Mengenal Lebih Dekat Apa Itu VGA Card Jenis-jenisnya

VGA Card

Kartu grafis atau VGA Card adalah sebuah perangkat keras yang terdapat pada komputer dan berfungsi sebagai pengolah dan penerjemah data grafis komputer ke layar monitor. Karena fungsinya yang sangat besar, tidak heran jika perangkat ini ditanam langsung di komputer.

VGA card sendiri terdiri dari dua jenis spesifikasi, yaitu spesifikasi standar dan spesifikasi tinggi. Tujuan penggunaan komputer yang akan menentukan apakah jenis yang akan digunakan adalah spesifikasi standar atau spesifikasi tinggi.

Jika komputer digunakan untuk multitasking biasa seperti microsoft office atau browsing, maka menggunakan jenis spesifikasi standar sudah mencukupi. Tapi jika ingin digunakan untuk bermain game online maupun desain grafis, maka VGA card yang digunakan harus yang berspesifikasi tinggi.

Jenis-jenis VGA Card

VGA Card

VGA Card On Board

Salah satu jenis VGA adalah On Board, yaitu jenis yang biasa ditemukan pada komputer atau laptop yang berspesifikasi standar. Umumnya komputer atau laptop yang menggunakan jenis ini tidak digunakan bermain game dan desain grafis.

Sebagaimana namanya, jenis yang satu ini sudah menyatu dengan motherboard sehingga tidak memungkinkan di upgrade ke spesifikasi yang lebih tinggi.

Baca juga: Mudah Banget! Begini Cara Mengatasi Youtube Yang Tidak Terbuka Di Komputer!

VGA Card

VGA card jenis ini berbentuk kartu grafis yang terpisah dari komputer atau laptop. Komputer yang menggunakan VGA jenis ini sangat cocok bagi kalian yang suka bermain game maupun desain grafis

VGA Card jenis ini terbagi lagi menjadi 4 berdasarkan besar memorinya. Jenis-jenis tersebut adalah sebagai berikut :

Dynamic RAM (DRAM)

 VGA card DRAM umumnya hanya digunakan pada komputer atau laptop berspesifikasi umum yang tidak terlalu terikat dengan kecepatan tinggi dan pilihan warna yang banyak. Tingkat kecepatannya berkisar 80ns/70ns yang dibenamkan pada kartu VGA 8 bit, 16 bit serta 32 bit.

SGRAM (VRAM)

VGA jenis SGRAM umumnya digunakan pada komputer atau laptop yang menggunakan kartu grafis berkelas tinggi, seperti komputer untuk kebutuhan 3D accelerator. Tingkat kecepatannya kurang dari 10ns. Olehnya itu, jenis yang lebih sering digunakan adalah Matrox MGA Millenium, Matrox Mystique 3D, Diamond Viper, ASUS 3D Explorer, Diamond Stealth II s220, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Laptop HP Core i5 Mumpuni Untuk Segala Aktivitas

EDO RAM

VGA jenis EDO RAM umumnya hanya digunakan pada komputer atau laptop yang menggunakan kartu grafik 64 bit. Tingkat kecepatan sebesar 60ns-35ns yang dibenamkan pada winfast s280/2600 3D, ATi Mach 64, Diamond Stealth 2000 3D, serta yang lainnya.

RAMBUS

Selain yang telah disebutkan di atas, jenis lain dari VGA Card adalah RAMBUS yang umumnya digunakan  pada mesin-mesin video game semisal Saga dan Nitendo. Oleh karena itu, kartu grafisnya diproduksi secara terbatas, semisal MA-302, Graphic Blaster xXtreme, serta MA-332 Graphic Blaster 3D.

Akhir Kata

Karena VGA Card adalah perangkat keras yang mengolah dan menerjemahkan data grafis komputer ke layar monitor, maka jenis yang digunakan disesuaikan dengan tujuan penggunaan komputer. Olehnya itu, jangan memaksakan penggunaan komputer dengan VGA jenis standar untuk bermain game atau desain grafis, karena hanya akan membebani komputer.



Dapatkan berita teknologi terkini dari AndroidPonsel.com, pusat info tech paling update! Ikuti kami di Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks