Cara Cek KTP Via Internet dengan Cepat dan Mudah

  • Whatsapp
cek KTP via internet

Memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk) merupakan kewajiban bagi setiap warga negara Indonesia yang telah menginjak usia 17 tahun. Jika sebelumnya KTP masih berupa kartu biasa, namun sejak tahun 2009 mulai diberlakukan e-KTP (Electronic KTP). Nah untuk itu kami akan memberikan informasi cara cek KTP via Internet agar mempermudah Sobat mengetahuinya.

Terkadang karena tujuan tertentu, kamu butuh untuk mengecek KTP milikmu. Untuk mengeceknya, kamu bisa kunjungi langsung Dukcapil (Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil). Nanti pihak Dukcapil akan memberikan keterangan yang kamu butuhkan terkait KTP kamu.

Bacaan Lainnya

Tapi jika kamu tidak ingin repot ke luar rumah khususnya di masa pandemi saat ini, coba saja cek KTP via internet. Untuk melakukannya, kamu hanya perlu mengunjungi situs resmi pemerintah yang menyediakan layanan pengecekan KTP.

Cara Cek KTP Via Internet Melalui Situs Pemerintah

cek KTP via internet

Jika kamu ingin mengecek KTP melalui situs pemerintah, kamu hanya perlu melakukan langkah-langkah berikut ini :

  • Pertama, kunjungi situs pemerintah di laman dukcapil.kemendagri.go.id.
  • Selanjutnya pilih fitur Cek Status NIK.
  • Masukkan NIK/No.KTP kamu.
  • Selesai.

Catatan : Berdasarkan pantauan terakhir kami (17/05/2021), situs di atas tidak bisa lagi digunakan untuk mengecek KTP, karena fitur untuk pengecekan sudah tidak tersedia, entah nanti.

Cara Lain Untuk Mengecek KTP Via Internet

Jika cara mengecek KTP melalui situs di atas sudah tidak memungkinkan lagi, apakah masih ada cara cek lainnya? Jawabannya iya. Kamu masih bisa melakukan pengecekan via internet melalui Whatsapp, SMS, dan Media Social.

Untuk rincian masing-masing dari ketiga cara cek KTP via internet di atas akan saya jelaskan pada kelanjutan artikel di bawah ini.

Cek KTP Melalui Whatsapp

Cara mengecek KTP melalui Whatsapp sangat mudah dilakukan. Kamu hanya perlu mengirim pesan ke nomor WA 0813-2691-2479. Adapun format pengirimannya adalah NIK/kelurahan/kecamatan/kabupaten/kota. Nanti akan ada informasi langsung terkait KTP kamu.

Cek KTP Melalui SMS

Cara lain yang juga bisa kamu lakukan untuk mengecek KTP adalah dengan menggunakan SMS. Cara melakukannya sangat mudah, kamu hanya perlu mengirimkan SMS dengan format Cek#KTP#NIK ke nomor 0815-3636-9999. Nanti akan ada informasi yang diberikan terkait KTP kamu.

Baca Juga : Mudah, Begini Cara Cek KTP Melalui Aplikasi Cek KTP Atau Via Internet

Cek KTP Melalui Social Media

Untuk mengecek melalui social media, kamu hanya perlu mengirimkan pesan ke akun Twitter atau Facebook resmi Disdukcapil dengan menggunakan format NIK#Nama Lengkap#Nomor Kartu Keluarga#Nomor Telepon#Keluhan.

Akhir Kata

Demikianlah informasi mengenai cara cek KTP via internet yang bisa menjadi solusi terbaik bagi kamu yang tidak sempat mendatangi Dukcapil untuk mengeceknya secara langsung. Oh ya, cara-cara yang saya sebutkan di atas merupakan cara resmi dari pihak pemerintah. Sampai saat ini pemerintah dalam hal ini Dukcapil belum pernah membuat aplikasi Android untuk pengecekan KTP secara online.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *