupakan hal yang dituntut dari seorang guru. Penyebabnya karena di masa pandemi saat ini, kegiatan belajar mengajar termasuk ujian dilakukan secara online. Agar ujian bisa berjalan dengan baik, guru tentu harus bisa menggunakan aplikasi tersebut dengan baik.

Saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk pelaksanaan ujian secara online. Agar guru tidak kesulitan memilih yang terbaik, sengaja kali ini saya akan mengulas beberapa aplikasi terbaik dari aplikasi-aplikasi ujian online tersebut.

Bacaan Lainnya

Ulasan 3 Daftar Aplikasi Ujian Online Terbaik 2021

Google Form

Google Form

Aplikasi ujian online terbaik pertama yang direkomendasikan bagi guru yaitu Google Form. Alasan aplikasi ini disebut sebagai yang terbaik tidak lain karena pengguna nantinya akan langsung terhubungkan dengan aplikasi pembelajaran online milik Google yang dikenal dengan Google Classroom.

Google Form ini tidak saja mudah digunakan tetapi juga gratis. Dengan menggunakan aplikasi ini, guru bisa membuat materi ujian berbentuk pilihan ganda (multiple choice), essay panjang atau pendek.

Guru juga bisa memanfaatkan Google Form untuk membuat survey dan angket sehingga bisa diketahui sejauh mana tingkat efektifitas materi yang tersampaikan.

Untuk mengakses aplikasi ini, guru hanya perlu membuka laman https://docs.google.com/forms/. Setelah terbuka, tinggal login saja menggunakan akun Gmail.

Testmoz

Testmoz

Aplikasi ujian berikutnya yang juga direkomendasikan bagi guru adalah Testmoz. Keunggulan aplikasi ini terletak pada desain antar mukanya yang sangat simpel sehingga mudah digunakan.

Aplikasi ini terdiri dari dua versi; gratis dan berbayar. Untuk versi gratisnya bisa digunakan untuk 50 siswa sekaligus. Dengan jumlah segitu, tentu tidak perlu menggunakan versi berbayar karena versi gratisnya sudah bisa mengakomodir para siswa dalam satu kelas.

Banyak sekali fitur-fitur menarik untuk kebutuhan ujian online maupun lainnya yang terdapat pada aplikasi ini. Di antara fitur-fitur tersebut adalah :

  • Soal essai.
  • Soal benar/salah.
  • Soal pilihan ganda.
  • Soal mencocokkan jawaban.
  • Fitur survei siswa.
  • Fitur manajemen soal dengan drag dan drop saja.
  • Bank soal yang lengkap.
  • Fitur upload file.
  • Fitur upload gambar.
  • Fitur penyematan video.
  • Bandwidth yang rendah.

Untuk mengakses aplikasi ini, guru tinggal mengunjungi laman https://testmoz.com/build.  Setelah itu login terlebih dahulu menggunakan data-data login saat melakukan sign up.

Baca Juga : Download Aplikasi Xbit Lengkap Dengan Caranya

Quizizz

Quizizz

Aplikasi ujian online berikutnya yang tidak kalah menarik dari kedua aplikasi sebelumnya yaitu Quizizz. Kelebihan aplikasi ini terletak pada fitur-fitur menarik yang dimilikinya, termasuk tampilan warna-warni menarik dengan penambahan animasi-animasi keren. Dengan begitu, siswa tidak akan cepat bosan saat melaksanakan ujian menggunakan aplikasi ini.

Jika malas membuat soal, guru bisa mengambil bank soal Quizizz yang berasal dari pengguna lain. Tinggal disesuaikan saja. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur tes online realtime yang nanitnya bisa langsung ditutup atau memberi tenggang waktu untuk penyelesaiannya.

Untuk mengakses aplikasi ini, tinggal kunjungi websitenya di laman https://quizizz.com/. Selanjutnya tinggal login atau sign up jika belum mendaftar sebelumnya.

Demikianlah ulasan mengenai 3 daftar aplikasi ujian online terbaik 2021 yang bisa digunakan untuk keperluan ujian secara online. Selain ketiga aplikasi tersebut, sebenarnya masih ada beberapa aplikasi terbaik lainnya seperti ProProfs, QuizStar, dan yang lainnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *