Contoh Makalah yang Baik dan Benar Serta Cara Membuatnya

  • Whatsapp
contoh makalah yang baik dan benar

Sebelum saya memberikan contoh makalah yang baik dan benar, terlebih dahulu saya akan membahas tentang jenis-jenis makalah yang ada. Sebab dengan mengetahui jenis-jenis makalah, kamu bisa membuat makalah dengan alur yang benar sesuai jenisnya.

Jenis-Jenis Makalah

Perlu diketahui bahwa makalah memiliki 6 jenis sebagaimana di bawah ini :

  1. Makalah Ilmiah : Jenis makalah yang satu ini berisi pembahasan hasil studi ilmiah yang disertai. Dalam pembahasannya penulis tidak boleh membahasa opini yang bersifat subjektif.
  2. Makalah Kerja : Jenis makalah ini berisikan hasil penelitian. Dalam makalah ini penulis bolehmemberikan opini yang bersifat subjektif.
  3. Makalah Kajian : Jenis makalah yang satu ini berisi pembahasan mengenai cara-cara memecahkan sebuah masalah yang bersifat kontroversial.
  4. Makalah Posisi : Jenis makalah yang satu ini disusun berdasarkan permintaan suatu pihak, yang fungsinya sebagai pemecahan sebuah permasalahan yang ada.
  5. Makalah Analisis : Jenis makalah yang satu ini berisikan analisa sebuah permasalahan yang bersifat objektif dan empiris.
  6. Makalah Tanggapan : Jenis makalah yang satu ini paling sering dikerjakan oleh siswa/mahasiswa sebagai tugas dari guru/dosen. Isi pembahasannya berupa tanggapan/reaksi penulis terkait sebuah permasalahan yang terjadi.

Detail Contoh Makalah yang Baik dan Benar

Saat ini sudah semakin banyak contoh-contoh makalah yang baik dan benar yang bisa dilihat di internet. Kamu tinggal mengetikkan kata kuncinya di Google, secara otomatis hasil pencarian akan menunjukkan contoh makalah yang kamu butuhkan.

Terlepas dari itu, sebaiknya kamu mengetahui cara membuat makalah yang baik dan benar sehingga kamu tidak perlu bergantung terhadap contoh-contoh makalah yang benar maupun contoh-contoh makalah singkat yang dibagikan di internet.

Adapun detail cara membuat makalah yang baik dan benar adalah sebagai berikut :

Tentukan Tema Makalah

Jika kamu memperhatikan contoh makalah lengkap maupun contoh makalah singkat yang ada di internet, semuanya pasti memiliki tema tertentu. Nah, ini poin penting yang harus kamu perhatikan saat membuat makalah, yaitu penentuan tema makalah yang tepat. 

Dengan menentukan tema makalah, tentu kamu sudah memiliki alur yang jelas terkait isi pembahasan dalam makalah yang akan dibuat. Dengan begitu, kamu bisa membuat makalah dengan alur pembahasan yang singkat, tepat, dan fokus pada titik pembahasan.

Buat Judul yang Tepat

Penentuan judul dalam sebuah makalah merupakan hal yang krusial. Karena judul mewakili keumuman pembahasan yang terdapat di dalam makalah. Apapun jenis makalah yang kamu buat, baik itu makalah singkat maupun makalah lengkap dengan uraian yang panjang lebar, penetapan judul tetap merupakan hal yang penting.

Inti dari pembuatan judul yaitu menggunakan kalimat yang seringkas mungkin namun menarik minat baca dan memberikan gambaran umum isi makalah.

Baca Juga : Tutorial Cara Mengatasi Corel Draw x7 Tidak Bisa Save, Print, dan export

Kumpulkan Bahan Referensi

Agar makalah yang kamu buat lebih berbobot, kumpulkanlah referensi sebanyak mungkin terkait materi yang akan dibahas di dalam makalah. Setelah bahan referensi terkumpul lengkap, kamu bisa mengambil intisari dari setiap referensi dan meramunya dalam pembahasan yang padat.

Tulislah Makalah Secara Sistematis

Kualitas sebuah makalah sangat ditentukan dengan struktur tulisan yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, pastikan struktur pembahasan dalam makalah betul-betul sistematis dan teratur, bukan timpang tindih.

Lengkapi Bukti Ilmiah

Agar makalah yang kamu buat semakin berbobot dan dipercaya, upayakan setiap pembahasan yang memerlukan bukti imiah, kamu bisa menyajikan buktinya. Dalam hal ini kamu bisa mengutip dari referensi tertentu, mengutip ucapan pakar, dan semisalnya.

Sunting Makalah

Setelah makalah selesai dibuat jangan buru-buru menyerahkan atau menerbitkannya. Suntinglah terlebih dahulu makalah tersebut. Pastikan tidak ada typo (salah ketik), kesalahan alur, dan lain sebagainya.

Contoh Struktur Makalah Legkap

Berbicara lebih lanjut tentang contoh makalah yang baik dan benar serta cara membuatnya, keberadaan struktur makalah merupakan hal yang tidak boleh disepelekan. Dalam hal ini struktur makalah yang benar mencakup :

  1. Cover.
    Yang satu ini sifatnya penting dalam sebuah makalah, karena memang di dalamnya terdapat judul, logo, identitas penulis serta tahun penerbitan, tentu saja bagian ini perlu diperhatikan karena tampilan cover dan judul sangat berpengaruh untuk orang membaca keseluruhan dari isi makalah tersebut.
    Untuk struktur yang rapih dalam pembuatan cover, perlu diperhatikan penulisan penggunaan aturan rata tengah (center) hal ini agar cover terlihat rapih.
  2. Kata Pengantar.
    Bagian selanjutnya yang harus ada dalam sebuah makalah adalah kata penganta, fungsi dari kata pengantar adalah sebagai pengantar yang akan membuka pandangan umum pembaca terhadap makalah yang dibuat tersebut. Ada banyak contoh cara penulisan kata pengantar, Anda bisa menlihat di internet dan mencoba mencari yang terbaik untuk makalah yang akan Anda buat.
  3. Daftar Isi.
    Bagian satu ini akan sangat penting untuk para pembaca makalah yang akan Anda buat, karena di sini pembaca akan dengan mudah menemukan bagian penting yang ingin mereka baca. Cara pembuatan daftar isi pun terbilang cukup mudah, karena dengan Microsoft word pembuatannya akan sangat instan.
  4. Pendahuluan.
    Pada bagian ini biasanya akan ada 3 sub bab yang merupakan bagian terpenting dari isi makalah yang akan Anda buat, yaitu Latar Belakang yang akan menjadi jawaban diantara jawaban-jawaban yang akan dibuat di dalam makalah tersebut. Rumusan Masalah adalah kumpulan pertanyaan-pertanyaan yang akan Anda jelaskan dalam bagian makalah tersebut dan Tujuan yang merupakan penyampaian tujuan dari pembuatan makalah tersebut.
  5. Pembahasan.
    Bagian ini merupakan bagian paling penting dari sebuah makalah, ini berisi uraian dari permasalahan yang akan dibahas. Tapi tentu saja pembahasan di sini harus sesuai dengan lata belakang, perumusan masalah dan tujuan. Dan isinya mencakup tentang landasan teori, uraian materi dan solusi serta penyelesaiannya.
  6. Penutup.
    Pada bagian ini berisi kesimpulan dan saran.
  7. Daftar Pustaka.
    Sementara pada bagian ini adalah berisi sumber rujukan dari pembuatan makalah tersebut. Pada umumnya daftar referensi yang digunakan bisa berupa jurnal, buku, atau informasi valid dari internet.

Demikianlah informasi mengenai contoh makalah yang baik dan benar serta cara membuatnya. Semoga kamu tidak kesulitan lagi untuk membuat makalah setelah membaca artikel ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *