Cara Shutdown Laptop dengan Keyboard Tidak Pake Ribet

  • Whatsapp
Cara Shutdown Laptop dengan Keyboard

Cara Shutdown Laptop dengan Keyboard  – Sebagai pengguna laptop, kamu tentu pernah mengalami kondisi di mana laptop error dan cursor tidak bisa digerakkan. Akhirnya bingung karena laptop tidak bisa dimatikan. Saat itu apa yang kamu lakukan? Apakah kamu langsung mematikan paksa dengan menekan tombol power?

Tidak dipungkiri kalau banyak pengguna yang seringkali menggunakan tombol power sebagai solusi terakhir untuk mematikan laptop saat error dan cursor tidak bisa digerakkan. Padahal masih ada solusi lainnya yang bisa dicoba, yaitu shutdown menggunakan keyboard.

Bacaan Lainnya

Hanya saja, masih banyak pengguna yang tidak mengetahui cara shutdown laptop dengan keyboard. Mungkin kamu termasuk di antara mereka. Jika memang demikian, pastikan kamu tetap lanjut membaca penjelasan di bawah ini untuk mengetahui caranya.

Detail Ulasan Cara Shutdown Laptop dengan Keyboard

Cara Shutdown Laptop dengan Keyboard

Cara shutdown laptop dengan keyboard tidak sulit untuk dilakukan, bahkan bisa dilakukan untuk semua sistem operasi Windows, baik Windows XP, Windows 7, Windows 8, maupun Windows 10. Agar lebih jelas, simak ulasan berikut ini :

Baca juga: Cara Menampilkan On Screen Keyboard Windows 10 dengan Mudah

Menggunakan Tombol ALT + F4

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk shutdown laptop dengan keyboard adalah menggunakan kombinasi tombol ALT + F4.  Adapun detail tata caranya adalah sebagai berikut :

  • Pertama, tekan tombol ALT + F4.
  • Setelah muncul jendela baru, atur Shutdown menggunakan tanda panah Keyboard.
  • Selanjutnya tinggal tekan Enter untuk OK.
  • Proses shutdown Laptop mulai berjalan.

Selain shutdown, kombinasi tadi bisa kamu gunakan untuk sleep dan restart. Kamu tinggal memilih salah satunya sesuai kebutuhan.

Menggunakan Kombinasi Tombol CTRL + ALT + DEL

Cara shutdown laptop dengan keyboard lainnya yang juga bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan kombinasi tombol Ctrl + ALT + Del. Adapun detail tata caranya adalah sebagai berikut :

  • Pertama, tekan tombol Ctrl + Alt + Del.
  • Setelah muncul jendela baru, atur Shutdown dengan tanda panah Keyboard.
  • Lanjutkan dengan menekan Enter.
  • Proses shutdown Laptop mulai berjalan Catatan:

Kombinasi Ctrl + ALT + Del ini bisa diterapkan pada semua sistem operasi Windows, baik Windows XP, Windows 7, Windows 8, termasuk Windows 10.

Baca Juga : Tutorial Cara Mengatasi Laptop Hang dengan Mudah

Menggunakan Keyboard Khusus Windows XP

Untuk tata cara shutdown laptop yang ketiga ini hanya berlaku untuk jenis Windows XP, tidak bisa digunakan pada Windows 7, Windows 8, maupun Windows 10. Adapun detail tata caranya adalah sebagai berikut :

  • Pertama, tekan tombol Windows pada keyboard.
  • Selanjutnya tekan tombol U.
  • Lanjutkan lagi dengan menekan tombol U.
  • Tunggu beberapa saat, proses shutdown laptop akan berjalan.

Demikianlah tutorial cara shutdown laptop dengan keyboard yang bisa saya bagikan kali ini. Kamu tinggal mencoba satu per satu cara yang disebutkan di atas kalau kebetulan laptop kamu error dan cursor tidak bisa bergerak. Cara ini jauh lebih aman dibandingkan mematikan paksa menggunakan tombol power, karena lambat laun bisa mengakibatkan harddisk rusak.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *