Microsoft Edge Kini Punya Mode Anak, Lindungi Anak Dari Konten Berbahaya

  • Whatsapp
Mode Anak Microsoft Edge

Microsoft meluncurkan mode anak pada browser web Edge mereka. Penambahan mode ini sebagai upaya menarik minat pengguna untuk beralih ke Edge yang telah di boot ulang. Nantinya, mode anak ini akan mempermudah orang tua dalam mengontrol aktivitas browsing anak – anak mereka.

Mode tersebut secara langsung akan diintegrasikan kedalam Microsoft Edge baik di versi Windows mauoun versi MacOS. Untuk mengaktifkannya pengguna hanya perlu menuju ke menu profil pengguna di pojok kanan atas browser dan memilih Jelajahi dalam Mode Anak.

Bacaan Lainnya

Para orang tua akan memiliki dua pilihan, satu untuk anak usia lima hingga delapan tahun dan yang lain versi untuk anak sembilan hingga 12 tahun. Dua – duanya akan tetap mengaktifkan mode pencarian paling ketat di Edge dan Bing SafeSearch secara default guna melakukan penyaringan terhadap teks, gambar, dan video – video dewasa yang akan keluar dalam hasil pencarian.

Perbedaan yang terlihat antara kedua versi rentang usia tersebut adalah bahwa tentang usia yang lebih tua menyertakan feed berita dengan artikel – artikel yang telah dikurasi oleh MSN untuk anak – anak. Berita atau artikel yang ditampilkan hanyalah berita yang benar – benar ramah anak seperti misalnya tentang pengetahuan dan akan otomatis menyaring artikel – artikel bermuatan politik.

Mode Anak juga membatasi situs apa saja yang kemungkinan dapat diakses oleh anak-anak, dengan sekitar 70 situs anak populer yang diizinkan sejak awal dimana situs tambahan yang diizinkan harus ditambahkan ke daftar satu per satu. Jika seorang anak mencoba melihat situs yang tidak ada dalam daftar itu, mereka akan menemui halaman blokir yang memiliki tampilan imut, digambarkan di bawah, yang meminta mereka untuk meminta izin dari orang dewasa.

Dalam postingan blog Perusahaan  pada hari Kamis, VP Microsoft Liat Ben-Zur menyebut Mode Anak sebagai “pengubah permainan bagi orang tua yang menangani semua tuntutan kehidupan saat ini”. Microsoft sengaja merancangnya untuk membuat penambahan dan penghapusan situs yang diizinkan senyaman mungkin bagi orang tua sehingga mereka dapat merasa tenang saat menggunakan perangkat ini bersama dengan anak – anaknya.

Mode Anak juga membatasi pintasan keyboard Windows yang populer untuk mencegah pengguna tiba – tiba keluar dari browser dan kemudian membuka yang baru. Lebih dari segalanya, Microsoft merancang Mode Anak dengan mempertimbangkan pengguna dengan usia yang lebih muda.

Baca juga: Microsoft Rilis Microsoft’s Presenter Coach Untuk Tingkatkan Skill Presentasi Pengguna

“Jelas bahwa cara terbaik untuk mencegah anak-anak mencoba pergi adalah dengan membuat mereka ingin tinggal. Dengan kata lain, kami bertekad untuk menciptakan lingkungan paling menarik yang diinginkan seorang anak untuk menjelajahi web,” tukas Ben – Zur.

Perancang visual Microsoft sendiri menggunakan banyak warna cerah dan karakter – karakter yang memiliki kesan konyol untuk membuat pengalaman menjelajah yang dikhususkan bagi anak-anak. Mode ini juga menambahkan opsi untuk menyesuaikan tampilan browser sehingga anak-anak bisa menjadi kreatif dan memilih tata letak yang mudah dinavigasi. Untuk mengembalikan peramban ke mode normal, orang dewasa harus memasukkan kredensial Windows atau macOS mereka.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *