Tahun ini Huawei Akan Rilis 3 Foldable Phone Sekaligus

  • Whatsapp
Huawei Foldable
Ilustrasi - image credit : huaweicentral.com

Sejak beberapa tahun lalu, para produsen ponsel telah berhasil mewujudkan desain smartphone yang bisa dilipat atau dikenal dengan istilah foldable. Perusahaan besar seperti Samsung dan Huawei berada di urutan terdepan dalam hal teknologi, desain dan eksperimen dengan berbagai faktor bentuk ponsel yang dapat dilipat.

Samsung meluncurkan beberapa perangkat foldable dalam beberapa bulan terakhir, namun hal itu tak di ikuti oleh Huawei yang kesulitan menandingin raksasa asal Korea Selatan tersebut utamanya karena masalah pembatasan yang diberlakukan oleh Amerika Serikat. Meski begitu, laporan terakhir mengatakan bahwa Huawei sedang bersiap untuk kembali bersaing dengan Samsung untuk meluncurkan beberapa produk foldable ke pasaran.

Bacaan Lainnya

Sesuai laporan yang dilansir DigiTimes, tak tanggung – tanggung Huawei akan menggeber dengan meluncurkan tiga smartphone lipat sekaligus. Yang menarik, ponsel – ponsel ini akan dilepas ke segmentasi harga kelas menengah dan bukan kelas premium.

Harga yang lebih rendah dari smartphone lipat pada umumnya akan membuat produk besutan Huawei ini lebih menarik, ini juga akan sangat membantu adaptasi massal dari perangkat tersebut. Hal ini akan menyebabkan peningkatan permintaan untuk kategori tersebut dan pada akhirnya akan ada banyak brand lain yang ikut serta bermain dalam segmentasi ini. Terjadinya persaingan pada sisi harga, desain dan teknologi tentu akan sangat menguntungkan pelanggan.

Laporan tersebut menambahkan bahwa popularitas ponsel lipat juga akan meningkatkan permintaan global untuk panel layar AMOLED. Tahun ini permintaan diperkirakan akan naik dari 4,4 juta per tahun menjadi sekitar 12 juta. Sejauh ini, jadwal peluncuran smartphone lipat dengan segmentasi kelas menengah Huawei yang akan datang belum diketahui.

Selain Huawei, produsen smartphone lain juga bersiap untuk meluncurkan ponsel lipat baru akhir tahun ini. Mereka tentu saja mencium aroma keuntungan yang luar biasa setelah Xiaomi berhasil menjual Mi Mix Fold puluhan ribu unit hanya dalam waktu satu menit seperti yang telah dilaporkan sebelumnya.

Misalnya Asus yang menurut beberapa sumber tengah bersiap untuk merilis Asus Zenfone 8 Flip. Ini terungkap setelah 9to5Google, merilis sebuah daftar terbaru perangkat yang akan mendapatkan dukungan ARCore yang didalamnya terdapat Asus Zenfone 8 Flip.

Dalam daftar tersebut, nama Zenfone 8 Flip adalah ponsel yang paling menyita perhatian karena tentu saja mengisyaratkan bahwa Asus akan memprofuksi sebuah ponsel lipat, yang merupakan pertama kalinya untuk pabrikan asal Taiwan ini.

Informasi yang beredar sebelumnya sempat mengungkap bahwa Asus memiliki rencana untuk merilis ponsel layar kecil untuk seri Zenfone 8. Ponsel tersebut akan memiliki layar OLED 5,9 inci dan kecepatan refresh 120Hz yang dinamai Zenfone 8 Mini yang akhirnya telah dikonfirmasi dan akan segera dirilis Asus.

Namun dari daftar tersebut menunjukkan bahwa ponsel dengan desain compact bukanlah satu-satunya hal unik yang akan ditampilkan di keluarga seri Zenfone 8 yang akan datang, tetapi juga ponsel yang dapat dilipat. Zenfone 8 Flip kemungkinan besar akan memiliki desain yang menyerupai dengan Samsung Galaxy Z Flip. Meskipun hingga saat ini belum banyak informasi mengenai spesifikasinya namun para penggemar ponsel asal Taiwan ini tentu telah menunggu bentukan dari ponsel foldable pertama Asus.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *