Penyebab Kipas Laptop Berisik dan Cara Mengatasinya

  • Whatsapp
Penyebab Kipas Laptop Berisik

Penyebab Kipas Laptop Berisik – Kipas laptop yang berisik tidak saja mengganggu pengguna laptop itu sendiri, tapi juga mengganggu orang lain jika laptop tersebut dinyalakan di tempat umum. Saat kipas berbunyi, pertanda ada gangguan yang mesti segera diatasi.

Meskipun terasa mengganggu, kamu tidak perlu langsung panik saat kipas laptop terdengar berisik. Sebab, gangguan tersebut masih bisa diatasi selama kamu bisa mengetahui apa sebenarnya penyebab kipas laptop berisik.

Bacaan Lainnya

3 Penyebab Kipas Laptop Berisik dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kipas Laptop Berisik
service kipas laptop

Jika kamu ingin mengetahui apa sajakah penyebab kipas laptop mengeluarkan suara berisik dan bagaimana cara mengatasinya, silahkan lanjutkan baca ulasan di bawah ini :

Kipas Laptop Bekerja Keras

Saat processor laptop bekerja terlalu keras, suhu processor akan naik. Hal tersebut biasa terjadi saat laptop dipaksa bekerja melebihi kemampuannya. Misalnya, saat kamu bermain game yang memiliki spesifikasi tinggi, sedangkan laptop yang kamu gunakan masih berspesifikasi rendah atau standar. Saat itulah processor laptop bekerja keras dan menjadi panas. Untuk mengimbangi suhu panas pada processor, kipas laptop terpaksa bekerja lebih keras sehingga menyebabkan suara berisik.

Solusi untuk mengatasi gangguan ini cuma satu yaitu berhentilah memaksakan kinerja laptop di luar kemampuannya. Gunakan saja laptop tersebut untuk berbagai kegiatan yang sesuai dengan kemampuannya.

Kipas Kotor

Kipas laptop yang kotor merupakan hal yang wajar. Terlebih lagi jika kamu sering menggunakannya di tempat yang terbuka dan rentan terkena debu. Akibat kotoran yang menempel pada kipas, putaran kipas menjadi terhambat dan menyebabkan munculnya suara berisik.

Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membersihkan kipas laptop tersebut. Jika kamu mampu membersihkannya sendiri, yang tentu saja mengharuskan kamu membongkar laptop, maka itu lebih baik. Sebab dengan begitu, kamu lebih menghemat budget.

Tapi jika kamu tidak yakin, maka jangan memaksakan diri kecuali kamu mau menerima resiko laptop semakin rusak. Bawa saja ke tukang service agar mendapatkan penanganan terbaik.

Baca Juga : Cara Uninstal Aplikasi Di Windows 10 dengan Cepat dan Mudah

Kipas Rusak

Suara berisik yang terdengar dari kipas laptop bisa juga disebabkan oleh kondisi kipas yang sudah mulai rusak. Penyebab kerusakan bermacam-macam, tapi umumnya karena penggunaan yang sudah lama atau kesalahan dalam memasang kembali saat laptop kipas dibersihkan.

Solusi untuk mengatasi masalah ini tentu saja dengan membawanya ke tukang service. Biasanya tukang service akan berupaya memperbaiki terlebih dahulu laptop tersebut. Jika memang laptopnya sudah rusak dan tidak memungkinkan untuk diperbaiki, maka solusi terakhir adalah dengan mengganti kipas laptop.

Demikianlah ulasan mengenai 3 penyebab kipas laptop berisik dan bagaimana cara mengatasinya. Jika di antara kalian ada yang laptopnya mengalami gangguan seperti di atas, cobalah menerapkan tips yang telah disebutkan di atas.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *