Cara Daftar SMS Banking BRI

  • Whatsapp
Cara Daftar SMS Banking BRI

Jaman sekarang semua serba instan, dulu kalau kita harus transfer bank harus melalui ATM, tapi kini kita bisa melakukannya secara instan hanya dengan HP yang kita miliki, begitu pula dengan cara melalui SMS. Untuk itu kami akan memberikan informasi cara daftar SMS Banking BRI, semoga ini bermanfaat untuk para nasabah Bank BRI yang tidak mengetahui caranya.

Dengan SMS Banking BRI, para nasabah sangat dimudahkan dalam transaksi perbankan. Layanan ini bisa dimanfaatkan para nasabah untuk melakukan transfer uang, cek saldo, cek mutasi dan pembayaran lainnya dari HP tanpa harus ke ATM atau kantor cabang terdekat.

Bacaan Lainnya

Jika Anda adalah nasabah BRI, Anda tidak bisa langsung menggunakan layanan tersebut, nasabah harus mendaftarkan diri untuk mendapatkan layanan SMS Banking melalui ATM, tentu saja cara daftar SMS banking sangat mudah. Pastikan dulu mesin ATM BRI terdekat dari lokasi Anda ya.

Nantinya di ATM Anda akan mendaftarkan nomor ponsel untuk diaktifkan ke layanan SMS Banking BRI. Caranya sangat mudah, ikuti semua prosedur yang akan ditampilkan di ATM, langkah awalnya adalah masuk ke menu registrasi SMS Banking.

Kalau masih bingung, kami akan share cara daftar SMS Banking BRI melalui ATM dan cara mudah untuk melakukan aktivasi hingga bisa digunakan untuk keperluan transaksi.

Cara Daftar SMS Bangking via ATM 

Cara Daftar SMS Banking BRI
Ilustrasi

Sebelum melakukan pendaftaran SMS Banking, pastikan juga untuk menyiapkan kartu ATM dan buku tabunganBRI (Simpedes atau BritAma) dan juga nomor HP aktif guna digunakan untuk verisikasi dan menerima sms notifikasi kode OTP ketika melakukan transaksi, perlu di ingat Anda juga harus punya pulsa minimal 5.000 karena untuk menerima notifikasi akan dikenakan biaya sms banking.

Berikut adalah cara aktivasi SMS Banking melalui ATM.

  1. Kunjungi ATM Terdekat

    Pertama pastikan sudah membawa kartu atm dan berkunjung ke ATM terdekat untuk melakukan aktivasi SMS Banking. Kalau tidak ada ATM terdekat, Anda bisa mencari kantor unit kerja BRI terdekat karena biasanya di sana ada. Cara Daftar SMS Banking BRI

  2. Persiapkan ATM

    Masukan Kartu BRI ke slot Mesin ATM, caranya sama seperti melakukan transaksi atau pengambilan uang melalui ATM. Pastikan tidak salah ketika masukkan PIN. Setelah masuk, akan muncul pilihan bahasa Indonesia atau English. Pilih saja Bahasa Indonesia agar mudah dimengerti.Cara Daftar SMS Banking BRI

  3. Transaksi Lainnya

    Setelah muncul nominal penarikan uang, Anda pilih transaksi lainnya untuk mendaftar sms banking. Nantinya akan muncul beragam menu, diantaranya (Penarikan, transfer, pembelian, lainnya, info rekening BRI, pembayaran, ubah PIN, keluar). Pilih lainnya.Cara Daftar SMS Banking BRI

  4. Registrasi

    Akan muncul lagi menu baru (Menu registrasi, informasi asabri, informasi JHT) Pilih dan klik menu registrasi. Cara Daftar SMS Banking BRI

  5. Mobile Banking

    Setelah itu akan ,uncul pilihan menu registrasi (Mobile banking, auto debet, internet banking dan SMS notifikasi). Tentu saja pilih menu Mobile Banking untuk melakukan pendaftaran sms banking BRI via ATM. cara daftar sms banking bri

  6. Daftarkan Nomor Telpon 

    Selanjutnya Masukan nomor HP yang ingin di daftarkan pastikan nomor tersebut berawalan dengan angka 62, misalnya 6289900290xx Tekan benar.cara daftar sms banking bri

  7. Buat Pin 

    Pada tahap selanjutnya, Anda akan diminta untuk membuat pin dengan 6 angka yang mudah di ingat. Kemudian tekan benar.cara daftar sms banking bri

Selanjutnya akan keluar selembar kertas yang akan menjadi bukti pendaftaran SMS Banking BRI. Karena bukti ini akan digunakan untuk proses aktivasi di kantor cabang BRI terdekat. Walaupun terdengar simpel, tapi nyatanya nasabah Bank BRI harus tetap mengunjungi kantor cabang untuk proses aktivasi.

Daftar Melalui Kantor Cabang

Jika Anda tidak ingin report mengunjungi dua tempat, langkah paling praktis adalah langsung datang ke kantor cabang BRI terdekat. Tentu saja proses aktivasinya jadi lebih simpel tapi harus sabar untuk menunggu antrian bertemu dengan CS BRI. 

Nah sebelum melakukan pembuatan SMS Banking di kantor cabang, sebaiknya cek dulu kelengkapan dokumen yang wajib di bawah, diantaranya:

  1. KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  2. Nomor TLP Aktif yang terisi pulsa minimal 5.000
  3. Kartu ATM
  4. Buku Tabungan BRI

Apakah semua dokumen sudah lengkap? Jika Ya, silahkan bawa dokumen tersebut ke kantor cabang BRI untuk melakukan pembuatan SMS Banking. Sesampainya di sana, jangan lupa untuk ambil nomor antrian untuk menuju CS BRI dan sampaikan maksud untuk melakukan membuat SMS Banking dengan menyerahkan syarat dokumen yang disebutkan di atas. Sehingga CS BRI akan mulai melakukan proses pendaftaran SMS Banking.

Asiknya jika melakukan aktivasi SMS Banking di kantor cabang , fasilitas Tersebut bisa langsung digunakan hari itu juga, jadi lebih praktis bukan.

Format SMS Banking BRI 

Setelah SMS Banking aktif, langkah selanjutnya Anda harus mengetahui format sms untuk melakukan berbagai transaksi seperti cek saldo tabungan bri, transfer uang, dan transaksi perbankan lainnya. 

Nah untuk itu, sebaiknya format sms banking tersebut harus Anda save agar tidak terlupa ketika ingin digunakan bertransaksi tanpa harus ke ATM BRI. Berikut adalah format SMS Banking yang bisa Anda gunakan untuk transaksi perbankan khusunya Bank BRI.

Cara Transfer SMS Banking BRI Sesama BRI

Format : TRANSFERBRI(No Rek Tujuan)NominalPIN
Kirim Ke Nomor 3300
Contohnya : TRANSFER BRI123456789 120000 234567

Cara Transfer SMS Banking BRI Ke Bank Lain

Format : TRANSFERKodeBankTujuan+NoRekeningNominalPIN
Kirim Ke Nomor 3300
Contohnya : TRANSFER 0081234567890 150000 234567

Cara Cek Saldo SMS Banking BRI

Format : SALDO PIN
Kirim Ke Nomor 3300

Cara Beli Pulsa Token PLN SMS Banking BRI

Format : BELI PLNPRE ID PLN NOMINAL PIN
Kirim Ke Nomor 3300

Cara SMS Banking BRI Isi Pulsa

Format : PULSA NOMOR HANDPHONE NOMINAL PIN
Kirim Ke Nomor 3300

Kekurangan SMS Banking 

Sebenarnya walaupun dimudahkan melakukan transaksi termasuk transfer uang, tapi nyatanya prosesnya masih cukup rumit, apalagi nasabah harus mengetik format sms yang masing-masing berbeda. Selain itu SMS Banking juga dikenaka biaya setiap melakukan transaksi karena prosesnya yang menggunakan SMS. Kendati demikian biayanya masih terbilang wajar layaknya melakukan pengiriman pesan SMS. 

Sebenarnya ada yang lebih simpel lagi tanpa harus ngetik format SMS banking, yaitu dengan menggunakan aplikasi bernama BRImo atau bisa disebut mobile banking BRI. 

Cara Aktivasi BRImo Mobile Banking BRI (Internet Banking) 

Nah karena teknologi sekarang sudah semakin canggih, dan kita sudah tidak bisa terlepas dari internet, cara terbaik untuk aktivitas transaksi perbankan adalah dengan mengaktifkan internet banking atau kalau di BRI dengan menggunakan Aplikasi BRImo yang bisa digunakan untuk HP Android dan iOS dan di unduh secara gratis dimasing-masing marketplace apps dari kedua OS tersebut. 

Tentu saja dengan Aplikasi BRImo, transaksi perbankan menjadi sangat mudah. Bahkan lebih mudah dan simpel dibandingkan dengan menggunakan SMS banking yang harus mengetahui berbagai jenis format untuk transaksi. 

Nah jika Sobat ingin daftar internet banking BRI atau bisa bertransaksi menggunakan Aplikasi BRImo atau BRI Mobile, berikut adalah cara mudah dan lengkapnya:

  1. Download Aplikasi BRI Mobile di masing-masing perangkat, untuk Android bisa mencarinya di Google Play Store, jika iOS download di Apps Store. 
  2. Setelah selesai instal aplikasi BRImo, tunggu sampai proses selesai.
  3. Buka aplikasi dan ketuk menu “mulai” dan ketuk “daftar” di halaman Home BRImo untuk melakukan pendaftaran dan aktivasi.
  4. Nantinya Anda akan disuguhkan dengan halaman daftar. Isi semua data di ri di halaman tersebut secara benar.
  5. Kemudian buat pin BRImo yang terdiri dari delapan karakter huruf besar, kecil dan angka dan ketuk lanjutkan.
  6. Masukan kode OTP yang dikirimkan BRImo lewat SMS, dan ketuk lanjutkan
  7. Selanjutnya Login dengan mengetik username dan password dan ketuk login.

Sekarang Aplikasi BRImo sudah bisa digunakan untuk melakukan transaksi perbankan tanpa perlu datang ke mesin ATM.

Tapi apa bila proses pendaftaran gagal, cek apakah Anda pernah mendaftarkan nomor tersebut untuk aplikasi BRI Mobile atau belum, karena kalau sudah terdaftar tidak bisa digunakan kembali.

Kegagalan selanjutnya juga bisa dikarenakan no HP yang Anda gunakan tidak memiliki pulsa, walaupun menggunakan aplikasi, pengiriman kode aktivasi OTP juga akan dikenakan biaya SMS sebesar Rp 2.000. Jadi pastikan nomor tersebut ada pulsanya ya.

Tapi jika masih terkendala aktivasi BRI Mobile, Sobat harus melaporkannya dengan langsung datang ke unit kerja BRI atau kantor cabang terdekat untuk menjelaskan permasalahan dan meminta bantuan mengaktifkan aplikasi BRImo atau Internet Banking BRI. 

Untuk mempermudah  melakukan aktivasi BRImo di kantor unit kerja BRI, sebaiknya Anda menyiapkan KTP, buku tabungan dan juga kartu ATM dan juga menyiapkan koneksi internet untuk donwload aplikasi BRImo.

Jika Anda buka nasabah Bank BRI dan ingin membuka tabungan di Bank Rakyat Indonesia tersebut, Anda harus membaca ulasan kami selumnya yang membahas Cara Buka Rekening BRI Online dengan mudah.

Akhir Kata 

Semoga informasi registrasi SMS banking dan juga aktivasi aplikasi BRimo (Internet banking BRI) dapat mempermudah Anda melakukan transaksi perbankan sehingga kegiatan seperti transfer, beli pulsa, bayar listrik dan lainnya bisa dilakukan dari rumah tanpa perlu ke ATM. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *