Samsung Galaxy M12 : Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

  • Whatsapp
Samsung Galaxy M12

Samsung Galaxy M12 merupakan ponsel terbaru yang masuk ke jajaran smartphone seri M Samsung yang telah di rilis di Indonesia. Samsung Galaxy M12 memiliki harga Rp1.899.000 untuk model RAM 3 GB dan memori internal 32 GB dan Rp2.099.000 untuk varian dengan RAM 4 GB serta memori internal 64 GB. Ponsel ini hadir dengan menawarkan tiga varian warna yaitu hitam, blue light, dan hijau.

Spesifikasi Samsung Galaxy M12

Samsung Galaxy M12 mengusung kecepatan refresh 90Hz, dengan kecepatan refresh tersebut M12 dapat menawarkan scroll dan animasi yang lancar di sebagian besar aplikasi. Berbeda dari versi yang dirilis di lua negeri, ponsel ini mengusung baterai yang memiliki kapasitas 5.000 mAh, tentu saja  dukungan pengisian cepat  15W. Samsung sendiri mengatakan bahwa baterai tersebut akan mampu digunakan untuk streaming selama 19 jam non-stop.

Bacaan Lainnya

Baca juga: Rekomendasi Tipe Samsung Terbaru di Awal 2021

Dari sisi kamera, Galaxy M12 memiliki pengaturan empat kamera belakang dimana kamera utama 48MP (f/1.8) disokong oleh kamera ultra wide 5MP (f/2.2, 123 derajat) serta sensor kedalaman 2MP (f/2.4), dan sensor makro 2MP (f/2.4). Untuk menunjang kebutuhan selfie pengguna, Samsung membesutkan kamera selfie beresolusi 8MP (f/2.2) yang tersemat dalam desain infinity-V di bagian atas layar.

Dari sisi dapur pacu, Samsung Galaxy M12 dimotori oleh chipset Exynos 850. Ponsel ini berjalan diatas sistem operasi Android 10 yang dipadukan dengan antarmuka One UI 2.5.

Jika melihat spesifikasi tersebut, Samsung Galaxy M12 memiliki pengaturan kamera yang mirip dengan Galaxy A12.  Untuk ukuran bugdet phone, seperti yang dilansir Theannapurnaexpress ponsel ini mampu menghasilkan gambar yang cukup bagus dengan sensor utamanya, terutama jika digunakan untuk memotret pada siang hari di luar ruangan. Detail yang didapatkan juga cukup bagus dan rentang dinamisnya cukup baik pada foto 12MP, sementara sensor Ultra wide-angle yang dimilikinya merupakan yang terbaik.

Secara performa Samsung Galaxy M12 mampu menjaga kestabilan jika dipakai dalam waktu yang lama. Meski begitu masih menurut Theannapurnaexpress, terdapat sedikit lag dan kedipan terlihat yang ketika menavigasi melalui antarmuka atau melakukan peralihan antar aplikasi, walaupun hal ini sangat jarang terjadi. Exynos 850 pada M12 dikatakan terasa lebih baik dibandingkan Galaxy A21s tahun lalu. Meski Exynos 850 jelas bukan chipset yang berorientasi pada kinerja, namun ponsel ini masih mampu diandalkan untuk pekerjaan – pekerjaan kelas menengah.

Samsung Galaxy M12
Pilihan warna Samsung Galaxy M12

Kelebihan Galaxy M12

  • Desain yang bagus
  • Kamera utama yang bagus
  • Panel 90Hz
  • Baterai yang mengesankan dan pengisian cepat

Kekurangan Galaxy M12

  • Tampilannya kurang tajam
  • Performa kamera low-light kurang memuaskan
  • Bukan ponsel yang berorientasi pada kinerja.

Baca juga: Samsung Galaxy F02s Segera Dipasarkan, Rebrand Galaxy A02s atau Galaxy M02s ?

Kesimpulan

Ponsel ini sangat cocok untuk mereka yang menginginkan pengalaman refresh rate tinggi dengan harga yang sangat terjangkau, namun dengan catatan bersedia mengorbankan kinerja gaming dan tampilan yang lebih tajam. Jika Anda ingin menggunakan ponsel dengan chipset Exynos namun memiliki kinerja yang melampaui chipsetnya, maka itu adalah opsi yang sangat baik dengan kamera yang bagus, masa pakai baterai yang bagus, dan dukungan OS dan antarmuka yang tanpa kendala.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *